Ingin Liburan Murah di Singapura? Intip Destinasi Wisata Berikut


Dibanding dengan negara Asia Tenggara lainnya, Singapura merupakan negara paling mahal dalam hal biaya hidup. Bahkan baru-baru ini Singapura dinobatkan sebagai negara paling mahal sedunia.

Meskipun begitu, Singapura masih menjadi destinasi favorit bagi pelancong asal Indonesia. Bagaimana dengan kalian guys? Apakah berminat melancong ke Singapura? Cemas akan tingginya harga?

Nah, kalian telah menyiapkan itinerary untuk Anda yang ingin jalan-jalan murah di Singapura. Yuk simak!

THE ESPLANADE THEATRES

makemytrip.com

Tempat yang satu ini pastinya banyak diketahui oleh para pelancong yang pernah ke Singapura. Bentuknya yang unik, sering kali dibilang menyerupai mata serangga atau berbentuk durian, ternyata Esplanade menawarkan banyak hal.

Cukup cek jadwal acara baik online maupun datang langsung, maka Anda bisa memiliki kesempatan untuk menyaksikan acara secara gratis. Biasanya setiap akhir pekan akan ada penampilan langsung secara gratis di balkon tepi laut.

Selain acara, Anda juga bisa mengeksplor isi dari bangunan ini. Intiplah perpustakaan di lantai tiga karena memiliki interior yang nyeni dengan berbagai jenis koleksi film, musik, CD, dan majalah.

Anda juga bisa mencari posisi terbaik untuk menikmati pemandangan laut dari dalam. Di samping itu, terdapat juga fasilitas WiFi yang sangat berguna bagi para pelancong. Untuk menuju Esplanade, Anda bisa naik MRT ke stasiun terdekat yaitu City Hall atau stasiun Raffles Place.

MERLION

littledayout.com

Siapa yang tak kenal patung yang satu ini? Sebuah ikon Singapura yang sangat terkenal seantero dunia. Meskipun objek yang satu ini sudah pasaran mejeng di setiap foto para turis tapi sangat disayangkan jika Anda melewati objek yang satu ini.

Selain menampilkan patung yang unik ini, berkunjung ke Merlion akan memberikan Anda pemandangan cantik di sekitarnya. Untuk menuju Merlion, Anda cukup naik MRT ke stasiun Raffles Place.

MUSEUM GRATIS

kaskus.co.id

Banyak museum di Singapura yang tidak mengenakan biaya masuk untuk pameran permanennya, biasanya biaya masuk dikenalan untuk pameran khusus atau acara tertentu.

Setiap hari Jumat, setelah jam 6 sore, museum di Singapura menggratiskan biaya masuk untuk semua orang, beberapa mungkin malah memberikan panduan tur secara gratis.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa melihat website rermi dari National Heritage Board untuk jam buka, pameran, dan informasil mendetail lainnya.

NONTON GRATIS

visitsingapore.com

Buat apa mengeluarkan uang jika ada yang gratis? Ini sepertinya menjadi prinsip para budget traveler apa lagi jika berkunjung ke negara dengan biaya hidup mahal seperti Singapura.

BACA JUGA  Apakah Sudah Subsidi Solar Berpihak pada Nelayan Kecil dan Tradisional?

Beruntunglah para budget traveler karena di sini Anda bisa menikmati nonton film gratis. Cukup datang ke National Museum pada Jumat malam karena mereka akan menayangkan film di pelatarannya.

Biasanya penayangan film di National Museum ini memiliki tema khusus. Mereka pernah menayangkan tema-tema seperti Audrey Hepburn, Retro, dan Asian Horror.

Untuk mengetahui informasi lebih detail, ada baiknya Anda mengecek jadwal penayangannya terlebih dahulu. Cara menuju tempat ini sangat mudah, cukup naik MRT ke stasiun Dhoby Ghaut atau bisa juga jalan kaki dari stasiun City Hall.

BOTANIC GARDENS

64 hektar luas lahan yang dipenuhi oleh pepohonan hijau, Singapore Botanic Garden merupakan sebuah oasis di tengah kota Singapura yang telah padat akan gedung-gedung pencakar langit.

Anda bisa meluangkan waktu bersantai di taman yang asri atau bergabung ke dalam kegiatan bersama warga lokal. Untuk menuju taman ini caranya sangat mudah.

