Rangka Baja Ringan Yang Harus Selalu Diperhatikan

Rangka Baja Ringan Yang Harus Selalu Diperhatikan

Rangka Baja Ringan – Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Yang memang Harus Diperhatikan Pernah dengar rangka baja ringan bangunan yang roboh karena angin kencang atau guncangan gempa? Pastinya kejadian yang seperti ini memang akan sangat merugikan oleh banyak pihak dari pemilik bangunan, pengguna / penghuni pada bangunan sampai kontraktor untuk pembangun bangunan tersebut. Oleh karena itu mala sangat penting untuk diperhatikan dan merupakan cara pemasangan rangka atap pada baja ringan yang sangat sesuai standard keamanan pemasangan yang sangat benar agar bangunan akan kokoh.

Rangka baja ringan

Berikut hal-hal yang penting dalam pemasangan rangka atap baja ringan yang memang harus diperhatikan:

Menentukan Material Atap Rumah

Material atau jenis pada atap rumah juga akan bermacam-macam dari yang berat sampai . Jika atap yang akan digunakan memang sudah cukup berat maka beban yang harus ditopang oleh rangka pada baja ringan juga akan semakin berat dan ini yang akan mempengaruhi beberapa  ketebalan pada baja ringan yang akan digunakan serta jarak kuda kuda pada baja ringan yang menjadi lebih rapat.

Namun jika terlalu ringan maka atap akan menjadi sangat ringkih pada saat akan diterpa angin kencang, hujan deras, terinjak atau terbentur oleh benda keras. Dan Untuk material atau jenis pada  atap dari baja ringan, minimum ketebalan pada baja ringan yang akan direkomendasikan berdasarkan SNI untuk bangunan perumahan adalah di 0,25 mm.                                                                              

Perbandingan Atap Metal Dengan Atap Keramik

Jika berat oleh jenis atap pada baja ringan 5 kg/m2 dan juga berat dengan jenis atap keramik 45 kg/m2,  maka akan sangat maksimal dengan jarak kuda-kuda yang akan selalu dibutuhkan dengan jenis atap  pada baja ringan adalah 1200 mm dengan ketebalan pada baja ringan kanal C 0.75 mm. Sedangkan maksimal jarak pada kuda-kuda yang akan dibutuhkan untuk jenis atap keramik adalah 600 mm dengan ketebalan pada baja ringan kanal C 0.75 mm.

Menentukan Jenis Baja Ringan dan Ketebalan Baja Ringan                                             

Rangka Baja Ringan – Jenis pada baja ringan dan ketebalan baja ringan untuk rangka atap pada rumah berdasarkan SNI yang menggunakan Kanal C dengan minimum ketebalan pada baja ringan di 0,75mm dan Reng dengan minimum ketebalan pada baja ringan di 0,45mm.

Jika ketebalan pada baja ringan Anda dibawah dengan minimum ketentuan SNI maka jarak untuk kuda kuda pada baja ringan harus dibuat lebih rapat di 60 cm agar dapat  menahan beban. Dengan jarak yang semakin rapat tentunya material pada baja ringan yang akan dibutuhkan dan akan semakin banyak sehingga akan dapat membuat biaya untuk material Anda dan akan membengkak.

Sudut Kemiringan Atap

Sebelum kita memasang rangka atap pada baja ringan, Sobat Builders harus mengetahui beberapa derajat kemiringan dengan atap sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebab semakin miring atap maka akan semakin luas untuk atap yang akan digunakan. Sedangkan kemiringan pada atap yang sangat ideal adalah 25o atau 30o.                                          

Jarak kuda kuda baja ringan

Rangka Baja Ringan – Untuk memasang rangka pada atap baja ringan, anda perlu untuk mempersiapkan gambar kerja yang berupa denah pada bangunan secara menyeluruh untuk menentukan jarak pada kuda kuda baja ringan dan kebutuhan kuda kuda yang akan dipakai. Jarak kuda kuda baja ringan yang sangat aman dalam membangun rangka atap pada baja ringan berjarak dan tidak lebih dari 1200 mm.

Untuk info tentang Rangka Baja Ringan klik di sini

BACA JUGA  Ide Desain Ruang Kantor Keren