Cara Pembayaran Jasa Arsitek yang Umum Dilakukan

Jasa arsitek merupakan layanan yang memberikan bantuan terhadap perencanaan desain serta perancangan arsitektur dalam sebuah proyek pembangunan seperti rumah tinggal, ruko, kantor, apartemen dan bangunan social lainnya. Biasanya perancangan dan perencanaan ini akan dilaksanakan dalam 3 tahapan pekerjaan yang mana setiap tahapan memiliki persentase serta tagihan biaya tersendiri.

Tahapan akan berjalan apabila sudah mendapatkan persetujuan dari klient dan presentase jasa yang dibebankan pada tahap sebelumnya telah terlunasi. Adapun tahapan pembayaran arsitek yang umum dilakukan oleh masyarakat yang menggunakan jasa arsitek dalam membangun bangunan baru maupun mengubah suatu bangunan dapat Anda simak dalam rangkuman artikel dibawah ini.

Cara Pembayaran Arsitek yang Umum Dilakukan

cara pembayaran jasa arsitek yang biasa dilakukan masyarakat
  1. Tahapan 1 DP 35% dari total biaya yang disepakati
    Pada tahapan ini arsitek akan mulai mengerjakan desain awal berupa gambar denah/ layout bangunan. Nantinya gambar tersebut akan dikirim melalui massanger untuk diperiksa dan dikoreksi oleh pengguna yang bersangkutan. Apabila ada revisi maka akan dikerjakan ulang sampai menemukan titik gambar denah kesepakatan.

  2. Tahapan 2 DP 50% dari total biaya yang disepakati
    Langkah pembayaran arsitek yang umum dilakukan di tahapan 2 ini adalah arsitek akan membuatkan rancangan gambar desain awal berupa gambar 3D tampak depan dan samping. Tak jauh berbeda dengan tahapan pertama, nantinya hasil dari gambar ini akan dikirimkan kepada pengguna melalui massanger untuk dikoreksi. Jika terjadi kekeliruan gambar akan segera diperbaiki sampai jangka waktu yang tidak bisa ditentukan tergantung kerumitan revisi yang diminta klient.

  3. Tahapan 3 DP 15% dari total biaya yang disepakati
    Di tahap pelunasan ini apabila gambar 3D tampak depan telah disepakati, maka arsitek akan mengerjakan gambar desain komplit berdasarkan paket yang dipesan pengguna. Gambar tersebut akan berbentuk soft copy dan hard copy, print out F4 dan CD file yang mana hasilnya akan dikirim melalui ekspedisi.

Cara dan metode pembayaran jasa arsitek yang umum dilakukan masyarakat

Nah itulah cara pembayaran arsitek secara umum yang bisa kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini menjadi solusi bagi Anda yang hendak menggunakan jasa arsitek namun bingung bagaimana cara membayarnya. Terima kasih.

BACA JUGA  5 Tips untuk memilih kontraktor konstruksi terbaik