Apa Saja Syarat Air Minum? Yuk Ketahui !

Apakah kalian mengatahui apa saja syarat air minum yang baik untuk dikonsumsi ? Air merupakan salah satu elemen yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Bahkan dipastikan jika tidak ada pembangunan berkelanjutan sumber daya air, peradaban manusia tidak akan mampu mencapai tingkat yang telah dicapai selama ini.

Oleh karena itu, pengembangan dan pengolahan sumber daya air merupakan fondasi peradaban manusia. Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa salah satu faktor penting dalam penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari adalah kebutuhan air minum.

Guna memenuhi kebutuhan manusia dalam menjalankan segala aktivitasnya maka dibutuhkan air bersih. Oleh karena itu, perlu diketahui bagaimana kualitas air disebut bersih dan dapat digunakan sepenuhnya dalam aktivitas manusia sehari-hari. Untuk mengatasi air bersih kita juga dapat membuat saringan air yang baik dirumah.

Dari segi mutu, beberapa persyaratan air minum harus dipenuhi, antara lain mutu fisik, mutu kimiawi, dan mutu biologis. Agar kelangsungan hidup umat manusia dapat berjalan dengan lancar, maka perlu disediakan air yang dimurnikan dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kegiatan manusia di tempat dan jangka waktu tertentu.

Syarat- Syarat Air Minum Yang Layak Dikonsumsi

 Syarat- Syarat Air Minum

1. Persyaratan Fisik |Syarat- Syarat Air Minum

Air berkualitas tinggi harus memenuhi persyaratan fisik, termasuk kejernihan atau tidak keruh. Kondisi fisik air minum jernih atau tidak keruh karena keruh akibat adanya partikel koloid yang terbuat dari tanah liat.

BACA JUGA  Agen Obat Herbal Makassar

Kemudian tidak berwarna, dan air yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari (terutama untuk minum) harus jernih. Karena jika airnya diwarnai berarti mengandung bahan lain yang berbahaya bagi kesehatan.

Syarat fisik ketiga air minum adalah rasanya yang tawar. Secara fisik lidah kita bisa merasakan air, dan jika air yang kita minum terasa tawar, maka air tersebut bisa diminum. Namun bila airnya terasa asam, pahit, manis dan asin berarti airnya tidak baik untuk dikonsumsi.

Persyaratan fisik lainnya adalah tidak berbau, air yang layak dikonsumsi harus tidak berbau, jika tercium dari jauh atau dekat, maka Air yang berbau busuk berarti mengandung bahan organik yang sedang mengalami dekomposisi atau penguraian oleh mikoorganisme lain.

Baca Juga : Simak Cara Membuat Saringan Air Yang Baik dan Benar

2. Persyaratan Kimia |Syarat- Syarat Air Minum

Persyaratan kimiawi yang harus dipenuhi adalah pH atau keasaman. PH air normal dan air minum adalah 7. Dampak kesehatan karena pH air minum kurang dari 6,5 dan lebih besar dari 9,2 dapat menyebabkan bahan kimia tertentu diubah menjadi air yang sangat beracun dan membahayakan kesehatan.

Kandungan kimiawi lainnya yang merupakan syarat air minum adalah tidak terdapat kandungan zat besi di dalam air. Besi besi akan menguning dan menghasilkan bau besi logam di dalam air. Batas maksimum dalam air adalah 0,1 mg / l.

BACA JUGA  Senoaji Tokoh Dokter Masalah Kehamilan Bagian 2

Selain besi, tidak boleh ada kandungan aluminium di dalam air, dan batas maksimalnya adalah 0,2 mg / l. Air tidak boleh mengandung unsur kimia lain yaitu bahan organik, sulfat, nitrat dan nitrit.

3. Persyaratan Mikrobiologi

Secara mikrobiologi, kebutuhan air yang layak untuk diminum adalah air yang tidak mengandung bakteri (seperti disentri, demam tifoid, kolera, dan bakteri patogen penyebab penyakit).

Jika semua syarat di atas terpenuhi, maka air layak untuk dikonsumsi. Air bersih yang diupayakan pemerintah antara BPPSPAM dan PDAM telah memenuhi persyaratan di atas.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan air yang ada di PDAM langganan Anda untuk mengolahnya menjadi air minum. Karena airnya sudah memenuhi syarat air minum, maka layak untuk diminum.

Demikian artikel mengenai syarat air minum, semoga artikel ini bermanfaat dan kalian dapat mengonsumsi air minum yang baik untuk kebutuhan sehari hari. See you and keep healthy 🙂

Baca Juga : Cara Merawat Water Purifier – Alat Yang Menjadi Solusi Air Minum Sehat Dan Aman