Hal yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa Manajemen Informatika!

Manajemen Informatika bersama dengan teknik informatika, sistem informasi, komputer akuntansi, dan teknik komputer merupakan bidang yang sangat cepat berkembang hingga terjadi pergeseran pada dunia usaha, dunia industri, dan ekspansinya menimbulkan peluang lapangan kerja yang luas dalam sekian banyak sektor bidang Manajemen Informatika mencakup pengembangan Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, analisis dan desain sistem, sistem informasi guna bisnis, cara dan peralatannya, dan rekayasa sistem informasi. 

Kompetensi Lulusan D3 Manajemen Informatika

Lulusan Program Studi D3 Manajemen Informatika akan dibekali dengan pengetahuan, etika, dan keterampilan dalam memimpin sebuah proyek pembangunan dan pengembangan sistem informasi dari sekian banyak fungsi manajemen yang merupakan keperluan sekarang ini dan yang akan datang; mempunyai keterampilan dalam merancang software komputer dengan menerjemahkan keperluan pengguna ke dalam orientasi komputer; mempunyai keterampilan dalam menulis program software komputer dan sejumlah bahasa pemrograman; menguasai sekian banyak perangkat lunak software yang cocok dengan pertumbuhan teknologi informatika saat ini, dan menjembatani antara pemakai akhir dari jasa komputer dengan lingkungan dalam komputer. 

1. Pengajar IT (Guru/Dosen/Instruktur)

Sarjana alumni Teknik Informatika bisa mengajar di sekolah-sekolah, di universitas, ataupun di lembaga pendidikan. Sekarang ini IT telah diperkenalkan semenjak bangku Sekolah Dasar, maka melalui jenjang ini alumni IT mulai mengajar.

2. Mobile Programmer

Lulusan Teknik Informatika rata-rata telah mahir menciptakan program, salah satunya yaitu membuat program untuk software pada android mulai dari nol. Seorang Mobile programmer wajib menguasai bahasa pemrograman, terutama pemrograman Java.

3. Software Tester

Software Tester bertugas dalam mengerjakan pengujian software dan bertanggung jawab terhadap kebenaran dan faedah dari perangkat lunak yang dibuatnya.

4. Software Engineer

Seorang Software Engineer memiliki keterampilan khusus guna mengembangkan perangkat lunak menjadi sekian banyak keperluan yang bertujuan untuk mendukung pekerjaan. Bagi seorang Software Engineer yang handal, di samping mahir dalam pengembangan perangkat lunak tentunya harus juga menguasai bahasa pemrograman. Dalam pekerjaannya, Software Engineer berkolaborasi dengan Programmer yang bertugas menciptakan program awal. Namun Software Engineer dapat pula merangkap sebagai Programmer.

5. Intelligent System Developer

Salah satu profesi yang digemari oleh alumni IT ialah menjadi Intelligent System Developer. Profesi ini terbilang sulit tetapi gaji yang ditawarkan lumayan menggiurkan.

6. IT Consultant

Untuk menjadi IT Consultant, Anda mesti menguasai teori-teori teknologi, teknologi berbasis komputer, serta pemrograman. Profesi IT Consultant ialah memberikan konsultasi pada orang lain, antara lain menyerahkan rekomendasi dalam hal keperluan sistem program software pada perusahaan/ kantor.

7. System Analyst System Integrator

System Analyst atau sering disebut system integrator bertugas menganalisa sistem yang bakal dibuat, antara lain mengerjakan interaksi dengan klien mengenai keperluan perangkat aplikasi maupun hardware, mengerjakan interaksi dengan designer dalam menciptakan rancangan User Interface, mengerjakan interaksi dengan programmer dalam penciptaan program perangkat, serta melakukan arsip terhadap program yang dibuat. Bagi menjadi profesi ini, Anda mesti memiliki kemahiran analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal.

BACA JUGA  TOEFL Speaking - Berlatih Berbicara Bahasa Inggris Sendiri dan Dengan Orang Lain