Stasiun MRT terdekat adalah Orchard, kemudian naik bus sebentar atau bisa berjalan kaki. Taman ini berada di dekat Kedutaan Inggris dan Amerika dan cukup mudah ditemui.

EAST COAST PARK

Merupakan taman terbesar di Singapura. Wilayahnya meliputi taman sepanjang 15 km di daerah pesisir timur. Meskipun jaraknya cukup jauh dari pusat kota namun tempat ini merupakan pelarian yang baik bagi Anda yang bosan dengan kebisingan dan suasana kota yang padat.

Anda bisa menyewa sepeda, in-line skates, atau mungkin windsurfing atau canoeing di sini. Ingin pengalaman yang berbeda? Cobalah untuk camping!

Cara menuju ke tempat ini adalah dengan menggunakna bus no. 36 dari pusat kota atau bandara. Tanyalah ke pada pengemudi bus mengenai tempat pemberhentian terdekat. Jika Anda ingin menggunakan taksi dari pusat kota, tarifnya sekitar S$ 18.

KELILING LITTLE INDIA

Meskipun sangat padat, riuh, dan tak sebersih kawasan lainnya di Singapura namun Little India punya warnanya sendiri. Hal inilah yang sulit ditolak. Dapatkan sebuah pengalaman berbeda ketika Anda berkunjung ke Little India di Singapura.

Masuk ke gang-gang sempit, memakai tatto henna, dan tentunya mencicipi makanan otentik India yang murah dan nikmat. Satu tempat yang juga terkenal adalah Mustafa Shopping Center yang merupakan 24 hour shopping mall.

BACA JUGA  3 Proses Pengeringan Biji Kopi yang Bisa Kamu Lakukan!

Mall ini menjual beragam barang, mulai dari bahan makanan, pakaian, elektronik, hingga mobil. Petualangan ke pasar ini bisa menjadi menarik jika Anda menemukan barang yang tak diduga atau barang yang sudah lama Anda cari. Stasiun MRT terdekat ke tempat ini adalah stasiun Little India.

TEMPAT PERIBADATAN

Seperti yang kita tahu, ada banyak etnis yang tinggal di Singapura, diantaranya adalah etnis India dan Cina. Keduanya memiliki komunitas dan daerahnya sendiri.

Di Little India Anda bisa menjumpai kuil Hindu sedangkan di Chinatown Anda bisa berkunjung ke kuil Buddha. Tempat peribadatan ini tidak mengenakan biaya masuk sehingga bisa menjadi salah satu objek wisata yang menarik dan hemat untuk dikunjungi.

Berkunjung ke kuil akan lebih menarik jika Anda bisa mengabadikannya dengan kamera kesayangan. Temukan momen menarik di sana atau acara khusus yang kerap kali diadakan.

PULAU UBIN

Tak hanya gemerlap pulau Sentosa, Singapura juga memiliki sebuah pulau yang tak banyak orang tahu. Pulau ubin terletak di pesisir timur daratan Singapura. Waktu tempuhnya hanya 10 menit dari pelabuhan terdekat.

Berbeda dengan objek lainnya di Singapura, Pulau Ubin menawarkan sebuah destinasi yang masih liar dan tradisional di mana Anda bisa menemukan ayam dan bebek berkeliaran. Cara terbaik untuk jalan-jalan di pulau ini adalah dengan menyewa sepeda.

Jelajahi juga hutan mangrove dan pantai Chek Jawa, rumah bagi flora dan fauna asli Singapura. Cara menuju ke Pulau Ubin adalah dengan naik MRT ke stasiun Tampines, kemudian dilanjutkan dengan bus no.19 menuju Changi Village jetty.

Perahu di Changi Village Jetting berangkat jika telah mengumpulkan 12 penumpang, tarifnya kurang lebih S$ 2 per orang

Berlibur ke Singapura tak selamanya identik dengan belanja dan theme park. Kali ini, bagi kalian yang ingin liburan hemat ke Singapura bisa mencoba tempat-tempat yang telah kami rekomendasikan. Selain menghemat budget, kalian juga akan mendapatkan pengalaman yang berbeda.

Mulai dari bersantai di taman, menikmati hiburan gratis di museum, hingga sepedaan di pulau, bisa ditemukan dalam liburan hemat di Singapura ini. Apakah kalian sudah merencanakan untuk berlibur ke Singapura?

Sumber: hellosemarang.com