Mutasi Rekening Bank Agar Aktivitas Perbankan Dapat Terkontrol

Bagi Anda yang baru mencoba untuk menabung di bank barangkali bingung bersama istilah-istilah perbankan. Anda berpikir menabung di bank hanya tinggal nabung dan ambil duit saja. Namun ternyata tiap tiap bank yang tersedia di Indonesia menambahkan service lebih berasal dari itu. Salah satu arti perbankan yang sering digunakan oleh nasabah adalah cek mutasi rekening bank.

Mutasi rekening bank adalah semua catatan atau riwayat transaksi yang berjalan di dalam sebuah rekening, bisa berupa aliran dana masuk maupun dana keluar. Jadi ketika Anda lakukan transaksi pengambilan duit tabungan, maka otomatis berjalan mutasi debet di rekening yang bermakna saldo tabungan Anda berkurang. Sebaliknya, terkecuali Anda menabung dan atau terima transferan duit yang masuk ke rekening Anda, maka berjalan mutasi kredit yang bermakna saldo tabungan Anda bertambah.

Dari penjelasan tadi, berikut kegunaan berasal dari mutasi rekening bank bagi para pemilik rekening bank:

Sebagai alat untuk mengontrol semua transaksi yang sudah dijalankan selama periode tertentu baik dana masuk maupun dana keluar. Semua kegiatan berikut diperoleh berasal dari mutasi rekening bank berupa sebuah laporan digital maupun cetak.


Bagi para pebisnis, mutasi rekening bank bakal terlalu menopang demi kelancaran usaha berikut sebab Anda bakal terima pembayaran melalui transaksi bank.


Dengan kegunaan tersebut, Anda jadi berpikir untuk mencoba mengetahui kegiatan apa saja yang pernah dijalankan bersama rekening milik Anda lebih dari satu saat yang lalu, bukan? Namun tetap bingung atau belum mengetahui cara untuk mengecek mutasi rekening bank milik Anda?

Saat ini cek mutasi rekening bank bisa bersama beraneka cara, diantaranya:

Teller Bank


Anda bisa langsung berkunjung ke kantor cabang bank berasal dari rekening milik Anda bersama membawa buku rekening dan kartu identitas. Setelah antre di teller silakan katakan mengidamkan cetak buku tabungan atau mutasi rekening bank. Tunggu prosesnya sampai selesai dan semua transaksi yang sudah dijalankan bakal tercantum di buku tabungan.

Mesin ATM


Jika Anda mengidamkan mengecek mutasi rekening bank melalui ATM caranya mudah. Anda hanya tinggal pergi ke ATM terdekat bersama membawa kartu ATM dan masukkan kartu ATM seperti biasa. Kemudian pilih menu mutasi rekening dan tunggu prosesnya sampai nampak struk memuat transaksi terakhir Anda.

BACA JUGA  Cara Membuat Es Kopi Susu Kekinian Sendiri di Rumah

Dalam struk berikut Anda bakal lihat kode D (Debit) yakni duit masuk dan kode K (Kredit) yakni duit keluar. Setelah selesai silakan nampak dan jangan lupa ambil kartu ATM Anda.

Namun mengecek mutasi rekening bank melalui ATM hanya bisa dijalankan untuk mengecek 5 transaksi terakhir saja, sehingga Anda tidak bisa beroleh knowledge yang lebih banyak.

SMS Banking


Anda termasuk bisa mengecek mutasi rekening bank hanya bersama SMS. Cara dan kode akses tiap bank berbeda-beda namun Anda bisa mengecek mutasi rekening bank kapan pun dan di mana pun.

Walau simpel namun pemeriksaan mutasi melalui SMS ini punya lebih dari satu kekurangan, seperti di lebih dari satu bank hanya bisa menampilkan 5 transaksi terakhir. Anda termasuk bakal dikenakan cost pulsa yang biayanya bisa berbeda tiap bank.

Aplikasi Mobile Banking
Cara yang lebih enteng adalah Anda bisa memanfaatkan aplikasi mobile banking milik bank berasal dari rekening Anda bersama mendownloadnya di Playstore bagi pengguna Android, App Store bagi pengguna iPhone, BBworld bagi pengguna Blackberry, atau Windows Phone.

Untuk caranya Anda login ke aplikasi mobile banking dan pilih menu mutasi rekening bank, Anda bisa menggunakannya melalui ponsel Anda kapan pun. Namun untuk lebih dari satu bank bakal berjalan pemotongan pulsa pada pemakaian layanan ini sebab informasi mutasi bakal masuk melalui SMS.

Internet Banking
Untuk cara cek mutasi rekening bank melalui internet banking nyaris serupa bersama mobile banking yakni bersama login dan pilih menu mutasi rekening. Berbeda bersama pemakaian mobile banking, memanfaatkan internet banking ini Anda hanya mesti memanfaatkan koneksi internet saja dan tidak bakal memotong pulsa Anda.

Internet banking bisa Anda memanfaatkan melalui smartphone yang sudah terinstal mobile banking. Atau Anda termasuk bisa mengaksesnya melalui browser di ponsel atau komputer.

BACA JUGA  Promosi Kue Buah Dimulai Dari Sekitar

Namun di dalam proses pengambilan knowledge mutasi rekening bank melalui cara-cara di atas tersedia batasan periode tertentu. Seperti terkecuali Anda cek mutasi melalui ATM dan SMS hanya bisa mengetahui 5 transaksi terakhir. Dan untuk cek mutasi melalui mobile banking dan internet banking proses pengambilan datanya hanya sampai 3 sampai 6 bulan terakhir terkait kebijakan bank.

Cek Mutasi Rekening Bank Praktis dan Cepat bersama Moota
Baik melalui ATM, m-banking, maupun internet banking, mengecek mutasi rekening bank bisa dijalankan bersama mudah. Namun tersedia cara yang jauh lebih enteng dan praktis, khususnya untuk Anda yang selanjutnya lintas transaksinya lumayan padat.

Bagi para pelaku bisnis, termasuk toko online, aliran dana nampak dan masuk berjalan bersama cepat. Bayangkan betapa repotnya terkecuali mesti bolak-balik mengecek rekening. Bahkan walaupun sudah memanfaatkan internet banking, mengecek mutasi secara manual selalu memerlukan waktu.

Jika Anda adalah pelaku usaha yang sibuk, saat ini waktunya Anda memanfaatkan Moota. Moota adalah aplikasi berbasis web site untuk lakukan cek saldo dan mutasi rekening bank secara otomatis. Aplikasi ini bisa digunakan terkecuali Anda sudah terdaftar sebagai pengguna layanan internet banking berasal dari rekening Anda.

Keuntungan memanfaatkan Moota adalah:

Keamanan terjamin sebab sudah memanfaatkan protokol https terverifikasi. Data saldo dan mutasi bakal dienkripsi dan hanya bisa diakses oleh pemilik rekening.


Pengecekan mutasi rekening bank dijalankan tiap tiap 15 menit sekali secara otomatis.
Dapat digunakan untuk lebih dari satu bank sekaligus, termasuk Bank BCA.


Bisa mengecek semua riwayat transaksi rekening tanpa dibatasi periode saat tertentu.
Mendapatkan notifikasi ketika tersedia duit masuk, baik melalui email, SMS, maupun API.


Biayanya terlalu murah, yakni Rp1.500,00/hari, berapa pun kuantitas transaksinya.
Dengan memanfaatkan Moota, Anda tidak mesti ulang sibuk lakukan cek mutasi rekening bank secara manual. Mengecek transaksi menjadi lebih mudah, cepat dan bisa menghemat banyak waktu.