Perbedaan Gula Merah dan Gula Aren Yang Memiliki Kesamaan

Perbedaan Gula Merah dan Gula Aren

Gula Merah dan Gula Aren

Pada kesempatan saya kali ini, saya akan membahas tentang perbedaan gula merah dan gula aren. Simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga: tips merebus daging agar cepat empuk

Perbedaan Gula Merah dan Gula Aren

  1. Warna gula merah lebih kemerahan sedangkan gula aren berwarna lebih pekat dan gelap

Perbedaan pertama dapat dilihat dari warnanya. Gula aren memiliki warna lebih pekat dan gelap dibandingkan dengan gula merah yang berwarna lebih kemerahan.

2. Tekstur gula merah lebih keras dibanding gula  yang mudah dihancurkan

Selanjutnya soal rasa dan tekstur antara keduanya, gula aren memiliki tekstur lebih empuk sehingga dapat membuat gula aren akan lebih mudah untuk dihaluskan daripada gula merah yang memiliki tekstur yang keras, perbedaan ini dapat kita ketahui ketika sedang memegang sisi permukaan keduanya.

Selanjutnya adalah soal rasa, gula merah memiliki rasa yang tidak terlalu manis serta aroma jauh dibawah gula aren yang aromanya lebih kuat dan pekat. Sedangkan gula aren memiliki rasa dan aroma yang lebih spesial dan unik . Aroma nira yang kuat jadi ciri khas gula aren.

3. Bahan dasar serta cara pembuatan gula merah dan gula aren hampir serupa

Gula aren adalah gula yang dibuat dari nira pohon atau enau atau biasa disebut aren asli. Dalam proses pembuatannya, gula aren biasa dicetak menggunakan batok kelapa dengan bentuk pipih dan bundar, biasanya gula ini juga mendapatkan penambahan bahan lainnya seperti gula pasir.

BACA JUGA  Resmi Sitesi Bonus 200% & 100 Bedava Dönü

Sedangkan gula merah dibuat dengan berbahan dasar nira pohon kelapa yang merupakan cairan manis yang berasal dari proses penyadapan batang tanaman pada tumbuhan jenis palem seperti, kurma, aren, sagu dan kelapa. Nira tersebut akan diolah dengan cara direbus hingga berbentuk karamel yang pada nantinya dibentuk hingga menyerupai silinder dan berbentuk seperti batok kelapa.

4. Gula merah dan gula aren memiliki kegunaan serta manfaat yang berbeda

Gula aren yang memiliki aroma cenderung pekat dan lebih kuat membuatnya kerap kali digunakan sebagai pemanis pada minuman ataupun makanan. Jika Anda pernah membeli minuman dawet atau cendol, gula aren lah yang berperan penting sebagai campurannya lantaran memiliki warna yang lebih menarik ketika disatukan dengan santan.

Sedangkan gula merah umumnya dijadikan campuran makanan-makanan tradisional antara lain seperti masakan semur, pembuatan kecap hingga gudeg. Sebab mengingat gula jawa memiliki warna serta aroma yang tak begitu kuat sehingga tak banyak memengaruhi rasa makanan.

BACA JUGA  Bola Bola Daging Sapi Yang Lezat Dan Mudah Dibuat

5. Selain gula merah dan gula aren, ada beberapa jenis gula yang harus kalian ketahui

Tak hanya ada gula aren dan gula merah, namun ternyata ada juga gula yang memiliki tampilan yang serupa. Gula-gula ini pun bahkan dinilai lebih sehat dikonsumsi jika dibandingkan dengan gula pasir. Salah satu gula tersebut adalah brown sugar yang terbuat dari batang tebu, gula ini memiliki aroma dan rasa karamel khas.

Selanjutnya ada gula palem yang merupakan gula berbahan dasar nira batang palem. Memiliki aroma yang sangat wangi serta bentuknya sendiri hampir menyerupai gula pasir namun warnanya agak kecokelatan, gula ini kerap kali digunakan untuk campuran kue tradisional bahkan kue modern.

Itulah seputar perbedaan gula merah dan gula aren yang mungkin masih sulit untuk dibedakan.Semoga setelah membaca artikel diatas, kita  bisa lebih cermat terhadap perbedaan  serta kegunaannya. Sekian dari saya semoga bermanfaat dan terimakasih.