Tips Lolos SNMPTN

Ada beberapa cara yang bisa anda coba agar diterima di perguruan tinggi negeri impian, salah satunya dengan menggunakan jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Dengan jalur ini, anda tak perlu mengerjakan tes seperti yang saat anda mengikuti UTB SBMPTN. Namun anda harus mengumpulkan nilai rapor baik atau portofolio tertentu sebagai standar penilaian anda. Nah, anda bisa ikuti berbagai tipsnya di situs berita pendidikan.

Pahami Syarat dan Ketentuan Jalur SNMPTN

Anda harus tahu jika SNMPTN menyediakan kuota penerimaan berbeda untuk tiap sekolah. Kuota berdasarkan dengan indeks sekolah. Indeks sekolah mempunyai beberapa kriteria sendiri, seperti prestasi alumni, akreditasi sekolah dan nilai peserta yang bisa diterima di tahun sebelumnya serta prestasi di sekolah. Untuk mengisi kuota tersebut, nantinya peringkat nilai siswa yang menentukan. Semakin tinggi nilai yang anda dapatkan, maka peluang masuk ke kuota penerimaan juga semakin besar.

BACA JUGA  Materi Yang Keluar Pada IELTS Test

Fokus Pada Program Studi yang Anda Pilih

Sebelum anda mengikuti SNMPTN, pastikan anda harus merasa yakin dengan pilihan anda. Memilih PTN dan program studi tidak boleh sembarangan. Pastikan anda menentukan program studi yang cocok dengan kesukaan dan minat anda sehingga anda merasa yakin dan tidak akan menolak saat sudah diterima. Anda bisa mulai dengan mengecek nilai raport semester anda, pastikan nilai mapel mana saja yang stabil dan meningkat. Untuk mengikuti SNMPTN, nilai raport anda tidak boleh turun. Anda bisa cari referensi di situs berita pendidikan.

Nilai Rapor Konsisten dan Pencapaian Lain yang Sesuai

Karena tidak ada tes di jalur ini, hal yang dijadikan penilaian adalah nilar rapor siswa mulai dari semester 1 sampai 5. Nah, nilai rapor harus konsisten dan stabil. Pastikan tidak naik turun namun harus selalu meningkat. tidak semua pelajaran akan dilihat nilainya, namun hanya mata pelajaran yang cocok dengan program studi yang akan anda pilih. Misalnya anda ingin masuk jurusan Kedokteran, maka nilai yang dilihat adalah fisika, kimia, matematika, biologi, bahasa inggris dan bahasa Indonesia.

BACA JUGA  Daftar Kampus di Kabupaten Indramayu Negeri dan Swasta

Itulah beberapa tips agar anda bisa masuk SNMPTN, anda bisa dapatkan tips lainnya di situs berita pendidikan yang bermanfaat untuk anda. Cek situs berita pendidikan terbaru dan terpercaya hanya di https://www.depoedu.com/