Minyak Cengkeh Untuk Gigi Berlubang

Ahooii kawan kawan bertemu lagi dengan saya, nah di artikel ini saya akan membagikan sebuah informasi tentang minyak cengkeh untuk gigi berlubang, nah tanpa basa basi yuk simak sampai selesai.

Manfaat cengkeh sebagai obat herbal

Minyak Cengkeh Untuk Gigi Berlubang

Kandungan bahan aktifnya yang tinggi, cengkeh dipercaya ampuh membasmi sejumlah penyakit. Berikut manfaat cengkeh sebagai obat herbal.

Asam urat

Menurut kutipan dari buku Hembing Mengatasi Asam Urat & Rematik, cengkeh mengandung tanin dan tinggi eugenol. Bahan aktif tersebut berguna untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Merasakan manfaat jamu cengkeh untuk asam urat memang mudah. Kalian bisa merebus cengkeh dengan takaran 1 – 5 gram sampai mendidih. Begitu hangat, Anda minum air rebusan cengkeh.

Penekan batuk

Cengkih dikatakan dapat mengobati batuk. Hal ini karena cengkeh memiliki efek antibakteri dan anti batuk. Mengutip dari buku Tanaman Ampuh Khasiat Obat Cengkih Jahe Jahe Kunyit Kencur Serai karya Suharman, cengkeh bisa mengusir dahak dari tenggorokan. Untuk merasakan manfaatnya, cukup mudah dengan mengunyah cengkeh dengan garam.

Obat sakit gigi

Cengkih bersifat antiseptik dan analgesik, juga dikenal sebagai pereda nyeri. Hal ini menjadikan cengkeh sebagai obat herbal yang efektif untuk sakit gigi. Mengobati sakit gigi dengan cengkeh sangatlah mudah. Cukup oleskan minyak cengkeh ke kapas. Kemudian rekatkan kapas tersebut pada area rongga gigi.

Bau mulut

Minyak cengkeh juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Untuk merasakan manfaatnya, cukup rebus 10 siung dengan segelas air sampai mendidih. Setelah air rebusan bunga cengkeh mendingin, gunakan airnya untuk berkumur. Kalian bisa menggunakan air cengkeh sebagai kumuran untuk menghilangkan bau mulut, gunakan sampai hilang.

BACA JUGA  Apa Itu Defibrillator ? Baca Selengkapnya Di Artikel Ini

Meredakan mual dan muntah

Apakah Anda sering mengalami mual dan muntah? Cengkih bisa jadi solusinya. Bubuk cengkeh yang dicampur dengan madu meredakan mual dan muntah yang disebabkan oleh cedera perut.

Bahaya Gigi Berlubang

Sakit yang parah

Rasa sakit yang Anda rasakan tergantung pada ukuran lubang di gigi. Mungkin rasa sakit itu datang dan berlangsung beberapa detik, lalu hilang. Namun, rasa sakit ini akan datang lagi dan dengan tingkat keparahan yang lebih besar dari sebelumnya. Bukan tidak mungkin, rasa sakit ini menjalar ke kepala.

Abses gigi

Rongga yang tidak diobati menyebabkan infeksi yang menyebar ke bagian jaringan lunak pulpa, rahang, atau mulut. Infeksi serius dapat menyebabkan abses atau kantong berisi nanah yang muncul di sekitar gigi atau gusi. Sebaliknya, munculnya abses ini disebabkan oleh bakteri yang menumpuk di dalam mulut.

Masalah gusi

Gingivitis, atau penyakit gusi, terjadi dengan gejala radang gusi, diikuti dengan rasa sakit yang parah. Padahal, penyakit ini bisa menyerang gusi sehat lainnya. Hal ini membuat gusi terlihat bengkak dan kemerahan bahkan bisa berdarah saat disentuh atau disikat. Dalam kasus kerusakan gigi yang parah, Anda juga dapat mengembangkan sesuatu yang disebut penyakit periodontal.

BACA JUGA  Cara Mengobati Penyakit HIV AIDS

Penyakit jantung dan stroke

Bagaimana kerusakan gigi dan masalah jantung berhubungan dengan stroke? Rupanya, gusi yang terluka memicu masuknya bakteri di mulut ke dalam aliran darah, yang menyebabkan infeksi pada otot jantung bagian dalam. Begitu juga dengan risiko stroke. Masalah jantung dan stroke dapat menyebabkan kematian, jadi Anda tidak boleh menganggapnya remeh.

Efek pada struktur rahang

Kerusakan gigi yang dibiarkan dan tidak diobati dalam waktu lama menyebabkan penyebaran infeksi lebih lanjut yang terjadi. Selain menyerang gigi sehat lainnya, infeksi ini juga bisa menyerang gusi. Tanpa pengobatan, risiko kerusakan tulang rahang sangat mungkin terjadi. Hal ini dapat terjadi ketika salah satu gigi hilang karena kerusakan gigi yang menggeser gigi lainnya. Pergeseran ini mempengaruhi struktur gigi dan rahang.

Okelah mungkin sekian untuk artikel minyak cengkeh untuk gigi berlubang, nah bagi kalian yang ingin membuat minyak cengkeh sendiri, bisa menggunakan mesin perontok cengkeh untuk mempermudah pengolahan, nah pastikan mesin perontok cengkeh yang kalian ingin dibeli dari produsen mesin terbaik.