Hal-Hal yang Perlu Disiapkan Memulai Bisnis Toko Bunga

Bunga tetap diminati oleh banyak orang untuk dekorasi ruangan maupun diberikan kepada orang lain sebagai perwakilan perasaan. Makanya bunga menjadi ide bisnis yang masih bagus untuk dijalankan saat ini.

Bisnis toko bunga bisa ramai pelanggan pada hari-hari tertentu seperti perayaan Valentine, Hari Ibu, maupun tahun baru. Dengan peminat yang kian meningkat, bisnis ini menjadi peluang yang cukup besar.

Nah, sebelum memulai bisnis toko bungam beberapa hal perlu kamu siapkan.

Pelajari jenis-jenis bunga dan simbolnya

Banyak yang perlu dipelajari sebelum memulai bisnis toko bunga, salah satunya mempelajari jenis-jenis bunga. Karena banyak jenis bunga, maka kamu bisa saja membuat katalognya beserta dengan simbolnya.

Bukan sekadar pengetahuan saja, tetapi ini menjadi suatu keterampilan jika ada pelanggan yang bertanya seperti “Bunga apa yang cocok untuk teman yang menikah?” atau “Bunga apa yang diberikan kepada orang yang sedang berduka?” kamu bisa menjawabnya dan merekomendasikan bunga yang tepat.
Meski kamu sudah menentukan ingin membuat buket bunga untuk wisuda, pernikahan, hingga bunga duka, pengetahuan tentang jenis-jenis bunga akan selalu bermanfaat bagimu.

BACA JUGA  5 Langkah Memperoleh Diamond FF Gratis Tanpa Program Terkini


Menentukan bahan bunga

Setelah mengetahui jenis bunga yang akan dirangkai, tentunya kamu menentukan bahan bunga. Mengapa? Bukankah bunganya merupakan bunga asli? Ya, kamu bisa menggunakan bunga asli jika bisa mendapatkannya dengan mudah. Jika tidak, apa yang harus dilakukan?

Banyak bahan bunga yang terbuat dari plastik sehingga tidak mudah layu. Ini menjadi trik penjualan supaya bunga bertahan lama tanpa disiram. Namun, karena penggunaan plastik tidak ramah lingkungan, beberapa orang mulai menggunakan bahan yang eco-friendly, contohnya sabun.

Belajar merangkai bunga

Berikutnya, kamu harus bisa merangkai bunga atau mengemasnya. Contoh kemasan bunga seperti buket dan bunga untuk vas atau pot. Bunga yang sepenuhnya dirangkai, seperti bunga untuk ucapan selamat atau bunga duka.

Membangun toko

Selanjutnya, wadah bagi idemu adalah membangun toko bunga. Toko bunga tidak perlu mendapatkan ruangan yang besar atau terbuka. Cukup gunakan ruangan yang memiliki tempat yang cukup untuk menaruh bunga dan aksesoris lainnya.
Lebih mudah lagi jika kamu membuat toko online. Kamu hanya perlu membuat katalog produk serta ruangan kecil yang bisa menampung bunga-bunga.

BACA JUGA  Agar Cafe Ramai Pengunjung Hancurkan Dulu Desainmu, Mantep Kok

Melakukan promosi

Tahap membangun bisnis yang satu ini jelas diperlukan. Promosikan produkmu kepada target pasar, antara lain pelajar, mahasiswa, dan lainnya. Tunjukkan visual bunga rangkaianmu, karena dengan begitu banyak pelanggan yang tertarik untuk membelinya.

Jika kamu sudah memiliki gambaran ingin membuat bisnis yang seperti apa, maka akan lebih mudah membangun toko yang sesuai. Intinya, pelajari dahulu agar kamu tidak salah memberikan rekomendasi bunga yang baik kepada pelanggan. (CTH)