Cara Membuat VCO Berkualitas Tinggi Terbaru 2021!!!

Assalamu’alaikum Wr. Wb. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang cara membuat VCO berkualitas tinggi. Pada zaman sekarang tidak semua orang tau mengenai cara membuat VCO berkualitas tinggi. Berikut cara membuat vco berkualitas tinggi. Bisa juga menggunakan mesin VCO.

Baca juga Web utama kami Rumah Mesin

Virgin Coconut Oil

Minyak virgin coconut oil merupakan minyak alami yang terbuat dari bahan baku kelapa. Virgin coconut ini biasanya digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari memasak sampai produk kecantikan. Aroma dan rasa dari minyak virgin coconut oil sangat khas sehingga banyak digemari.

Manfaat dari minyak virgin coconut oil ini bisa anda rasakan dari ujung kaki sampai kepala. Oleh karena itu minyak ini ada banyak cara mengonsumsi minyak tersebut.

Kandungan dari minyak virgin coconut oil ini kaya akan omega 3 karena dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan kinerja otak, dan dapat mencegah risiko penyakit jantung dan hati.

Selain dari itu minyak virgin coconut juga baik dalam hal menjaga kesehatan kulit. Karena dalam minyak tersebut mengandung lauric acid yang baik untuk melembapkan kulit dan memperkuat batang rambut.

Meski minyak kelapa memiliki banyak mandaat, tidak semua orang tahu cara memanfaatkan minyak tersebut dengan maksimal. Kebanyakan orang hanya tau minyak kelapa ini hanya sebagai pengganti minyak goreng saat memasak.

Cara Membuat VCO Berkualitas Tinggi

Berikut beberapa metode untuk membuat VCO yang berkualitas tinggi :

BACA JUGA  Perjalanan Historis Musik Indonesia

1. Tanpa Pemanasan

Cara membuat minyak VCO kali ini akan menghasilkan minyak yang bening ayng sering disebut sebagai virgin coconut oil. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa daging kelapa tua dan ngeikuti langkah-langkah pembuatan :

  1. Pertama-tama parut daging kelapa, beri air dan peras santannya.
  2. Setelah itu masukkan santan ke kantong plstik dan diamkan kira-kira selama 1 sampai 2 jam hingga terbentuk 2 lapisan, yaitu santan dan air.
  3. Kemudian lubangi bagian bawah plastik agar air terpisah dan terbuang.
  4. Setelah itu tuangkan santan yang sudah terpisah dari air ke dalam wadah plastik, lalu tutup rapat dan simpan di suhu ruangan yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam.
  5. Kemudian akan terbentuk 3 lapisan, yaitu minyak kelapa, santan, dan air.
  6. Setelah itu pindahkan minyak untuk ditungakan ke dalam wadah yang sudah dilapisi dengan kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.

Bisa juga memasukkan wadah ke dalam kulkas sehingga bagian atas dari lapisan ketiga akan mengeras. Setelah itu ambil bagian yang mengeras yang merupakan minyak, lalu ulangi langkah dengan tisu atau kai bersih tersebut.

2. Menggunakan Pemanasan

Kemudian dengan cara memanaskan santan kelapa. Berikut cara melakukannya :

  1. Pertama-tama parut daging kelapa, beri air dan peras santannya.
  2. Setelah itu masak dan diamkan kira-kira selama 1 sampai 2 jam aduk terus-menerus agar tidak hangus.
  3. Jika santan sudah berubah menjadi kecokelatan dan lebih kental, minyak kelapa akan mulai muncul di atsa santan tersebut.
  4. Kemudian matikan api dan diamkan dalam suhu ruangan.
  5. Jika sudah tidak panas, sendokin minyak untuk dituangkan ke dalam wadah yang sudah dilapisi kain bersih tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.
BACA JUGA  4 Pendiri Stratup Indonesia Yang Meraih Sukses

3. Metode Fermentasi

Kemudian dengan cara fermentsi bisa dimulai dari menyiapkan krim santan di dalam toples. Setelah itu tambahkan ragi roti kira-kira sebanyak  1/4 sendok teh.

Kemudian aduk campuran tersbeut, lalu tutuplas toples tersebut. Setelah itu biarkan campuran tersebut kira-kira 24 jam. Dan akan terbentuk 3 lapisan yaitu, lapisan atas atau minyak, blondo, dan lapisan bawah atau air.

4. Metode Pemancingan

Kemudian dengan cara metode pancingan, metode ini menggunakan minyak VCO yang sudah jadi sebagai pancingan. Langkahnya dengan cara siapakan krim dan masukkan ke dalam toples kemudian tambahkan 1 sampai 2 sendok makan VCO dan aduk sampai rata.

Kemudian tutuplah toples dan tunggu kira-kira 24 jam. Dan akan terbentuk 3 lapisan yaitu, lapisan atas atau minyak, blondo, dan lapisan bawah atau air.

Baca juga : Berikut ini Resep Tahu Tempe Santan Kuning Enak dan Lezat

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara membuat vco berkualitas tinggi bermanfaat. Selamat mencoba…

Terima kasih:)