Hari Akhir, Apakah Benar Akan Terjadi?

Kiamat atau hari akhir adalah hari dimana semua kehidupan dijagat raya ini akan musnah dan hancur lebur tanpa menyisakan mahluk hidup, hal ini banyak di bahas dan sudah di kabarkan oleh Baginda Nabi Muhammad Salallahu alaihi wassalam dan juga di Al quran.

Tapi ada banyak juga yang tidak yakin tentang hari kiamat ini, mereka beralasan tidak relevan dan waktu yang tidak pasti kapan terjadinya, jika yang mengatakan hal seperti ini adalah orang muslim, maka otomatis dia telah murtad.

Kenapa?, karena perkara keyakinan kepada hari kiamat adalah salah satu cabang dari aqidah, yang wajib bagi orang islam untuk mempercayai dan meyakininya, jika tidak maka gugugr dengan sendirinya keislaman seseorang tersebut.

Tapi jika yang mengatakan adalah orang di luar islam maka itu tidak masalah, karena memang mereka tidak di tuntut untuk meyakininya, yang di tuntut kepada orang kafir adalah pengucapan kalimat syahadat, setelahnya baru menjalankan semua kewajiban dan aqidah yang pokok.

Kapan Terjadi Hari Kiamat?

Pertanyaan ini sudah ada sejak zaman nabi, dan jawaban nabi ketika itu dan setelahnya adalah tidak tahu dan tidak wajib tahu, yang tahu hanyalah Allah saja, malaikat dan juga Nabi tidak tahu kapan terjadinya hari kiamat.

Jika Nabi sudah mengabarkan seperti itu, maka kita tidak layak untuk menanyakannya kembali, juga bisa disimpulkan jika ada yang mengaku tahu akan hari kiamat maka bisa di pastikan orang tersebut adalah penipu dan murtad,walaupun dia mengaku sebagai wali atau orang sholeh sekalipun.

Jadi jika ada yang bertanya tentang kapan terjadinya hari kiamat, maka jawabnya adalah hanya Allah yang tahu, kami harap semua umat islam memahami masalah ini, karena ini adalah masalah penting, yang jangan sampai karena kebodohannya mempercayai orang yang mengatakan kiamat akan terjadi pada hari ini dan tanggal ini.

BACA JUGA  MASJID MOELDOKO KEDUNGMULYO JOMBANG

Bukti Sains Bahwa Kiamat Akan Terjadi

apakah hari kiamat akan terjadi

Tentu bukti sains ini hanya sebagai pelengkap saja, seharusnya bagi umat muslim ada atau tidak adanya bukti sains tetap mengimani akan terjadinya hari kiamat.

Teori yang sudah mahsyur adalah teori tentang Big Bang atau ledakan keras yang menurut teori ini nanti semua pelanet akan saling bertabrakan karena keluar dari orbit atau jalurnya, kapan terjadinya?, entah tidak bisa di prediksi juga.

Yang kedua adalah melihat darisemakin majunya teknologi dan semakin rusaknya alam ini, jika ini berlanjut terus (tentu memang pasti akan berlanjut) maka kehancuran bumi hanya tinggal menunggu waktu saja.

Secara teori dan sunnatullah kejadian kejadian di muka bumi ini adalahsingkron dengan akan datangnya hari kiamat. Sekali lagi kita ingatkan bahwa teori sains ini bukan landasan bagi umat muslim untuk mempercayai akan datangnya hari kiamat, karena landasan kita adalah dalil dari Al Quran dan hadits nabi.

Tanda Tanda Kiamat

Yang di kabarkan oleh Allah dan Rasulnya adalah tentang tanda tanda akan terjadinya hari kiamat, buakan waktu terjadinya hari kiamat, dan tanda tanda kiamat terbagi menjadi dua, yaitu tanda kiamat kecil dan tanda kiamat besar.

Tanda kiamat kecil adalah terus berlangsung sampai keluarnya tanda kiamat besar, yang mana tanda kiamat kecil di kabarkan oleh nabi seperti.

Di utusnya Nabi Muhammad, terjadinya banyak fitnah, banyak yang menghalalkan khamer dan riba merajalela, banyaknya gedung tinggi, orang berlomba-lomba membangun masjid tapi kosong dari aktifitas masjid terutama sholat berjamaah, dan masih banyak tanda kiamat kecil ini.

Tanda kiamat kecil ini ada yang sudah terjadi dan ada yang belum terjadi, semuanya sedang dalam proses penyempurnaan, sampai semua terjadi maka datanglah tanda kiamat besar, yang secara garis besar adalah sebagai berikut.

  • Munculnya dajjal yang akan melakukan kerusakandi muka bumi
  • Keluarnya Imam mahdi yang akan memimpin pasukan untukmembunuh dajjal
  • Turunnya Nabi Isa yang akan membunuh dajjal
  • Dajal terbunuh yang di ikuti dengan kaum pengikutnya yang merupakan kaum yahudi
  • Nabi Isa Berkuasa dan memimpin kaum muslimin dengan keadilan dan kemakmuran
  • Keluarnya kaum yajuz wa majuz
  • Keluarnya binatang melata
  • Munculnya Matahari dari barat
  • Keluarnya api yang menggiring manusia.
BACA JUGA  Ini Dia Catering Aqiqah Bandung Hemat, Lengkap dan Syari

Setelah semua tanda tersebut terjadi, maka di tiuplah sangkakala oleh malaikat izrofil yang merupakan datangnya hari kiamat.

Yang Terjadi Saat Hari Kiamat

Bumi hancur sehancur hancurnya, gunung gunung tercabut,langit terbelah dan binasa atau matinya semua makhluk hidup, kecuali yang di izinkan oleh Allah untuk tetap hidup, seperti malaikat peniup sangkakala.

Setelah tiupan sangkakala yang ketiga maka malaikat inipun di wafatkan oleh Allah, dan semua alam semesta sudah hancur.

Setelahnya maka manusia semuanya dari zaman nabiadam sampai manusia terakhir akan di bangkitkan di padang mahsyar, inilah awal kita berada di alam akhirat untuk menerima semua pembalasan dari Allah Subhana huwataala.

Perjalan panjang di hari akhirat akhirnya akan berakhir pada surga atau neraka, dan setelah ini semua manusia akan hidup kekal selama lamanya tanpa ada lagi yang namanya kematian.

Dengan pembahasn yang singkat ini kami berharap anda bisa menjawab jika ada pertanyaan jelaskan pengertian hari kiamat?, dan juga kita tidak ragu akan datangnya hari akhir ini.

Semoga bermanfaat dan semoga kita kelak menjadi orang yang beruntung mendapatkan surga yang telah di janjikan oleh Allah Subhana hu wataala. Untuk mewujudkan itu semua maka kita di anjurkan untuk selalu belajar agama agar kita mengetahui mana halal dan haram.