Cara Bikin Keripik Tempe Yang Renyah, Gurih, dan Nikmat

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara bikin keripik tempe yang renyah, dapat dibuat dirumah sendiri karena mudah. Selain itu keripik tempe adalah cemilan dari bahan baku tempe yang mempunya banyak manfaat hampir sama dengan daging ayam. Harganya yang murah tempe banyak menjadi pilihan di masyarakat sebagai lauk yang enak dan ber manfaat.

Keripik Tempe

Salah satu resep makanan atau snack yang memiliki nama yang cukup terkenal dan populer adalah Keripik Tempe. Keripik adalah jajanan renyah yang dapat dibuat dengan berbagai macam bahan utama, dan ada yang menggunakan tempe karena dibuat dengan bahan utama tempe, itulah mengapa disebut keripik tempe.

Resep Keripik Tempe merupakan ragam rasa tempe yang renyah dan gurih yang biasanya diterjemahkan menjadi berbagai sajian lezat yang juga bisa dipadukan dengan makanan renyah dan jajanan seperti keripik. Hidangan ini bisa dijadikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai lauk karena rasanya yang gurih gurih.

Tempe dengan harga yang murah namun dengan manfaat yang mahal kualitas produk kami selalu terjaga dan kesehatannya terjamin. Bagi Anda yang ingin mencoba hidangan pembuka renyah Tempe ini, Anda bisa mencobanya dengan menggunakan cara bikin keripik tempe kami. Keripik pisang juga cemilan enak selain kerpik tempe.

Baca juga : Cara Bikin Keripik Tempe Renyah Rumahan yang Mudah dan Enak

BACA JUGA  Cara Membuat Sapu Dari Sabut Kelapa

Cara Bikin Keripik Tempe Yang Renyah

Bahan – bahan :

  • Tempe, iris tipis
  • 5 sendok makan tepung beras
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • Siram 1800 ml / sampai adonan encer.
  • Jumlah minyak yang tepat
  • Kuah kaldu ayam bubuk secukupnya
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 4 siung bawang putih, lalu kentang tumbuk
  • 3/4 sendok teh garam
  • Tambahkan bawang putih secukupnya

Cara Bikin Keripik Tempe Yang Renyah :

  1. Potong tempe menjadi irisan tipis dan jemur di bawah sinar matahari.
  2. Buat adonan untuk dicelupkan, tuangkan air sampai cair.
  3. Haluskan bahan bumbu dan simpan dalam wadah. Tambahkan bumbu halus, aduk kembali hingga merata.
  4. Panaskan minyak, ambil tempera yang hampir kering dan celupkan ke dalam adonan tepung. Atau bisa menggoreng dengan deep fryer bisa kriuk dan cepat matang.
  5. Lalu ambil tempe, potong tipis-tipis dan rendam dalam campuran bumbu dalam wadah. Tunggu sampai campuran bumbu meresap pada suhu tersebut.
  6. Tumis dengan api sedang hingga menguning dan matang, lalu tumis tempe yang sudah dibasahi campuran bumbu hingga renyah.
  7. Angkat, lalu tiriskan airnya. Keripik bisa langsung disajikan.
  8. Simpan tempe atau keripik tempe yang renyah di dalam toples kedap udara, atau bungkus dengan plastik
  9. kedap udara untuk mengawetkan irisan yang renyah dan renyah.
  10. Anda bisa menaburkan keripik tempe dalam berbagai macam rasa. Kocok, aduk dan tutup rapat.
BACA JUGA  Buket Bunga Sebagai Alternatif Hadiah Wisuda

Manfaat Tempe

1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Tempe sangat tinggi protein. Berbeda dengan protein hewani, protein tempe memiliki manfaat tambahan yaitu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

2. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Tempe mengandung magnesium, dimana zat ini berperan penting dalam sistem kardiovaskular. Bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah, menurunkan tekanan darah, menjaga kekuatan tulang, dan mencegah komplikasi terkait diabetes.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Tempe juga mengandung serat makanan yang bermanfaat bagi tubuh. Serat berperan dalam mengikat lemak dan kolesterol, sehingga tempe dapat membantu menurunkan berat badan dan mengontrolnya.

4. Membantu Mencegah Kanker

Tempe diperkaya dengan isoflavon, senyawa antioksidan yang berperan dalam memperbaiki sel dan mencegah kerusakan akibat polusi dan sinar matahari. Isoflavon juga bertindak sebagai agen anti kanker, melawan sel kanker yang dapat menyebabkan kanker prostat, payudara, dan rahim.

Demikian dari artikel yang saya jelaskan semoga dapat menambah manfaat dan wawasan tentang cara bikin keripik dan manfaat tempe, silahkan dicoba dirumah dan nikmati hasilnya, terima kasih.