Grup Musik Download

Download adalah grup musik elektronik Kanada yang dibentuk oleh Dwayne Goettel dan cEvin Key. Lineup awal juga termasuk Phil Western, dan Mark Spybey.

Sejarah singkat berdirinya grup musik Download

Key dan Dwayne Goettel mulai membentuk grup ini pada tahun 1994 sebagai proyek sampingan dari Skinny Puppy yang saat itu menuju bubar. Mereka merekrut Western dari group musik Off & Gone, dan Mark Spybey dari grup musik Dead Voices on Air ke dalam grup ini.

 Semenjak itu grup ini berjalan dengan sangat lancer. Pada akhirnya setelah kematian Goettel pada tahun 1995, maka Key dan Western yang tadinya hanya pemain tambahan akhirnya menjadi  anggota tetap.

Sepeninggal Goettel,  maka Skinny Puppy juga otomatis menjadi tidak aktif. Tetapi Download  terus berlanjut. Grup music itu bisa dibilang lebih ekspansif dan eksperimental daripada Skinny Puppy, tetapi tetap masih termasuk dalam genre industri.

Aliran Musik Download

Aliran musik Download telah digambarkan sebagai post-industrial, diambil dari asal-usul band sebagai bagian dari  Skinny Puppy tetapi juga berbagi kesamaan gaya dengan artis seperti Aphex Twin dan Autechre. Instrumentasi utama yang umum di seluruh album mereka adalah campuran synthesizer dan instrumen sampel;

Musiknya secara khusus berpusat pada elemen perkusi dan ritme. Artis lain yang telah terlibat adalah Genesis P. Orridge, Anthony Valcic, Bill Van Rooy, dan Ken Marshall. Rilisan sebelumnya sering kali menyertakan elemen vokal dan lirik, tetapi sejak album III, musik mereka lebih kental instrumentalnya.

Dan begitu juga Plateau. Dengan tur bersama sebagai bagian dari Subconcious Communications ‘Beyond Fest, mereka yang tidak berpengalaman mungkin bertanya-tanya apa yang membedakan satu sama lain.

Sejarah lahirnya Plateau dari Download

Setelah tur Download pada tahun 1996, Key dan Western memutuskan menyalurkan sebagian sisa energi mereka ke arah music yang baru. “Saat kami keluar dari panggung  kami menyetel sebuah musik yang lembut, yang tidak terlalu kasar,” kata Key. Akhirnya mereka memutuskan untuk membuat perubahan pada aliran musik mereka.

 “Itu pasti gaya yang berbeda. Dan begitulah awal Plateau lahir, kami ingin membuat musik yang lebih lembut.  Sekalipun tidak begitu lembut, tetapi lebih minimalis — tidak terlalu gila.

 Jadi ketika kami kembali, kami mulai membuat musik yang kami pikir akan cocok untuk diputar di kedai kopi dan sebagainya. ”

Key mengakui, bahwa memiliki dua proyek yang telah berkembang, gaya mereka menjadi lebih sulit untuk dibedakan.  Sebab dua grup ini memiliki aliran musik yang berbeda.  

Lagu Helikopternya Download dan Spasi Gortnya Plateau menampilkan dentuman khas. Sering kali ketukan yang bisa menari, menambatkan lingkaran abstrak penyintesis yang berdengung, berkilau, dan berosilasi dengan cara yang benar-benar tak terduga. “Dua-duanya memiliki semacam penggabungan silang, dan karena itu adalah dua orang yang sama, kami masuk ke alam yang sama,” kata Key.

“Citra Plateau, bagi kami, selalu merupakan band yang bermain di kafe selama episode Star Wars.” ¦jika cocok dengan itu, maka Plateau. Jika tidak cocok dengan itu, maka itu Download. ”

Selalu ada getaran fiksi ilmiah dalam rekaman Plateau, dan judulnya sebenarnya mengacu pada apa yang disebut Key sebagai “alien klasik” dari film klasik The Day the Earth Stood Still tahun 1951. Skor Bernard Herrmann untuk perumpamaan tentang paranoia Perang Dingin menggunakan theremin secara ekstensif, yang juga muncul di cakram Plateau, terutama di lagu pembuka, “Gort”.

Siapapun diharapkan menghadiri acara Beyond Fest Vancouver yang menampilkan penampilan mereka. Tidak usah memikirkan pakaian yang sesuai. Apa pun yang Anda kenakan, Key berjanji  akan disuguhi paket Download  dan Plateau bersama selama dua jam, dengan sobat lama mereka Spybey selama pertunjukan.

BACA JUGA  Tips Memilih Oven Roti Bagi Pebisnis Pemula