Cara Transfer Uang Lewat ATM

Salah satu layanan perbankan yang sangat kerap dicoba merupakan transfer. Mulai dari transfer duit ke sesama bank sampai transfer duit ke beda bank. Dengan kemajuan teknologi perbankan saat ini, transfer duit melalui mesin ATM( Anjungan Tunai Mandiri) jadi sangat gampang, instan, kilat serta nyaman dicoba.

Mengerti kah Kamu, Indonesia mempunyai sebanyak 115 Bank Universal, serta 1. 621 Bank Perkreditan Rakyat( BPR) per Oktober 2017 bersumber pada informasi OJK. Kemudian, buat mesin ATM sendiri, informasi Bank Indonesia per November 2017 mencatat 106. 328 mesin ATM tersebar.

Cara mudah transfer uang melalui mesin ATM itu gampang dicoba, namun untuk sebagian orang yang baru memahami serta memakai sarana bank, perihal ini dapat jadi membingungkan. Oleh karena itu, berikut pembahasan ringan panduan buat Kamu tentang metode transfer duit melalui ATM yang benar serta nyaman supaya Kamu tidak kandas ataupun salah melaksanakan transfer.

Panduan ini dapat diterapkan buat seluruh ATM. Supaya lebih jelas, bagaikan contoh, Kamu baru saja mempunyai rekening tabungan Bank BRI, kemudian Kamu hendak melaksanakan transfer dana ke sesama bank BRI serta beda Bank BRI, berikut langkah- langkah metode transfer duit sesama bank BRI serta beda bank.

Langkah- langkah Transfer Duit di ATM

Masukkan Kartu ATM( misalkan ATM BRI) ke slot kartu mesin ATM

Yakinkan dikala memasukkan kartu ATM, posisi kartu benar serta tidak terbalik. Posisi benar dengan bagian atas kartu tertera nama supaya kartu terbaca di mesin ATM. Jauhi Modus Pencurian dana nasabah( skimming) lewat perlengkapan perekam informasi di ujung slot kartu. Triknya, yakinkan tidak terdapat yang mencurigakan di slot mesin ATM, tidak terdapat ganjalan ataupun bonus perlengkapan yang membatasi kartu ATM masuk

Seleksi Tipe Bahasa: Seleksi Bahasa Indonesia

Masukkan No PIN ATM

Senantiasa jaga keamanan PIN. Yakinkan dikala mengetikkan no PIN, tutup tombol dengan tangan. Usahakan buat mengubah PIN ATM secara berkala serta jangan sempat membagikan PIN ATM Kamu kepada orang lain. Ingat, pihak bank tidak sempat memohon no PIN Kamu secara langsung.

Seleksi Tipe Transaksi: Seleksi Transfer

Seleksi Bank Tujuan Transfer

Seleksi Bank( misal seleksi BRI buat transfer duit ke sesama rekening BRI)

Masukkan no rekening BRI tujuan transfer Kamu. Kemudian seleksi BENAR.

Seleksi Bank Lain( buat transfer duit ke Rekening Bank Lain tidak hanya BRI)

Masukkan kode bank serta no rekening tujuan( Bank Lain):

Seleksi kode bank tujuan transfer yang di idamkan. Bila telah ketemu, seleksi‘ Lanjutkan’. Kemudian, masukkan kode bank serta no rekening tujuan( bank lain).

Seleksi‘ BENAR” buat proses berikutnya.

Di layar ATM hendak timbul: Masukkan no rujukan( kosongkan apabila tidak terdapat).

Ketik kembali: Kode bank serta no rekening tujuan( Bank Lain)

Lanjut seleksi BENAR buat proses selanjutnya

Masukkan Jumlah Transfer

Cek kembali jumlah duit yang hendak Kamu transfer. Yakinkan nominal angkanya telah benar. Kemudian seleksi BENAR buat proses berikutnya.

Transaksi hendak di proses serta dalam hitungan detik, layar ATM menampilkan Informasi Tujuan Transfer yang berbentuk penjelasan Bank, nama, no rekening tujuan, serta jumlah duit transferan.

Seleksi Proses transfer:

Seleksi Ya( Bila seluruhnya telah benar) Seleksi Tidak:( Bila terdapat yang salah)

Menunggu konfirmasi berikutnya.

Kemudian timbul penjelasan: Transaksi Kamu sukses dilaksanakan. Terdapat opsi Transaksi Lagi?

Seleksi TIDAK bila telah berakhir. Kamu hendak menerima stuk transfer.

Seleksi YA bila mau transfer lagi ke rekening yang lain.

Berakhir Transaksi, kartu ATM hendak keluar dari mesin ATM.

Yakinkan senantiasa Kamu mengambilnya kembali saat sebelum Kamu meninggalkan posisi ATM.

Langkah- langkah transfer duit dari ATM BRI ini pula berlaku sama buat ATM bank yang lain. Metode transfer duit melalui ATM sesama rekening maupun transfer ke Bank Lain itu gampang, pembedanya cuma terdapat pada langkah no 5. Yakinkan Kamu memasukkan dengan benar kode bank lain serta no rekening bank lain saat sebelum mengarah ke proses berikutnya.

Catatan: Bila Kamu ragu serta misalnya melaksanakan kesalahan dikala memasukkan no rekening ataupun jumlah transferan, Kamu tidak butuh panik. Ingat, lumayan klik SALAH serta Kamu dapat mengulang kembali ke langkah no 3 buat menginput kembali informasi transaksi yang benar. Ataupun, tekan CANCEL guna membatalkan transaksi, otomatis transaksi hendak dibatalkan kartu ATM hendak keluar dari mesin ATM.

Senantiasa Berjaga- jaga Kala Transaksi

Meski transfer duit melalui ATM itu nyaman, Kamu senantiasa wajib berjaga- jaga kala bertransaksi memakai mesin ATM karena terdapat banyak modus penipuan yang tersebar serta merugikan Kamu. Oleh karena itu, yakinkan tidak terdapat perlengkapan ataupun perihal mencurigakan yang lain yang terpasang ataupun terletak di mesin ATM, serta jangan kurang ingat buat secara tertib mencek saldo dari transaksi yang sudah Kamu jalani.

BACA JUGA  Tempat Pembuatan Goodie Bag di Bandung Terpercaya