Langkah dan Cara Membuat Kata Kunci SEO On Page

Langkah dan Cara Membuat Kata Kunci SEO On Page

Selain mudah dibaca, SEO on page juga dapat membuat blog atau website kita berada di urutan paling atas di mesin pencarian yang bagian dari digital agency jakarta. Nah, lantas seperti apa langkah dan cara membuat kata kunci SEO on page yang bisa kita lakukan ?

Mari langsung kita simak!

1. Manfaatkan Permalink
Langkah pertama adalah memanfaatkan permalink. Karena permalink bisa jadi salah satu indikator untuk SEO. Permalink juga akan memudahkan mesin pencari untuk mengenali topik konten kita. Bagaimana permalink berkaitan dengan SEO? Dilansir dari AIOSEO, keberadaan permalink akan memperkuat SEO dalam konten di blog. Dengan adanya permalink, konten blog kamu akan semakin solid dan bisa masuk dalam jajaran terdepan di mesin pencarian.

2. Membuat Judul yang Menarik
Dalam tips dan cara membuat kata kunci SEO on page, judul yang menarik pada konten berperan penting Pasalnya, ketika kamu mencari di mesin pencarian, yang digunakan adalah kata kunci saat mencari. Kemudian, hasil yang muncul dalam mesin pencarian adalah judul dan beberapa kalimat dalam konten. Nah, agar blog atau website kamu yang dipilih users untuk diketuk, tentu saja harus memiliki judul yang menarik. Namun, kamu jangan lupa, membuat judul yang menarik tidak harus berlebihan. Buat judul yang menarik, tanpa mengabaikan aspek-aspek kejujuran.

3. Tambahkan dan Optimasi Gambar
Tips dan cara membuat kata kunci SEO on page selanjutnya adalah menambahkan gambar kemudian optimasi gambar yang ditambahkan. Karena konten yang hanya berisi teks, pasti akan membosankan. Konten tanpa visual akan melelahkan untuk dibaca, maka dari itu, salah satu tips yang perlu kamu perhatikan adalah dengan menambahkan gambar itu sendiri. Agar gambar semakin optimal, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Pertama ukuran gambar, kualitas gambar dan juga memberikan nama gambar sesuai dengan fokus kata kunci yang digunakan. Hal ini akan otomatis membuat traffic dan ranking blog kita meningkat.

BACA JUGA  Cara Memilih Cincin Kawin untuk Pria

4. Manfaatkan Heading dan Subheading
Heading dan subheading akan memudahkan setiap users membaca konten yang kamu buat. Dengan adanya heading dan subheading, dapat membuat membuat konten semakin terstruktur. Heading dan subheading akan membuat mesin pencarian sangat mudah membaca konten kamu. Karena konten kamu sangat mudah bagi mesin pencarian, maka mesin pencarian akan merekomendasikan blog kamu kepada users.

5. Masukkan Kata Kunci di Pembukaan Konten
Bagi setiap penulis konten yang berbasis SEO, memasukan kata kunci di pembukaan kalimat sangat penting, terlebih lagi di dalam 100 kalimat pertama. Namun kendalanya, tidak sebuah kata kunci cocok atau enak diletakkan di awal, jika kondisinya demikian, maka kamu tidak perlu memaksakannya. Tapi kamu wajib sekali membuat kalimat pembukaan yang menarik. Dengan begitu perhatian pembaca akan masuk dalam konten kamu dan ketertarikan terhadap konten kamu akan membuat waktu kunjungan users meningkat.

6. Manfaatkan Outbound Link
Tips dan cara membuat kata kunci SEO on page adalah dengan memanfaatkan outbound link. Sama seperti permanen link, outbound link adalah blog atau website lain yang dimasukkan (insert) dalam blog kita. Tujuannya agar membuat SEO di blog kita semakin kuat dan juga membuat blog kita semakin ramah untuk dikunjungi para users. Bukan hanya untuk tujuan tersebut, outbound link juga bertujuan untuk menunjang konten yang kita buat menggunakan sumber yang kredibel.

7. Optimalkan Internal Link
Masih seputar link, setelah permalink dan outbound link, internal link juga tidak boleh dilupakan. Untuk semakin membuat SEO pada konten yang kamu buat semakin kuat. Internal link sangat diperlukan. Internal link sendiri merupakan link yang berasal dari blog kita dengan konten yang berbeda namun masih berkaitan, mulai dari topik yang berkaitan, atau aspek lainnya. Internal link juga dapat membuat mesin pencarian dapat memahami dengan mudah hubungan antara halaman yang ada di dalam konten. Dengan begitu, konten kamu akan masuk dalam jajaran pertama di mesin pencarian.

BACA JUGA  Dijamin Enak, Resep Bumbu Bakmi Goreng Jawa Spesial

8. Jumlah Kata dalam Konten
Tips dan cara membuat kata kunci SEO on page yang tidak bisa kamu abaikan adalah dengan mempehatikan jumlah kata konten, atau panjang pendeknya konten yang kamu buat. Karena panjang pendeknya konten yang kamu buat akan mempengaruhi SEO on page. Setiap kata kunci memiliki kebutuhan jumlah kata yang berbeda. Mulai dari 800 kata hingga 1000 atau 2000 kata. Perhatikan juga blog atau website kompetitor. Persaingan akan ditentukan dengan seberapa banyak jumlah kata dan heading juga subheading. SEO on page yang akan memegang peran penting.

9. Tingkatkan Kecepatan Blog
Jika users mengunjungi blog kamu dan memiliki loading yang lamat, hal tersebut akan membuat users mengalami pengalaman yang tidak mengenakan, dan membuat kualitas blog kamu semakin menurun. Oleh karena itu, untuk meningkatkan performa SEO on page yang kamu terapkan, maka secara otomatis blog kamu pun harus ditingkatkan pula kecepatannya.


10. Lengkapi dengan Fitur Share
Agar blog kamu semakin meningkat traffic dan ranking di mesin pencarian, kamu harus lebih sering membagikan atau share konten kamu. Dalam hal ini, media sosial yang dibutuhkan. Maka dari itu, di setiap konten yang kamu buat, usahakan untuk melengkapinya dengan fitur share media sosial. Mulai dari facebook, instagram atau media sosial lainnya. Dengan begitu, blog kamu akan semakin meningkat. Ditambah lagi, usaha dalam memaksimalkan cara membuat kata kunci SEO on page tidak akan berakhir sia-sia.

Itulah tadi beberapa langkah dan cara membuat kata kunci SEO on page. Informasi dan tips di atas bisa jadi landasan kamu untuk meningkatkan blog dan website yang kamu miliki. Selamat mencoba!