Workflow Definition dan Beberapa Tugas Kerja yang Dilakukan

Workflow definition atau yang biasa kita kenal dengan alur kerja merupakan serangkaian kegiatan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas. Setiap hal yang dilakukan dalam workflow mempunyai beberapa langkah yang spesifik dengan mengecualikan langkah pertama yang dilakukan. Workflow linear dalam langkah pertamanya biasa dimulai dari peristiwa luar. Akan tetapi jika workflow yang menggunakan struktur lingkaran langkah pertama yang diambil adalah dengan penyelesaian langkah terakhirnya.

Apa itu Workflow Definition

Aplikasi workflow adalah sebuah softwere yang dimanfaatkan untuk melakukan suatu proses bisnis dengan media elektronik yang termuat didalamnya sebuah tugas-tugas yang terkait yang harus dikerjakan. Workflow didalamnya meliputi beberapa komponen seperti tugas, fungsi menjalankannya, bagian terkait yang harus diselesaikan, dan mengikuti alur kerja yang sudah ditentukan sebelumnya.

Workflow adalah rangkaian tugas yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang melibatkan beberapa pihak. Karena rangkaian pekerjaan yang harus dilakukan workflow membutuhkan kerja tim maka berfungsi menjalankan atau mendistribusikan sebuah bisnis. Pentingnya hal tersebut maka anda harus benar memperhatikan pentingnya workflow untuk usaha anda.

Tugas Workflow Definition

Tugas tersebut merupakan pekerjaan yang harus dilakukan oleh bagian terkait agar dapat diselesaikan mengikuti proses bisnis yang telah tersedia. Tugas tersebut dapat berupa pekerjaan yang tersedia di dalam aplikasi workflow atau di sistem lain secara manual. Sebagai contoh sebuah pengajuan cuti yang ada di dalam workflow. Meliputi pengisian formulir permohonan cuti, pengecekan sisa cuti, pengecekan aturan cuti, serta persetujuan permohonan cuti.

Tugas workflow untuk menjalankan tugas untuk memindahkan satu bagian tugas ke bagian yang lainnya berupa status dokumen yang merubah pemberian hak untuk mengerjakan tugas kepada bagian yang memperoleh tugas tersebut. Sedangkan pemberitahuan tugas dapat melalui email atau sms kepada bagian pemnerima tugas selanjutnya. Tugas tersebut dilakukan oleh pihak yang berwewenang dengan fungsi yang ada. Kaitan antara fungsi routing dengan tugas yang bersangkutan yaitu siapa penanggungjawab dan siapa yang menerima tugas.

Workflow definition dapat membantu memenuhi tugas yang harus dilakukan. Bebetapa program lunak sebuah workflow dapat mengkoordinasi dan menyiapkan langkah-langkah yang harus dikerjakan.

BACA JUGA  Aplikasi android terbaru untuk editing foto