Cara Aman dan Benar Menyetir Mobil Matic

Jaman saat ini warga lebih pilih mobil matic supaya tidak raih sebab jalanan macet. Lantas bagaimanakah cara mengemudi mobil matic yang aman serta benar?

Beberapa orang masih sangsi untuk memakai mobil matic. Sebab masih beberapa orang yang kurang memahami langkah kerja transmisi mobil itu. Walau sebenarnya di jaman saat ini mobil matic sangat banyak disukai beberapa orang. Ini sebab gampang serta nyaman waktu dikendarai.

Apa bedanya dengan mobil manual? Langkah mengemudi mobil manual tidak sama dengan matic. Saat mengemudikan mobil manual kaki kita kerja. Tidak sama dengan mobil matic yang cuma memakai kaki kanan saja serta kaki kiri kita dapat lebih beristirahat. Mengemudi manual memerlukan ketrampilan spesial serta terbiasa.

Tetapi masih beberapa hal yang berlangsung di lapangan. Masuh banyak pemula yang yang belum memahami memakai mobil matic dengan aman serta benar. Contohya masih beberapa orang yang memakai dua kaki pada mobil matic. Ini dapat membuat kerusakan pada transmisi mobil.

Bagaimanakah cara mengemudikan mobil matic dengan aman serta gampang? Dilansir dari otoaja.com, berikut langkah yang penting kita tahu sebelum mengemudikan mobil matic:

BACA JUGA  Sewa Hiace Luxury untuk Wisata

1. Konsentrasi

Hal ini bukanlah cuma waktu menyetir mobil matic saja, tapi saat kita sedang memakai kendaraan apa saja kita selalu harus konsentrasi. Sebab saat sedang berkendara di jalan tidak cuma kita yang berada di jalan tetapi beberapa orang di jalan. Jadi, tetaplah konsentrasi waktu berkendara serta waktu kamu sedang belajar mengemudikan mobil. Tetap lihat seputar dengan lihat spion.

2. Ketahui Urutan serta Posisi Tuas Transmisi

Ini sisi penting yang perlu kita ketahui buat pemula waktu memakai mobil matic ialah posisi serta tuas transmisi. Umumnya tuas pada mobil matic ada barisan gabungan huruf serta angka, yakni P-R-N-D-2-L atau P-R-N-D-M (+/-). Bagaimanakah cara pemakaiannya:

  • Waktu berkendara di kota kita umumnya meluncur dengan kecepatan normal, dengan jalan yang tidak macet, seharusnya kita memakai D.
  • Saat jalanan macet atau sedang berhenti di lampu jalan raya sepanjang kurang 20 detik, seharusnya tuas transmisi dipindahkan ke urutan netral yakni N.
  • Nah, saat kita ingin mengalihkan tuas transmisi ke urutan D seharusnya terlebih dulu kita mencapai pedal rem, maksudnya supaya mobil tidak meluncur sendirinya.
  • Jika sedang ada di wilayah tanjakan, seharusnya tuas transmisi ada di L atau 2 maksudnya supaya tarikan mobil lebih mudah.
  • Mobil matic umumnya ada tombol kecil tertulis hold. Waktu didesak karena itu pada monitor speedometer akan ada tulisan kuning O/D. Feature hold manfaatnya jadi penguncian urutan gigi. Tombol bisa dioperasikan saat urutan tuas ada di D. Feature ini menutup di gigi 2 serta 3. Feature ini dapat juga mengirit bahan bakar mobil.
BACA JUGA  Rent Car With Driver - Memilih Tempat Sewa Mobil Di Bali

3. Ketahui Feature Mobil

Kita jangan cuma tahu dalam peralihan tuas transmisi. Kita harus juga kenal banyak mengenai feature mobil yang ingin kita pakai. Kita harus tahu letak lampu sign, sebab jika kita tidak paham letak lampu sign. Ini dapat membahayakan orang lain saat mengemudikan mobil di jalan raya.

4. Jangan Cemas

Kekeliruan yang seringkali dikerjakan yakni saat memakai kendaraan mobil matic adalah cemas. Saat berjumpa kendaraan lain jangan merasakan cemas waktu bawa mobil.

Hal yang seringkali berlangsung kekeliruan ialah waktu mengalihkan transmisi serta saat mencapai pedal gas serta rem. Banyak berlangsung kecelakaan masalah mobil matic sebab salah waktu mencapai pedal rem serta mesin.

Keterangan di atas ialah bagaimanakah cara mengemudi mobil matic dengan aman serta benar. Yang paling penting waktu memakai kendaraan ialah berhati-hati tetap lihat orang di seputar serta pengendara lain.

Terus belajar secara benar supaya waktu mengemudikan mobil di jalan telah lancar serta aman bila ingin pergi.