Tips Berpakaian Ketika Memulai Hari Pertama Kerja

Cara Anda berpakaian pada hari pertama bekerja benar-benar akan membuat reputasi Anda baik atau juga merusaknya. Sering dikatakan bahwa tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata jadi jika tindakan dan penampilan Anda gagal untuk mengesankan banyak orang, maka tidak ada yang akan menganggap Anda serius di ruang lingkup pekerjaan tersebut. Mencari tahu apa yang akan dikenakan pada hari pertama Anda di tempat kerja mungkin terbukti menjadi tugas yang agak sulit, untuk membantu Anda, berikut adalah beberapa tips berpakaian ketika memulai hari pertama kerja yang dapat Anda coba:

1. Rencanakan pakaian Anda dengan baik

Pastikan bahwa Anda memiliki pakaian yang siap pakai dan disimpan di tempat yang mudah Anda temukan. Jangan anggap ini masalah dalam memilih pakaian yang cocok. Penampilan luar adalah hal pertama yang akan dilihat oleh banyak orang ketika Anda memasuki sebuah pekerjaan untuk pertama kalinya. Membersihkan pakaian adalah ide yang sangat bagus, atau Anda selalu bisa meminta anggota keluarga untuk menyetrika pakaian Anda, hanya agar Anda memiliki satu hal yang kurang untuk perlu dikhawatirkan ketika hari pertama Anda bekerja.

2. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk pakaian Anda

Anda tidak perlu lagi mengeluaran banyak biaya untuk membeli yang akan dipakai di hari pertama bekerja. Saat ini, Anda bisa mendapatkan pakaian yang terlihat bagus, penuh gaya dan menarik dengan harga yang sangat terjangkau. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan bahwa pakaian berkualitas baik tidak lagi menguras tabungan Anda. Bahkan jika Anda adalah seseorang yang sangat sibuk dan Anda tidak punya waktu untuk pergi ke pusat perbelanjaan terdekat, yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk ke salah satu dari sekian banyak website toko online yang menjual pakaian dan membeli apa pun yang Anda suka.

BACA JUGA  Ini Dia Resep Terbaru Cara Memasak Tumis Kornet Sapi Kaleng

3. Jangan menggunakan aksesoris yang terlihat norak

Bekerja jelas bukan tempat untuk mengenakan aksesoris yang mencolok atau norak. Jangan beri siapa pun kesempatan untuk mengubah Anda menjadi topik gosip. Jika Anda menganakan aksesoris yang norak, maka kemungkinan besar rekan kerja Anda tidak menganggap Anda serius dan bahkan mengolok-olok Anda. Pekerjaan adalah di mana Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda sampai Anda pensiun jadi pilihlah aksesoris Anda untuk hari pertama dengan sangat hati-hati. Jika Anda seorang pria, aksesoris terbaik adalah jam tangan, terdapat banyak brand yang dapat Anda pilih, seperti jam tangan Casio, Daniel Wellington, Rolex dan masih banyak lagi. Untuk wanita, Abda dapat memilih untuk mengenakan kalung kalung atau anting minimalis yang terlihat matching dengan pakaian Anda, dan ingat jangan tertalu mencolok.

4. Mengenakan tas modis dan fungsional

Seperti halnya hal lain, tas yang modis dan fungsional akan banyak berbicara tentang Anda pada hari pertama Anda bekerja. Jenis tas yang Anda bawa akan menentukan jenis sikap yang Anda miliki terhadap pekerjaan. Tas modis yang sama fungsionalnya pasti akan menunjukkan hal yang terbaik dalam diri Anda. Ketika memilih tas yang sempurna, ada banyak pilihan yang tersedia di toko-toko maupun di pusat perbelanjaan. Memiliki tas dengan banyak kompartemen dan jumlah saku  yang efisien adalah hal yang sangat ideal.

BACA JUGA  2 Kesulitan Belajar SEO yang Harus Anda Ketahui

5. Pakaian Anda harus disesuaikan dengan posisi Anda di perusahaan

Pakaian mendefinisikan tujuan pekerjaan Anda. Jika Anda telah ditugaskan sebagai manajer, maka Anda harus berpakaian yang sesuai dengan posisi tersebut. Jika Anda berpakaian dengan cara yang tidak dapat diterima maka orang-orang mungkin tidak memberi Anda rasa hormat. Selalu ingat bahwa omongan negatif akan menyebar dengan cepat di dunia bisnis, jadi setelah citra Anda ternoda, membangun kembali adalah hal yang sulit.

Salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah memutuskan untuk mengenakan pakaian semi kasual di hari pertama Anda. Hal ini akan menunjukkan Anda menjadi seseorang yang sangat ceroboh dan tidak peduli. Berbusana secara professional dan sesuai dengan posisi Anda juga dapat membantu untuk mengesankan klien.

6. Kenakan pakaian yang tidak menunjukkan bercak keringat

Akhirnya, karena ini adalah hari pertama Anda bekerja, Anda jelas akan gugup sehingga disarankan Anda mengenakan pakaian yang tidak menunjukkan bercak keringat. Bercak keringat sangat tidak sedap dipandang. Pastikan Anda membawa botol kecil parfum atau deodoran yang bisa Anda semprotkan sesekali agar Anda tidak menimbulkan bau badan.

Mengikuti beberapa tips ini tentu tidak akan sulit. Bahkan jika Anda tidak dapat mengikuti semua yang telah diberikan di atas, Anda harus mencoba terlihat rapi pada hari pertama Anda bekerja. Pada akhirnya, Anda harus ingat bahwa ketika Anda bekerja di perusahaan tertentu, Anda mewakili mereka. Tidak ada perusahaan yang ingin karyawan yang berantakan dan tidak rapi bekerja di bawah mereka.