3 Cara Mudah Download Lagu di Smartphone

Untuk dapat mengusir rasa bosan, semua orang pastinya ingin mendengarkan lagu di sela-sela kesibukannya. Apalagi sekarang ini banyak situs dan aplikasi streaming musik yang sudah menyediakan jutaan lagu yang dapat didengar kapan saja dan di mana saja.

Namun, terkadang koneksi internet tidak selalu memadai untuk bisa mendengarkan musik melalui aplikasi streaming musik. Sehingga, salah satu alternatifnya yaitu dengan download lagu supaya bisa didengarkan secara offline.

Cara Mudah Download Lagu di Smartphone

1. Cara Download Lagu di Spotify

Spotify adalah layanan streaming musik paling populer di dunia. Layanan asal Swedia ini sudah lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Anda boleh mendengarkan lagu dengan gratis di Spotify, namun jika ingin mengunduhnya Anda harus membayar biaya berlangganan bulanan.

Caranya sangat mudah, install aplikasi Spotify dari Google Play Store atau Apple App Store. Sebelum download lagu, sebaiknya atur dulu kualitas lagu yang ingin diunduh. Caranya dengan mengklik ikon Settings yang ada di sisi kanan atas, lalu scroll ke bawah hingga menemukan opsi Music Quality. Pilih kualitas yang diinginkan pada bagian Download. Semakin tinggi kualitas lagu, semakin besar ukurannya.

Untuk mengunduh lagu, buka menu Search yang ada pada bagian tengah bawah. Kemudian ketik judul lagu yang Anda inginkan, lalu klik ikon tiga titik yang ada di sisi kanan judul lagu, kemudian pilih opsi View Album.

Bila lagu yang Anda pilih merupakan single, Anda bisa mengunduh hanya satu lagu saja. Namun kalau tidak, Anda harus mengunduh satu album sekaligus. Untuk mengunduh Anda hanya tinggal klik toggle Download yang ada pada sisi kanan atas dan tunggu sampai download selesai.

2. Cara Download Lagu di Apple Music

Apple Music adalah pesaing Spotify buatan Apple. Dibuat oleh produsen iPhone, aplikasi ini juga dapat dinikmati oleh pengguna smartphone Android. Layanan Apple Music sebenarnya berbayar dan tidak memiliki free tier seperti Spotify. Namun, bagi pengguna baru Anda bisa memperoleh akses secara gratis selama tiga bulan pertama.

Cara download lagu di Apple Music sangat mudah. Buka aplikasi Musik melalui perangkat iOS atau aplikasi Apple Music di Android. Sebelum mengunduh, Anda harus menambahkan lagu yang diinginkan ke Perpustakaan lebih dahulu. Caranya, cari lagu yang diinginkan dan klik ikon + untuk menambahkan satu lagu ke Perpustakaan.

Untuk mengunduh lagu, cari lagu yang diinginkan di Perpustakaan, kemudian klik ikon awan yang ada di dekatnya untuk download lagu. Untuk lagu yang telah diunduh, akan ada tanda centang di sampingnya.

3. Cara Download Lagu di Joox

Joox adalah layanan streaming musik garapan raksasa teknologi China, Tencent. Walaupun belum mengglobal seperti Spotify dan Apple Music, aplikasi ini lumayan populer di Asia.

Koleksi lagunya juga tidak kalah lengkap dibandingkan dengan dua aplikasi di atas. Untuk download lagu di aplikasi Joox caranya sangat mudah. Pertama, instal dan buka aplikasi Joox pada smartphone Anda. Kemudian cari lagu yang diinginkan pada kolom pencarian.

Klik lagu, album atau playlist yang ingin Anda download, dan klik tombol Download. Maka akan otomatis di-download dan bisa Anda akses secara offline dengan masuk ke Profile dan pilih Offline Songs.

BACA JUGA  Download Netcut Terbaru Untuk Mematikan Jaringan