MASJID MOELDOKO KEDUNGMULYO JOMBANG

MASJID MOELDOKO KEDUNGMULYO JOMBANG
MASJID MOELDOKO KEDUNGMULYO JOMBANG

Masjid megah dan Indah yang diberi nama yaitu Masjid Islamic Center Dr. H. Moeldoko yang berada di Jalan Raya Kayen, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang menarik minat banyak umat untuk melihat dan memanfaatkannya.

Masjid ini diberi nama sesuai dengan nama pembangunannya yakni, Bapak.Jendral TNI (Pur) Moeldoko, mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Masjid Moeldoko yang diresmikan Rabu, 01 Juni 2016 ini dapat mampu menampung sekitar 1500 jamaah yang berukuran luas sekitar 30×30 meter persegi.

Sedangkan luas lahan mancapai 6.685 meter persegi. Bukan hanya itu. Di komplek tersebut juga terdapat sekolah TK dan TPQ berukuran 8X24 meter persegi, serta panti asuhan. Terakhir terdapat tiga unit toko atau pusat oleh-oleh.

Masjid megah dan modern itu tersebut merupakan bagian dari komplek Islamic Center Jombang yang dibangun Bapak.Jendral Moeldoko.

Lahan kawasan tempat masjid ini berdiri merupakan lahan milik Pemkab Jombang sedangkan dana untuk pembangunan masjid ini seluruhnya ditanggung oleh Bapak.Jendral Moeldoko. Penempatan lokasi Islamic Centre ini sengaja dipilih di kawasan Bandar Kedungmulyo jombang. Pasalnya, lokasi tersebut jaraknya strategis dekat Kecamatan Purwoasri  Kabupaten Kediri dan juga dekat dengan Kota Jombang. Masing-masing jaraknya hanya 10 kilometer, apalagi di tambah dengan adanya akses pintu gerbang tol Solo-Surabaya,sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung ke masjid ini.

BACA JUGA  Panduan Memilih Biro Jasa Perizinan Usaha Profesional

Kecamatan Purwoasri, Kediri dan Jombang memang memiliki sejarah tersendiri bagi mantan Panglima TNI ini, karena ia dilahirkan di Desa Pesing, Kecamatan Purwoasri. Sedangkan Jombang adalah tempat Moeldoko mengahabiskan masa mudanya. Dia bersekolah di SMP Jombang (sekarang SMA Negeri 2 Jombang).

Atas dasar itu pula Moeldoko ingin memberikan hal terbaik untuk masyarakat Jombang dan sekitar Kediri. Yakni dengan mendirikan komplek Islamic Centre. Dalam kawasan komplek tersebut terdapat masjid mewah dan modern berarsitek Turki Istanbul dengan dua menara tinggi menjulang. Tak lain itu dari sisi pandang lainnya Masjid Islamic Centre ini terdiri dari Kubah Masjid yaitu kubah utama yang berdiameter sekitar 16meter dan kubah kecil di 4 penjuru masjid. Kubah utama berbahan dasar dari baja low carbon finsihinig Enamel dengan warna emas yang mengandung kadar emas sekitar 20% di sertai penutup lapisan luar (krawangan) dari pipa baja warna putih sehingga menutupi seluruh badan kubah,desain yang dipilih berbeda dan memiliki unsur ciri khas timur tengah. kubah masjid ini di pesankan langsung dari produsen kontraktor kubah masjid CV.Sinar Surya Abadi yang berdomisili di Sidoarjo Jawa Timur untuk menangani proyek pekerjaan kubah ini.

BACA JUGA  Butuh Wadah Promosi Mudah dan Murah? Baca Ini Dulu!

Seluruh aset tersebut pengelolaannya diserahkan ke Pemkab Jombang. Kecuali untuk panti asuhan, panti asuhan ini tetap ditangani sendiri oleh Bapak.Jendral Moeldoko.