Lakukan Langkah Ini Untuk Menormalkan Tekanan Darah Anda

Tekanan darah tinggi mrupakan satu penyakit yang tidak bisa kita sepelekan. Biasanya penyakit ini akan datang ketika kita berusia 40 tahun keatas. Namun tidak menutup kemungkinan di bawah 40 tahun juga bisa mengidap penyakit ini. Tekanan darah dikatakan tinggi apabila dalam beberapa kali pengukuran diperoleh nilai lebih dari standar normal tekanan darah yaitu 120/80 mmHg.

Untuk anda yang kebetulan sudah memiliki penyakit ini, tidak perlu khawatir. Dengan pola makan yang sehat, pola hidup sehat anda dapat mengendalikan tekanan darah anda sehingga tetap dalam kondisi normal. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menurunkan ataupun menjaga tekanan darah anda tetap normal.

Tips Menormalkan Tekanan Darah

# Batasi Konsumsi Garam

Kita semua setuju, makanan yang mengandung banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh sebab itu, salah satu cara paling efektif adalah dengan diet garam. Batasi konsumsi garam dapur anda hingga 1 sendok teh perhari. Bila sudah terbiasa bisa kurangi lagi. Hal ini mudah, namun akan terasa berat untuk anda yang suka dengan makanan asin.

BACA JUGA  Ayo Tangkal Virus Corona Dengan 5 Panduan Pola Hidup Sehat, Kalian Siap?

# Olahraga Teratur

Setidaknya, dalam satu minggu anda bisa luangkan waktu 3 hari selama 30 menit hingga 60 menit untuk aktifitas olahraga diluar ruangan. Anda bisa melakukan joging dipagi hari, jalan santai, senam aerobik dan lain sebagainya yang membuat anda mengeluarkan keringat sehingga metabolisme menjadi lancar dan akan membuat peredaran darah normal.

# Perbanyak Makan Buah & Sayur

Makanan paling baik untuk mengatur tekanan darah adalah buah dan sayuran. Maka perbanyaklah porsi buah dan saryur dalam menu makanan sehari – hari anda. Dari banyak sumber yang kami dapatkan, terdapat beberapa buah dan sayur yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi seperti daun bayam, semangka, buah bit,  kiwi, mentimun, belimbing, jeruk nipis dan lain sebagainya.

BACA JUGA  Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

# Pantau Tekanan Darah Setiap Saat

Untuk mempermudah anda mengecek tekanan darah sewaktu – waktu, ada baiknya anda memiliki alat ukur tekanan darah sendiri di rumah. Ada jenis tensimeter manual yang harganya lebih murah bila anda menginginkannya. Atau anda bisa menggunakan tensimeter digital yang lebih praktis bila uang anda sedikit lebih banyak. Pelajari bagaimana cara memilih jenis tensimeter yang tepat agar anda bisa mendapatkan alat yang pas.

# Kendalikan Stres

Tidak hanya tekanan darah, penyakit lain pun dapat meradang ketika manusia mengalami stress yang berat. Cemas, ketakutan, tidak santai dan lainnya inilah yang dapat membuat kondisi kesehatan kita terganggu. Termasuk juga tekanan darah akan naik drastis. Oleh sebab itu, kendalikan stres adalah kunci normalkan tekanan darah.