Apa Itu Defibrillator ? Baca Selengkapnya Di Artikel Ini

Defibrillator merupakan alat medis yang cukup asing di telinga kita. Bahkan orang awam mungkin belum pernah mendengarnya. Namun tanpa sadar anda bahkan pernah melihat alat ini. Apa itu defibrillator ? Kita akan simak selengkapnya di artikel singkat berikut ini.

Pengertian Defibrillator

Pernahkah anda melihat sebuah adegan di televisi, seorang dokter menempelkan sesuatu yang mirip dengan “setrika” di dada pasien yang tengah tidak sadarkan diri ? Alat yang mirip dengan “setrika” di rumah anda itulah yang disebut alat defibrillator. Defibrillator adalah alat kesehatan elektromedik yang dapat mengalirkan listrik dengan jumlah energi yang dapat diatur ke jantung pasien dengan tujuan prosedur medis.

Fungsi Defibrillator

Sudah sedikit diuraikan diatas bahwa alat ini digunakan untuk prosedur medis. Lalu, apat fungsi alat ini sesungguhnya. Terlihat aneh di mata orang awam. Mengapa pasien dalam kondisi kritis, tidak sadarkan diri malah justru disengat dengan listrik ? Inilah fungsi defibrillator. Sengatan atau kejutan listrik dalam jumlah tertentu dapat membuat jantung memulai detaknya dengan normal kembali setelah mengalami gangguan (fibrilasi). Ternyata alat ini memiliki fungsi yang sangat vital.

BACA JUGA  Waspada! bakteri ini menjadi penyebab jerawat kamu

Beberapa Jenis Alat Defibrillator

Ada beberapa macam model dan jenis alat defibrillator. Namun kita akan sebutkan cukup dua saja. Karena ini yang paling banyak digunakan. Pertama defibrillator manual dan satunya lagi defibrillator otomatis atau yang sering disebut dengan AED (Automatic External Defibrillator). Di Indonesia anda tidak banyak melihat alat ini di tempat – tempat umum seperti anda melihat tabung pemadam kebakaran portable yang ditempel di dinding. Namun di negara Eropa, anda bisa temukan alat AED banyak tersedia di tempat – tempat keramaian dan fasilitas public yang banyak dikunjungi orang. Nah dari sini kita tahu jenis AED atau defibrillator otomatis dirancang untuk kebutuhan masyarakat umum karena penggunaanya yang mudah. Sdangkan defibrillator manual digunakan untuk para tenaga medis yang berpengalaman.

BACA JUGA  Apa Efek Samping Hemodialisis yang Wajib Untuk Anda Ketahui

Harga Alat Defibrillator

Mungkin diantara anda penasaran berpa harga alat Emergency yang satu ini. Ya, harganya cukup fantastis. Memang alat ini bukan dibuat untuk kebutuhan masyarakat umum, namun untuk instansi medis dan pemerintah. So, sudah tahu kan harganya pasti mahal. Anda yang membutuhkan informasi soal harga anda bisa kunjungi website distributor defibrillator resmi di Indonesia di alamat : jualdefibrillator.com.

Sekian informasi singkat tentang ap aitu defibrillator, semoga apa yang sudah kita baca dan ketahui bersama sedikit menambah wawasan kita semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan selamat beraktiftas.