Begini Cara Hosting Web Untuk Pemula

Dalam perkembangan sekarang ini, dunia online bukanlah sesuai yang aneh. Bahkan saat masa pandemi Covid-19 melanda dunia, usaha online menjadi usaha yang perkembangannya masive disaat usaha di offline menjadi lesu karena masive nya kebijakan lockdown. Untuk itu kami akan memberikan tips cara hosting web yang bisa diterapkan untuk website milik anda.

Membeli Hosting

cara hosting web

Untuk melakukan hosting website, hal yang pertama anda lakukan adalah membeli layanan untuk mengupload file anda dan menyebarkan file website anda ke pengunjung domain anda. Anda bisa memilih layanan yang sesuai misalkan shared hosting, vps, dedicated server. Untuk anda yang membutuhkan hosting Indonesia murah bisa mengunjungi website ini.

Selain shared hosting ada layanan seperti VPS hosting. Layanan ini sangat flexible karena support dengan banyak tipe script dan software. Anda bisa menginstall banyak software sesuai kebutuhan. Bahkan tidak hanya support php dan mysql. Anda bisa menginstall software lain yang belum tentu disupport layanan shared hosting. Jika anda membutuhkan VPS murah, maka bisa coba cek promo VPS di Menyohost.

BACA JUGA  Tips desain website agar menarik pengunjung

Mengonlinekan Website anda

cara hosting web

Ada banyak layanan website gratis seperti 000webshot atau lainnya, namun performanya tidak begitu baik. Banyak batasan yang membuat script pada CMS anda mungkin tidak bekerja sebagaimana mestinya. Hal ini karena banyak batasan fungsi PHP dan mysql yang bertujuan agar penggunaan sumber daya setiap website menjadi sangat minimal. Sehingga setiap server bisa menghosting setidaknya puluhan ribu website. Ini seperti membandingkan ketika anda belanja di pasar pusat kota dan di Mall. Tentu kualitas layanan juga berbeda.

Upload file web

Jika anda sudah memiliki akun hosting atau sudah menginstall vps anda, maka anda bisa mengupload file ke hosting anda. Untuk cara upload file biasanya di hosting akan disediakan filemanager atau sejenisnya. File bisa diupload ke file manager melalui browser.

BACA JUGA  Drake Sekarang Telah Memenangi Lebih Banyak Penghargaan Musik Billboard daripada Artis Lain


Cara lain untuk mengupload file adalah menggunakan ftp client seperti filezilla. Dengan akun ftp anda bisa mengupload file melalui software filezilla yang telah diinstall di komputer anda. cara hosting web ini bisa digunakan baik untuk shared hosting atau anda yang telah menggunakan VPS hosting.

Semoga tutorial cara mengonlinekan website ini bisa membantu anda meningkatkan bisnis anda. Selanjutnya anda bisa memilih layanan hosting terbaik yang sesuai kebutuhan anda.