Manfaat Serat Sabut Kelapa

Manfaat Serat Sabut Kelapa Semua orang pasti mengenal kelapa, bukan? Kita juga sudah atau bahkan sering mengkonsumsi buah kelapa, mulai dari air kelapa untuk diminum, daging buah kelapa untuk dijadikan santan atau bahan makanan, dan juga dari kelapa ini kita bisa mendapatkan minyak goreng. Namun tahukah Anda, ternyata tidak hanya itu saja, hingga saat ini kulit kelapa yang biasa disebut sabut kelapa telah banyak dimanfaatkan untuk menghasilkan berbagai macam produk dan barang yang bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Mau tau apa saja sih manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini.

Kelapa (Cocos nucifera) adalah satu-satunya anggota keluarga Cocos dari keluarga aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir seluruh bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan yang serba guna terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga merupakan sebutan untuk buah yang dihasilkan tanaman ini. Seluruh bagian pohon kelapa memiliki fungsi yang bermanfaat untuk kehidupan. Dari daun, bunga, buah, batang, dan akarnya dapat memberikan manfaat baik bagi lingkungan maupun bagi manusia. Bagian-bagian buah kelapa meliputi kulit luar, sabut kelapa, tempurung, kulit buah, daging buah, dan air kelapa.

Bagi anda yang belum tahu apa itu sabut kelapa, sabut kelapa merupakan bagian dari mesocarp (selimut) yang merupakan sabut kelapa yang kasar. Pada intinya bagian berserat ini merupakan kulit buah kelapa dan dapat digunakan sebagai bahan baku berbagai industri. Serat adalah bagian berharga dari sabut. Dilihat dari sifat fisik sabut kelapa yang terdiri dari serat kasar dan serat halus, kualitas serat ditentukan oleh warna yang mengandung unsur kayu. Produk yang telah dihasilkan dari bagian berserat buah kelapa antara lain karpet, keset, sikat, pengisi jok mobil, tali dan lain-lain. Sabut kelapa bisa didapat dari serat kasur, serat berbulu, dan sekam atau dedak atau gabus. Serat kasur digunakan untuk membersihkan sikat, sapu, keset, sedangkan sekam atau gabus digunakan sebagai media tanam dan sebagai pupuk kalium. Selain itu, karena serat memiliki ciri yang unik, sabut kelapa banyak digunakan sebagai bahan kerajinan.
Perlu Anda ketahui juga, peralatan dalam pengolahan sabut kelapa yang digunakan kini semakin canggih dan tersedia di pasaran, seperti mesin pengupas sabut kelapa, mesin penghancur sabut kelapa untuk media tanam, mesin press sabut kelapa, dan lain sebagainya.
Pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan berbagai macam manfaat sabut kelapa yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, tentunya dengan berbagai kebutuhan di beberapa aspek, penggunaan sabut kelapa ternyata memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Jadi, bukan tidak mungkin jika suatu saat Anda juga bisa memulai bisnis pengolahan sabut kelapa sendiri dan mengolahnya menjadi produk atau barang yang bermanfaat.
 
1. Manfaat Sabut Kelapa Dalam Kehidupan Sehari-hari
Sebenarnya banyak sekali manfaat sabut kelapa dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh:
Sebuah. Bahan Pembuatan Sapu
b. Bahan Pembuatan Mat / Alas Kaki
c. Sebagai Filter Air
d. Sebagai pengganti kayu untuk memasak
e. Penawar kolam dari bau air dan semen
f. Menetralkan Bak Mandi dari Bau Semen
g. Sebagai Bahan Pembuatan Tali
2. Manfaat Sabut Kelapa dalam Dunia Industri
Banyaknya limbah sabut kelapa di Indonesia merupakan peluang bisnis bagi para pengusaha. Mereka mulai melirik limbah sabut kelapa untuk diolah menjadi barang yang lebih bernilai dan lebih bermanfaat. Dalam dunia industri kelapa dapat diolah menjadi sesuatu yang bernilai jual tinggi. Sebagai contoh:
Sebuah. Bahan untuk Kerajinan Tangan
Saat ini banyak sekali barang-barang industri berbahan dasar sabut kelapa yang memiliki nilai jual tinggi. Misalnya tas, dompet, dan berbagai bentuk hiasan atau pernak-pernik lainnya.
b. Bahan Pembuatan Briket
Biasanya briket terbuat dari batu bara, namun sekarang banyak industri yang memproduksi briket dari limbah sabut kelapa. Karena briket sabut kelapa terbukti lebih ramah lingkungan dan biaya produksinya lebih rendah dibandingkan briket batubara.
c. Bahan Baku Pembuatan Karpet
d. Bahan Tray Pembuatan Kasur dan Bantal
e. Bahan Baku Pembuatan Jok Kendaraan
f. Bahan Baku Pembuatan Dashboard Kendaraan
g. Bahan Baku Hardboard
h. Bahan Pelapis Spring Bed
saya. Sebagai Penghalang Erosi
3. Manfaat Sabut Kelapa Dalam Dunia Pertanian
Pemanfaatan sabut kelapa dalam pertanian tidak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kandungan nutrisi tersebut antara lain Potasium, Fosfor, Kalsium, Magnesium, Natrium, dan beberapa kandungan mineral lainnya. Selain itu, sabut kelapa memiliki kemampuan menyimpan air dengan sangat baik. Sabut kelapa mampu menyerap dan menyimpan air 5 sampai 6 kali lipat volumenya. Pemanfaatan sabut kelapa dalam dunia pertanian antara lain:
Sebuah. Sebagai Sumber Nutrisi Kalium Organik
b. Sebagai Pupuk Organik Padat
c. Sebagai Pupuk Organik Cair
d. Sebagai Media Tanam Campurang
e. Sebagai Media Tanam Sistem Hidroponik
f. Sebagai penetral pH tanah
Manfaat Serat Sabut Kelapa cukup banyak bukan? Pemanfaatan limbah sabut kelapa dinilai dapat meningkatkan nilai ekonomis sabut kelapa. Limbah sabut kelapa ini dapat diolah menjadi barang atau produk yang bermanfaat dan tentunya memiliki nilai ekonomis. Semoga informasi tentang berbagai manfaat sabut kelapa ini dapat menjadi inspirasi bagi anda jika ingin mengolah dan memproduksi sendiri sabut kelapa. Semoga bermanfaat, dan terima kasih.
BACA JUGA  Kenali Lebih Jauh Mengenai Energi Baru Terbarukan