7 Cara Merawat Tanaman Tomat Agar Berbuah Lebat

Tanaman Tomat

Cara merawat tanaman tomat agar berbuah lebat berikut ini penting bagi Anda yang membudidayakan tomat dan ingin membuat tomatnya lebih lebat.

Siapapun pasti mengenal buah yang satu ini karena sangat mudah dijumpai disekitar kita. Buah tomat biasanya digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan olahan, saus, jus, atau untuk dimakan langsung.

Tomat menjadi salah satu buah sayur-sayuran yang sering dibudidayakan karena penanaman dan perawatannya yang mudah. Dengan menanamnya sendiri di rumah, tentu Anda dapat memastikan buah tomat terhindar dari penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam budidaya tomat, diantara yaitu bagaimana cara merawat tanaman tomat agar memiliki buah yang lebat. Simak informasi berikut ini!

1. Atur Jarak Tanam

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah mengatur jarak tanam. Jika Anda menanamnya terlalu rapat, maka pertumbuhan dan perkembangan tanaman tomat tidak bisa maksimal.

Mengatur jarak tanam tomat bertujuan agar akar tanaman tomat bisa tumbuh dengan leluasa sehingga penyerapan nutrisi dalam tanah tidak terhambat. Tentunya hama dan penyakit pun tidak mudah muncul saat tomat mulai tumbuh.

2. Atur Pencahayaan | Cara Merawat Tanaman Tomat Agar Berbuah Lebat

Untuk mendapatkan tanaman tomat dengan buah yang lebat, Anda harus memastikan tanaman tomat mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Seperti yang kita ketahui, sinar matahari bermanfaat bagi tumbuhan dalam proses fotosintesis. Sinar Matahari berfungsi untuk membantu proses pembentukkan gula (glukosa) dan membentuk senyawa organik lainnya yang akan diubah menjadi protein dan lemak pada tumbuhan.

BACA JUGA  7 Mall Keren di Jakarta Selatan Untuk Hangout Akhir Pekan

Senyawa itu kemudian akan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan untuk menyimpan cadangan makanan, bernafas dan berkembangbiak. Dalam hal ini, cadangan makanan pada tanaman tomat adalah buah.

Sinar matahari sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman, terutama untuk menghasilkan buah tomat yang merah dan lebat.

Baca Juga : Cara Memilih Cabe yang Baik

3. Siram Secara Rutin

Cara merawat tomat selanjutnya yang tak boleh Anda dilupakan yaitu menyiramnya secara rutin. Jika tidak disiram sesuai jadwal, ujung tanaman tomat akan membusuk, pecah, dan retak akibat kekurangan kalsium.

Pastikan media tanam tomat tetap lembab dengan menyiramnya setiap hari. Saat cuaca panas, Anda bisa memberi lebih banyak air. Namun, jangan menyiramnya secara berlebihan. Hal itu akan berakibat batang tomat menjadi busuk dan mati.

Saat buah tomat mulai masak, Anda bisa mengurangi jumlah airnya agar buah tomat yang dihasilkan lebih lezat.

4. Beri Pupuk | Cara Merawat Tanaman Tomat Agar Berbuah Lebat

Tanaman tomat membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. Anda dapat memberi pupuk kompos, maupun pupuk organik lain seperti kotoran hewan.

Penggunaan pupuk organik ini nantinya akan mempengaruhi hasil buah tomat hingga dihasilkan buah yang segar dan lebih alami.

5. Penyiangan

Pastikan tanaman tomat terhindar dari gulma atau rumput-rumput liar yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman tomat. Hal ini bertujuan agar nutrisi dapat terserap dengan baik oleh tanaman tomat sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

BACA JUGA  Apakah Sudah Subsidi Solar Berpihak pada Nelayan Kecil dan Tradisional?

6. Potong Daun Tua | Cara Merawat Tanaman Tomat Agar Berbuah Lebat

Cara lain dalam merawat tanaman tomat adalah dengan memperhatikan kondisi daunnya. Saat pohon tomat tingginya sekitar 1 m, potong daun bagian bawah yang sudah tua. Jika tidak dibersihkan, tanaman tomat dapat terinfeksi jamur.

Selama masa pertumbuhan tanaman tomat, daun tua mendapat sedikit sinar matahari dan air karena berada di bagian paling bawah sehingga patogen mudah menempel. Alhasil, daun tua menjadi tempat pertama tumbuhnya jamur. Selain memotong daun tua, penyemprotan kompos teh juga dapat mencegah infeksi jamur.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih

7. Perkuat Batang Tomat

Perkuat batang tomat agar nantinya tanaman tomat bisa menopang buah yang banyak. Untuk memperkuat batang tomat, Anda bisa melakukannya dengan mengarahkan angin pada tanaman tomat. Hal ini dilakukan untuk melatih batang tomat agar lebih kuat.

Untuk tanaman tomat dalam ruangan, anda bisa mengarahkan kipas angin selama kurang lebih 10 menit sebanyak 2 kali sehari. Seiring berjalannya waktu, batang tomat akan tumbuh kuat sehingga bisa menopang buah yang banyak.

Mudah bukan? Yuk langsung saja praktekkan cara ini agar tanaman tomat Anda bisa menghasilkan buah yang lebat!