Pertimbangkan ini sebelum memilih tipe flow meter

Dalam menentukan jenis flow meter yang benar adalah pemahaman yang komprehensif dan jelas tentang persyaratan aplikasi tertentu. Oleh karena itu, perlu waktu untuk mengevaluasi seluruh sifat cairan, proses dan oprasi.

Sebelum menentukan flow meter , juga disarankan untuk menentukan apakah informasi laju aliran lebih berguna jika disajikan dalam unit massa atau volumetrik.

Saat mengukur aliran bahan yang dapat dikompres, aliran volumetrik tidak terlalu bermakna kecuali kepadatan (dan kadang-kadang juga viskositas) konstan. Ketika kecepatan (aliran volumetrik) fluida diukur, keberadaan gelembung yang ditangguhkan akan menyebabkan kesalahan, oleh karena itu, udara dan gas harus dihilangkan sebelum cairan mencapai alat flow meter tokico .

Dalam sensor kecepatan lain, liner pipa dapat menyebabkan masalah (ultrasonik), atau meter akan berhenti berfungsi jika nomor Reynolds terlalu rendah.

Langkah pertama dalam pemilihan sensor meteran aliran adalah untuk menentukan apakah informasi laju aliran harus berkelanjutan atau dalam kesepakatan, dan apakah informasi ini diperlukan oleh jarak lokal atau jarak jauh.

Jika jarak jauh, transmisi harus analog, digital, atau dibagi menjadi fungsi lain? Karena perlu ditentukan sebagai referensi yang kami ambil data minimum yang dibutuhkan.

Setelah pertanyaan-pertanyaan ini dijawab, evaluasi sifat dan karakteristik aliran proses fluida, dan pipa yang akan mengakomodasi meteran aliran yang dipasang, harus dilakukan.

BACA JUGA  Mau buat perumahan? Perhatikan hal ini

Oleh karena itu, pembuatan meter aliran biasanya menyiapkan formulir dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab sebelum mereka menyediakan jenis aliran dan pemasangan flow meter yang kami gunakan.

Jenis Cairan dan karakteristik aliran
Ada berbagai jenis fluida dengan karakteristik masing-masing yang perlu diketahui saat akan menentukan jenis flow meter  ( misal flow meter tokico ) serta persyaratan dari kecepatan aliran fluida seperti :

  • Besarnya tekanan pressure,
  • Besarnya temperature cairan,
  • penurunan tekanan yang disyaratkan,
  • Density cairan, viscosity dari fluida, konduktivitasnya, tingkat keasaman,
  • dan untuk uap perlu juga diketahui temperature kerjanya,  informasi tentang keselamatan atau toksisitas harus disediakan, data rinci tentang komposisi fluida, adanya gelembung/busa, soliditas (ukuran kasar atau lembut, partikel, serat), Perlu finishing jenis coating, dan kualitas tembus pandang / transmisi cahaya (buram, tembus atau transparan).?

Selain informasi di atas dalam menentukan jenis meter aliran, juga perlu informasi tentang pipa saat instalasi seperti apakah jalur aliran pipa dari flow meter dapat menyebabkan tekanan punggung, apakah aliran cairan tidak selalu mengisi Flow Tube penuh, apakah ada aliran lumpur yang dapat berkembang (udara padat-cair), apakah ada aerasi atau gelombang dalam aliran, apakah perubahan suhu tiba-tiba.

BACA JUGA  Harga Kanopi Kain dan Model-modelnya, Pahami Di sini!

Atau mungkin perlu tindakan pencegahan yang perlu dilakukan ketika membersihkan dan pemeliharaan, informasi bidang tersebut perlu diberikan.

Koneksi, pipa dan instalasi meter
Ketika instalasi flow meter perlu dianggap sebagai aspek dari lokasi instalasi flow meter.

Sebagai arah aliran harus untuk cairan cairan untuk menghindari pemasangan posisi vertikal meteran aliran dengan arah aliran bawah / downflow, ukuran (ukuran diameter pipa) jenis bahan aliran aliran, jenis aliran aliran, aliran, Keberadaan katup, getaran dalam pipa, atau medan magnet terlalu besar.

Keberadaan pipa lurus yang memadai untuk persyaratan untuk menginstal jenis meter aliran tertentu dan kebutuhan untuk kelas food grade.

Perencana dalam menentukan jenis aliran meter harus tahu apakah ada getaran yang terlalu besar atau keberadaan medan magnet atau mungkin di daerah tersebut, apakah daya listrik tersedia atau hanya mengandalkan mekanika atau pneumatik.

Jika area ini diklasifikasikan untuk area yang mudah terbakar atau mudah meledak atau jika ada persyaratan khusus lain seperti peraturan yang sesuai dengan sanitasi atau tempat yang harus bersih.