Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di WordPress

Cara membuat daftar isi otomatis di wordpress tidak lah mudah. Namun, jika Blogger rutin berlatih, pasti yang sulit ini menjadi terbiasa. Akhirnya, pembuatan daftar isi ini tidak lagi menyulitkan. Bahkan prosesnya tidak sampai beberapa menit, daftar isi sudah selesai.

Fungsi Daftar Isi di WordPress

Pembuatan daftar isi di wordpres harus dilakukan. Karena dengannya, pembaca bisa lebih mudah mengakses artikel. Apalagi jika jumlah postingan di web tersebut cukup banyak. Berikut fungsi yang lebih lengkap:

1. Untuk Menyatukan Artikel Sesuai Kategori

Dengan adanya daftar isi, blogger bisa menyatukan artikel yang terserak menjadi satu tempat sesuai dengan kategorinya. Sehingga pembaca tinggal klik kategori tersebut untuk memilih artikel yang berkualitas.

2. Agar Tampilan Website Lebih Menarik

Fungsi yang kedua ialah supaya tampilan website lebih menarik. Pasalnya, jika artikel dibiarkan terserak di dashboard, tentu situs terlihat tidak rapi sehingga pengunjung enggan untuk memasukinya. Namun jika dibuatkan daftar isi, tampilan lebih bersih, Karena artikel didesain lebih teratur.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Membuat daftar isi di blog secara manual, sangat merepotkan. Apalagi bagi blogger yang tidak memahami bahasa pemrograman. Oleh karena itu, saat ini sudah ada cara membuat daftar isi yang otomatis. Ini dia cara membuatnya:

1. Silakan download plugin Table Of Content Plus

2. Instal di web

3. Lakukan pengaturan dengan cara klik setting

4. Pilih TOC+

5. Lakukan editing di tab Main Options

6. Silakan centang fitur Post

7. Centang Juga fitur Page

8. Selesai

Jika ingin menampilkan fitur pada widget web, ikuti cara berikut:

1. Pilih menu appearance

2. Pilih Widgets

3. Klik TOC+

4. Selesai

Itulah tutorial wordpress mengenai cara membuat daftar isi otomatis di wordpress yang mudah dan simple. Jika caranya benar, tentu di dalam situs akan muncul daftar isi yang bisa diisi artikel-artikel terdahulu sesuai dengan niche artikel tersebut. Sehinga dengannya, pengunjung lebih mudah ketika akan mengakses artikel.

BACA JUGA  6 Manfaat Rajin Menulis Blog