Melatih Otak Supaya Makin Encer

Bagaimana cara efektif melatih otak yang bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa perlu keluar biaya? Adakah cara yang seperti itu? Iya, jawabannya adalah ada.

Otak memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Sebagaimana dengan organ-organ tubuh lainnya. Jika jantung memegang peranan memompa darah ke seluruh tubuh, paru-paru berperan mengelola pernafasan, dan lambung bekerja membantu proses pencernaan, maka otak memegang peranan dalam mengelola informasi yang datang.

Dan supaya otak dapat bekerja dengan lebih optimal, ada baiknya otak dilatih dengan beberapa cara berikut ini:

Memainkan Permainan Strategi

Cara pertama yang patut dicoba adalah dengan memainkan permainan strategi. Salah satu contohnya adalah bermain catur. Bermain catur menuntut kita untuk awas terhadap segala gerakan musuh. Di sanalah kita harus selalu mampu menyesuaikan strategi baik untuk menyerang atau untuk bertahan. Permainan ini mudah sekali untuk dimainkan terlebih dengan adanya smartphone yang membuat kita dapat bermain melawan komputer jika seandainya tidak ada teman yang bisa diajak.

BACA JUGA  5 Aplikasi Mengerjakan Soal Bahasa Inggris Gratis

Selain bermain catur, memainkan gim strategi juga bisa dicoba. Permainan seperti Civilization dan Football Manager bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dimainkan. Kedua permainan tersebut bisa membantu mengasah kemampuan kita dalam berstrategi.

Belajar Skill Baru

Kegiatan lain yang bisa dicoba juga adalah mempelajari kemampuan baru. Mempelajari skill baru dapat membantu kita mengasah kemampuan otak. Usahakan untuk mempelajari skill yang belum dikuasai misalnya jika belum bisa berenang belajarlah berenang. Belajar desain juga bisa dicoba. Atau boleh juga belajar mengedit video. Selain membantu mengasah otak, kita juga dapat meningkatkan kualitas diri kita dengan banyak skill baru.

Konsumsi Makanan dan Minuman yang Baik

Selain melatih otak dengan hal-hal menantang, perhatikan juga kebutuhan energi yang diperlukan otak. Makan dan minumlah hal-hal yang baik baginya. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran dan jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan protein, lemak, serta kebutuhan lainnya.

BACA JUGA  IELTS Writing Test - Kerjakan Tugas 2 Terlebih Dahulu

Hindari Hal-hal Buruk

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah untuk menghindari hal-hal yang berpotensi merugikan otak serta tubuh kita. Misalnya adalah dengan sering begadang padahal tidak perlu. Kurang olahraga juga dapat merugikan tubuh kita. Terlalu lama menatap layar laptop juga bisa menjadi hal yang kurang baik.

Demikian beberapa hal yang bisa dicoba untuk meningkatkan kemampuan otak. Selamat mencoba!