Cara Membersihkan Jok Mobil Dari Bekas Ompol dan Muntah

Cara membersihkan jok mobil dari berbagai kotoran sebenarnya cukup mudah. Namun, sesuaikan penanganannya dengan jenis pelapis jok mobil dan jenis kotorannya.

Tips Membersihkan Jok Mobil dari Aneka Kotoran

Perjalanan yang jauh bersama anak-anak seringkali berdampak pada jok mobil yang kotor. Entah itu kotor karena terkena bekas makanan, bekas minuman, muntahan bahkan ompol. Bila jok mobil terbuat dari bahan kulit tentu lebih mudah membersihkannya. Permasalahan lebih berat muncul ketika jok mobil terbuat dari bahan kain beludru. Nah, berikut ini tips membersihkan jok mobil yang mudah dilakukan sendiri :

  • Bersihkan noda menggunakan tissu atau kain lap

Cara membersihkan jok mobil dari muntah yang pertama yakni dengan menggunakan kain lap atau tissu. Segera setelah si kecil muntah, bersihkan bekas muntahan memakai tissu basah. Apabila di dalam mobil hanya ada tissu kering, gunakan tissu tersebut untuk mengangkat muntahan. 

baca juga cuci jok mobil bandung

Kemudian bersihkan sisa nodanya menggunakan kain lap atau tissu. Gosok perlahan pada noda sehingga cairan muntahan terangkat. Cara membersihkan jok mobil kena ompol juga tak jauh berbeda hanya saja gunakan kain lap kering untuk menyerap bekas ompol.

  • Hindari menggunakan pengharum ruangan

Menyemprotkan pengharum ruangan untuk mengurangi bau ompol atau muntahan justru semakin membuat aroma bekas muntahan kian parah. Sebaiknya, bila bau tak sedap masih tercium segera usap-usap bekas muntahan menggunakan kain lap atau tissu. Kemudian buka jendela mobil sehingga bau cepat hilang.

  • Gunakan cairan pembersih karpet

Agar noda muntahan benar-benar lenyap, gunakan cairan pembersih karpet atau carpet and upholstery cleaner. Produk pembersih ini cukup banyak mereknya di pasaran jadi pilihlah sesuai selera. Langkah pembersihan noda tersebut sebagai berikut :

baca juga tempat cuci jok mobil bandung

  1. Siapkan kain mikrofiber dan sikat kecil.
  2. Semprot cairan pembersih karpet ke noda bekas muntahan atau ompol secukupnya. 
  3. Sikat area yang disemprot tadi menggunakan sikat secara perlahan. 
  4. Kemudian bersihkan permukaan jok mobil menggunakan kain mikrofiber dengan lembut hingga noda lenyap.
  5. Cara membersihkan jok mobil selanjutnya yakni dengan menyedot sisa-sisa noda menggunakan vacuum cleaner. 
  6. Kemudian keringkan permukaan jok mobil menggunakan hair dryer atau dengan membuka jendela dan pintu mobil agar cepat kering.
BACA JUGA  Perawatan Truk Sedot WC yang Tepat