Refly Harun Sebut PDIP Lebih Aman Dukung Duet Anies-Puan Maharani

Kab. gresik – Pakar hukum tata negara yang termasuk pengamat politik, Refly Harun mengatakan, PDIP dapat lebih safe kecuali mengambil keputusan menolong Anies Baswedan dan menyandingkannya dengan Puan Maharani sebagai wakilnya Anies.

Menurut Refly, tak sekedar menjagokan putrinya Puan Maharani, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mungkin miliki penilaian lain, sehingga tidak menjagokan Ganjar Pranowo.

“Nah, kecuali bila Ganjar terpilih sebagai presiden, maka Jokowi dapat menjadi ‘godfather’-nya Ganjar, anything can happen ya, termasuk jalankan take over terhadap PDIP.


Jika Puan bersatu dengan Anies dan memenangkan pertarungan Pilpres 2024, maka Ganjar Pranowo tidak dapat menjadi kemampuan yang mengancam bahkan mungkin selesai alias tamat.


“Harus kita memandang termasuk misalnya, kenapa Megawati tidak mendeklarasikan Ganjar secepatnya, padahal elektabilitas dia tinggi,” tahu Refly.

“Bisa menjadi dikarenakan dia mempersepsi Ganjar sepertinya orang yang dapat jauh lebih taat kepada Jokowi atau miliki agenda sendiri ketimbang nanti dia besok-besok taat kepada Puan Maharani,” katanya lagi.

Sebelumnya, pemikiran perihal Puan yang dapat menjadi wakil Anies ini pertama kali dikemukakan oleh dokter Tifa.


Refly pun mengatakan pemikiran ini tidak semuanya salah, dikarenakan kecuali dianalisis lebih didalam keduanya sebenarnya miliki kemampuan yang besar.

“Coba kita memandang ini kecuali bila Demokrat dan PKS tidak dapat (bergabung) dengan Nasdem, apakah lantas kita berubah kepada alternatif lain?


“Nah alternatif lain ini adalah ya kan dengan merayu Puan Maharani sebagai wakil presidennya Anies Baswedan. Menurut dokter Tifa ya, Puan Maharani adalah satu-satunya jalan bagi Anies Baswedan untuk memenangkan kontestasi capres-cawapres,” tambanya.


Namun Refly menyadari, tentu tidak mudah untuk menyatukan Anies dan Puan walau mereka sempat menyatakan kemesraan sebentar dikala Puan hadir di Formula E dikarenakan tersedia satu sosok di PDIP yang dapat menentang keras.

“Puan cobalah membuka komunikasi dengan Anies Baswedan mengatakan bahwa komunikasi mereka baik-baik saja tapi penghalang utamanya adalah Hasto Christianto, sang Sekjen yang tetap jalankan serangan-serangan, baik kepada Anis dan saat ini kepada kubu Nasdem,” tahu dia.

Sepertinya Hasto, kata Refly, termasuk yang paling garis keras tidak rela Puan bersatu dengan Anies misalnya. Sebab dari awal-awal dia udah mengatakan tidak menghendaki bekerjasama dengan Demokrat dan PKS.

Refly mengatakan, ini adalah keliru satu perihal yang wajib dipertimbangkan dikarenakan Puan berasal dari arus kiri, tetapi Anies dari arus kanan.


“Kalau arus kanan dan arus kiri itu menyatu untuk mengusung seseorang Anies dan Puan maka arus ini dahsyat sekali bagi Indonesia,” jelasnya.

BACA JUGA  Pesan Nasi Kebuli di Bekasi Utara Free ongkir