Apa Saja Fungsi Pagar

Sebagian dari kita ada yang bertanya tanya apa sih fungsi pagar di suatu rumah atau bangunan? Hal ini menjadi penting untuk dibahas sebab dengan berjalannya waktu dan budaya pada masyarakat faktanya yang disebut pagar tidak hanya berfungsi sebagai pengaman suatu wilayah atau rumah saja, tetapi terdapat beragam fungsi lain yang menyebabkan bentuk dan desainnya perlu disesuaikan dengan kegunaannya.

Sebagai contoh adalah pagar yang konsentrasinya untuk pengaman suatu wilayah, oleh karenanya pagar tersebut dilengkapi dengan kawat berduri diatasnya dengan mengabaikan estetika keindahannya, sebab kalau dibangun dengan indah maka akan banyak biaya yang dikeluarkan dan butuh waktu yang lama saat membuatnya. Lain hanya dengan pagar rumah yang berfungsi untuk mempercantik tampilan depan rumah tinggal, oleh sebab itu desainnya perlu disesuaikan dgn arsitektur rumah tersebut. Sesuai dengan judul pada artikel ini lantas apa saja fungsi pagar lainnya? Pada halaman ini kami akan memberikan info beragam fungsi dan manfaat pagar pada rumah tinggal :

BACA JUGA  7 Merek Yang Anda Harus Ketahui Dari Baja Ringan Murah Berkualitas

Macam-macam fungsi pagar pada rumah dan wilayah

  1. Pagar juga berfungsi sebagai infrastruktur pengaman rumah atau wilayah seperti pabrik maupun gudang serta bangunan seperti rumah sakit, dll. Biasanya orang menggunakan pagar panel beton untuk tujuan ini karena analisa harga satuan pekerjaan pagar panel beton lebih hemat dan cepat pengerjaannya dibandingkan membangun pagar konvensional menggunakan batu bata merah., maka pagar ini harus dibangun dengan ketinggian yang cukup dan dilengkapi dengan gembok pada pintunya sehingga hanya orang tertentu saja yang diperbolehkan masuk.
  2. Pagar berfungsi untuk mempercantik exterior rumah
  3. Pagar panel beton yang biasanya dibuat dari beton readymix juga berfungsi sebagai pembatas kepemilikan lahan / wilayah antara si pemilik dengan wilayah lain. Pionir beton atau tiga roda beton merupakan produsen yang sering digunakan dalam memproduksi salah satu produk precast ini. Harga beton cor tiga roda bervariasi tergantung dari mutu beton yang diinginkan.
  4. Sebagai penutup pandangan orang lain diluar agar tidak terlihat. Pada beberapa pagar bahkan menggunakan polycarbonate untuk membatasi pandangan.
  5. Di kota kota besar di Indonesia dimana ketersediaan lahan semakin sempit pagar bisa dimanfaatkan untuk tempat menaruh pot bunga.
  6. Pagar juga bisa berfungsi untuk tempat menaruh lampu sebagai penerangan di sekitarnya.
  7. Bahkan ada yang memanfaatkan sisi pagar rumah untuk dijadikan bak sampah.
  8. Ada beberapa kasus dimana pagar difungsikan sebagai tempat untuk bersantai sambil duduk duduk santai dan ngobrol dengan kerabat dan tetangga.
  9. Di beberapa wilayah pagar bisa dijadikan media untuk menuangkan kreatifitas seni seperti graffiti dengan beragam gambar untuk memberikan pesan tertentu kepada orang lain.
  10. Pagar juga berfungsi tempat untuk menaruh kotak pos untuk menerima surat dan paket yang masuk.
BACA JUGA  Pertimbangkan ini sebelum memilih tipe flow meter

Kurang lebih seperti itulah daftar fungsi dan manfaat pagar yang sering dimanfaatkan orang baru baru ini. Fungsi lainnya tentu masih ada lagi karena budaya dan teknologi manusia terus berkembang seiring berjalannya waktu.