Cara Membuat Bolang Baling Empuk

Artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat bolang baling empuk dan manis, Nah untuk kalian yang suka dengan jajanan yang satu ini, simak sampai akhir yaaaa.

Bolang Baling

Jajanan yang memiliki rasa yang manis dan empuk ini membuat banyak orang yang suka terhadap bolang baling. Untuk itulah bolang baling menjadi jajanan populer bagi anak-anak sekolah dasar. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa di masa lalu pasti ada penjual bale di depan sekolah dasar di antara pedagang lainnya.

Namun, dari tahun ke tahun semakin sedikit pedagang bolang baling di depan sekolah dasar, hingga benar-benar tidak ada yang menjualnya di depan sekolah dasar. Masalah tersebut disebabkan karena kurang gengsinya bolang baling dengan jajanan lain seperti mainan, cilok, lumpia, telur mini dan sejenisnya.

Tapi Anda masih bisa menemukan penjual bolang baling di pasar atau di pinggir jalan. Tetapi keadaan bagi bolang baling kembali muncul, karena promosi yang nyeleneh dari seorang pedagang odading yaitu Mang Oleh dari Bandung.

Saking eksentriknya, video promosinya viral di dunia maya. Sehingga menarik perhatian masyarakat umum terhadap odading. Sehingga kita bisa melihat jumlah orang yang sudah mulai menjual bola baling-baling di mana-mana.

Cara Membuat Bola Bolang Lembut Dan Lembut

cara membuat bolang baling empuk

Nah daripada beli jajanan di jalan mending buat sendiri dengan menggunakan bahan yang pasti bersih dan benar cara mengolahnya. Disini saya akan berbagi resep dan cara membuat bolang baling yang lembut dan empuk.

Bahan:

250 gr tepung terigu
1 telur
1 sendok teh Fermitan
1/4 sendok teh vanili
100 ml air hangat
2 sendok makan mentega
4 sendok makan gula pasir
Gula wijen untuk taburan

Bagaimana Membuatnya :

  1. Siapkan wadah lalu masukkan ragi, gula pasir, fermipan, dan air hangat. Aduk selama 5 menit dan jika berbusa berarti ragi aktif, tetapi jika tidak berbusa berarti ragi mati dan lebih baik diganti.
  2. Ambil mangkuk lain dan tambahkan tepung, telur, vanila, mentega dan tambahkan larutan fermipan. Campur bahan hingga menjadi adonan yang tidak lengket.
  3. Istirahatkan adonan tadi selama 40 menit sampai 1 jam, jangan lupa ditutup menggunakan plastik atau kain bersih. Tunggu hingga adonan mengembang dua kali lebih besar.
  4. Setelah mengembang, ambil adonan dan pipihkan secara merata, lalu olesi bagian atas adonan dengan air dan taburi biji wijen. Dan istirahat lagi 15 menit.
  5. Jika sudah 15 menit potong adonan menjadi kotak-kotak, taruh adonan yang sudah dipotong tadi di atas tepung terigu agar tidak lengket.
  6. Ambil wajan lalu panaskan bersama minyak hingga mendidih.
  7. Setelah panas, tambahkan adonan dan masak sampai berwarna cokelat keemasan.
  8. Jika sudah keemasan, angkat dan tiriskan.
  9. Sajikan.
BACA JUGA  Jual AC Murah Dengan Harga Terjangkau dan Kualitas Terbaik

Cara Agar Gigi Tetap Sehat Walaupun Sering Makan Manis

Sikat gigi minimal dua kali sehari

Sikat gigi Anda dengan pasta gigi berfluoride setidaknya dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur. Pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut sehingga dapat membersihkan plak gigi hingga ke bagian yang paling rapat tanpa melukai gusi. Meski terkesan sepele, namun sangat efektif untuk mencegah proses pembusukan.

Lapisan Sealant

Oleskan lapisan sealant pada permukaan gigi di dokter gigi, terutama pada gigi geraham permanen yang masih sehat. Lapisan sealant ini dapat menggunakan bahan pengisi komposit atau bahan ionomer kaca yang dapat melepaskan fluoride. Gigi akan terus menerima fluoride untuk memperkuat gigi. Tujuannya adalah untuk menutupi permukaan geraham, yang biasanya memiliki ruang yang dalam, di mana gigi berlubang dimulai. Ingatlah untuk melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi sekali atau dua kali setahun.

Berkumur setelah makan manis

Jika Anda telah makan sesuatu yang manis, Anda harus berkumur dengan air atau obat kumur yang mengandung fluoride. Jangan memilih obat kumur yang mengandung alkohol karena dapat mengiritasi mulut.

Mengunyah permen karet tanpa gula

Kunyah permen karet tanpa gula atau mengandung xylitol. Mengunyah permen karet tanpa gula dapat menghasilkan air liur yang akan mengeluarkan sisa gula yang tersangkut di antara gigi Anda. Lakukan ini setelah makan camilan atau setelah makan siang.

BACA JUGA  Cara Membuat Kertas Vintage Menggunakan Teh Celup

Pilih makanan yang kurang manis

Pilih makanan manis yang kurang manis atau tidak terlalu manis. Anda selalu memiliki pilihan untuk camilan yang kurang manis, seperti memilih sepotong kue bolu cokelat daripada brownies dengan tambahan keping cokelat. Kandungan gula sepotong kue coklat tidak akan setinggi brownies.

Hindari makanan manis dengan tekstur lengket

Hindari makanan manis yang lengket dan mudah menempel di gigi. Sisa makanan manis yang masih menempel di gigi merupakan “pasokan makanan” bagi bakteri penyebab gigi berlubang.

Kurangi porsi makanan manis

Jika makanan penutup yang Anda pilih sama isiannya dengan hidangan utama, sebaiknya potong menjadi dua dan berikan setengahnya kepada teman atau minta untuk dibawa pulang.

Makan lebih sering dan lebih lambat

Yang kami maksud di sini adalah jangan makan lebih banyak porsinya, lo. Namun, dengan makan lebih sering dengan porsi lebih kecil, pencernaan Anda akan lebih sedikit lapar. Waktu normal untuk lapar adalah setiap 3-4 jam.

Untuk minum banyak air

Setelah mengonsumsi minuman manis yang tinggi gula, seperti jus buah, smoothie, dan soda, perbanyak minum air putih. Hal yang sama bisa Anda lakukan setelah mengonsumsi buah-buahan asam seperti jeruk, lemon, dan limau.

Artikel tentang cara membuat bolang baling empuk saya cukupkan, tapi kalau kalian masih ingin membaca artikel serupa bisa membaca artikel cara membuat bolang baling ini. Atau bacalah artikel menarik lainnya di website ini.