Diet Usia 40 Tahun. Rekomendasi Diet Terbaik Nyaman & Sehat

AgenAsli.Com – Masuk umur 40 tahun akan membuat wanita susah turunkan berat tubuh. Karena, kapasitas badan, contohnya proses metabolisme, mulai alami penurunan.

Seperti dikutip Prevention, wanita pada saat perimenopause atau menopause akan alami penurunan level estrogen. Mulai umur 40 tahun, hormon estrogen juga jadi peka hingga menyebabkan badan susah mengatur kandungan gula dalam darah.

Caroline Cederquist MD, seorang pakar bedah bariatrik bersertifikat serta pendiri service pengiriman makanan BistroMD, menjelaskan jika saat kandungan gula darah naik serta turun, kemauan untuk konsumsi camilan yang tidak sehat akan bertambah. Meskipun begitu, masih ada beberapa langkah yang dapat dikerjakan untuk turunkan berat tubuh di umur 40-an.

  1. Tentukan fakta kenapa Anda harus turunkan berat tubuh
    Tanpa ada motivasi yang kuat, semua usaha akan berasa berat. Anda harus punya kesadaran mental yang membuat Anda siap untuk beralih.

“Bila Anda tidak terjebak dengan mental, itu tidak sukses,” kata Pamela Peeke MD, penulis The Hunger Final.

  1. Pelajari skema mengonsumsi
    Dr Cederquist menjelaskan, penetapan karbohidrat olahan serta makanan olahan bisa menolong melawan resistensi insulin yang terkait dengan umur serta tingkatkan kandungan gula darah yang konstan. Makanlah makin banyak protein.
  2. Kurangi bagian makan
    Konsumsi makin banyak protein tanpa ada kurangi porsinya, tidak akan menolong membuat berat tubuh turun. Ahli nutrisi Frances Largeman-Roth merekomendasikan supaya wanita yang umumnya konsumsi 2.000 kalori /hari harus berupaya kurangi jadi 1.500–1.600 /hari.
  3. Coba kerjakan puasa intermiten
    Triknya adalah dengan batasi makan cuma 8 jam serta puasa sepanjang 16 jam. Riset sudah tunjukkan jika puasa intermiten bukan sekedar berguna buat penurunan berat tubuh, tapi dapat menolong Anda mengatur pradiabetes serta diabetes.
  4. Bagilah waktu makan makin banyak
    Penambahan resistensi insulin kemungkinan membuat Anda merasakan lebih lapar. Membagi makanan Anda jadi 3x makan memiliki ukuran sedang serta satu atau dua cemilan kecil akan jaga kandungan gula darah Anda masih konstan waktu menantang kemauan untuk makan cemilan.
  5. Jauhkan cemilan
    Sebaiknya anda cuma konsumsi cemilan cuma saat tidak dapat dihindarkan. Pokoknya, masih buat jadi cemilan dalam posisi paling akhir daftar makanan Anda.
  6. Jauhi alkohol
    Ketahuilah jika alkohol dipandang seperti minuman yang bisa mengganggu penurunan berat tubuh.
  7. Olahraga
    Mengubah skema makan tetapi tidak olahraga ialah langkah percuma untuk turunkan pada umur 40. Minimal, lakukan olahraga sekitar 4x dalam satu pekan.
  8. Bergeraklah makin banyak
    Tidak hanya olahraga, Anda dapat juga membakar kalori dengan bersepeda atau berjalan kaki di luar rumah.
  9. Jauhi makanan penyebab
    Apa mengonsumsi satu kotak cokelat membuat Anda ingin mengonsumsi cokelat lebih banyak? Jika iya, jauhi mengkonsumsinya.
BACA JUGA  Cara Membuat Briket dari Sekam Padi

Ingat-ingatlah jika taktik penurunan berat tubuh yang paling sukses buat Anda bisa tidak selama-lamanya efisien. Bila perkembangan Anda mulai berhenti, pikirkan untuk mengubah sisi dari diet atau gagasan kesehatan Anda.

Baca Juga : Rekomendasi Diet Untuk Ibu Hamil & Busui

“Saya temukan jika untuk wanita di atas 40 tahun, terhitung saya sendiri, penting untuk memandang apa yang kita kerjakan tiap tahun,” kata Largeman-Roth.

Panduan Praktis untuk Turunkan Berat Tubuh

Liputan6.com, Jakarta – Ada beberapa langkah untuk turunkan berat tubuh. Awalnya, sebaiknya Anda ketahui jika keperluan kalori baik setiap orang optimal ialah 2.000 kkal tiap hari.

Jika terlalu berlebih, tentu saja akan disimpan jadi lemak serta menyebabkan obesitas dan penyakit. Karena itu, tidak ada kelirunya kurangi 100 kalori saja /hari

Ini sebetulnya bukan hal yang susah. Tetapi terus-terusan ada fakta satu orang susah kurangi berat tubuh, seperti tidak memiliki waktu pergi ke gym atau olahraga. Lakukan diet serta konsumsi makanan sehat memanglah bagus, tap hanya itu belum cukup.

BACA JUGA  Mengenali Gamelan, Instrument Peninggalan Budaya yang Berada di Sunda, Jawa dan Bali

Latihan fisik dengan bergerak sebenarnya lebih gampang kurangi kalori. Dikutip dari Pink Villa, ada cara-cara praktis serta simpel untuk dapat turunkan berat tubuh. Apa sajakah?

  1. Ajak Jalan Hewan Peliharaan

Dalam beberapa riset, pemilik hewan peliharaan, khususnya pemilik anjing, lebih sehat sebab ia seringkali ajak anjingnya jalan-jalan. Bila Anda berjalan 4 mil /jam, Anda akan membakar seputar 100 kalori dalam tempo seputar 18 menit.

  1. Naik Tangga

Naik tangga dibanding lift serta eskalator salah satu langkah paling mudah untuk membakar kalori. Seputar 15 menit latihan naik tangga akan menolong Anda hilangkan 100 kalori.

  1. Lompat Tali

Melonjak tali atau skipping ialah latihan yang benar-benar gampang, murah, serta tidak ribet. Anda perlu tali, ruangan terbuka, serta seputar 10 menit untuk hilangkan kalori tambahan yang dapat turunkan berat tubuh.

Menari atau zumba ialah langkah lain yang gampang serta menyenangkan untuk hilangkan lemak tambahan. 15-20 menit tarian intensif tinggi akan meningkatkan metabolisme serta membakar kalori.

Anda dapat masuk dengan kelas menari zumba supaya lebih semangat untuk membakar kalori.

  1. Kerjakan Olahraga Favorite

Hal apa saja yang kita sukai,maka gampang untuk dikerjakan. Begitupun dengan berolahraga. Misalnya badminton, tenis, squash, bola voli serta bersepeda dapat jadi latihan kardio yang intensif serta membakar banyak kalori.

Beberapa waktu saja olahraga akan membakar 100 kalori dengan gampang. Jadi, jangan ada fakta tidak untuk olahraga dengan teratur.