Cara Membuat Tepung Dari Singkong Praktis Sekali

Hai teman Teman kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Tepung Dari Singkong Praktis Sekali

kalian pasti ingin membuat tepung dari singkong bukan? membuat tepung dari singkong tidak lah susah cukup lihat cara cara dibawah ini penasaran bukan simak beirkut ini yaa…

Cara Membuat Tepung Dari Singkong Praktis Sekali

cara-membuat-tepung-dari-singkong

1. Pilihlah umbi singkong yang baik yang manis serta tidak terlalu tua supaya kadar pati tinggi.

2. Umbi singkong dikupas serta dicuci bersih.

3. Parut singkong hingga halus.

3. Tambahkan air  perbandingannya 1: 2.

4. Aduk supaya lebih banyak pati yang dilepaskan dari sel umbi.

5. Ayak adonan kanji ataupun peras menggunakan kain saring seperti kelapa.

6. Biarkan suspensi pati mengendap di wadah selama kurang lebih 12 jam. Pati mengendap bagaikan pasta.

7. Buang cairan di atas endapan serta keringkan pasta pada tampah.

8. Produk yang telah kering akan berbunyi ketika ditekan. Hasil pengeringan ini dibilang tepung tapioka kasar.

9. Untuk membuat tapioka halus, potong tapioka kasar hingga halus. Tapioka dikemas rapat ke kantong plastik ataupun kaleng supaya tahan lebih lama.

Jika kalian ingin Membeli Mesin Hammer Mill Bisa Cek Di Sini : Mesin Hammer Mill

Jenis jenis Singkong Yang Di Gunakan Untuk Membuat Tepung

cara-membuat-tepung-dari-singkong
cara-membuat-tepung-dari-singkong

1. Singkong Gajah

Jenis singkong yang dianggap istimewa ini pada awalnya ditanam  Kalimantan Timur. sebab, singkong gajah ini dapat menghasilkan panenan melimpah dengan berat yang mencapai 50 kg.

Hal ini tentunya begitu berbeda dengan tanaman singkong yang normalnya hanya menghasilkan 5-8 kg. Singkong ini begitu bermanfaat bagi petani sebab bisa memenuhi kebutuhan industri tepung serta juga industri bioetanol. Ciri-ciri tanaman ubi gajah ini ialah batangnya berwarna ungu kemerahan serta daun muda dengan daun yang lebih besar serta lebar dari tanaman ubi kayu pada umumnya. 3-4 bulan batang utama dapat memiliki tiga cabang.

2. Singkong Mukibat

Nama Singkong kayu Mukibat didapat dari nama seorang petani bernama Mukibat. Pada kisaran tahun 1903-1966 mukibat singkong dibudidayakan oleh Bapak Mukibat yang memiliki asal dari Ngadiwulih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.Ubi kayu mukibat adalah hasil olahan ubi kayu serta getah ubi kayu  yang berasal dari batang bawah. Singkong ini memiliki ukuran 3 sampai 6 kali lebih besar daripada singkong biasa. Rasa mukibat singkong cenderung pahit serta kandungan pati biasanya digunakan untuk bieotanol.

3. Singkong Manggu

Singkong Manggu adalah jenis singkong yang biasa kita temukan dalam pasaran serta banyak dikonsumsi oleh masyarakat dari Indonesia.  ini Jawa Barat adalah asal dari singkong yang satu ini serta dapat dibuat jadi berbagai macam makanan layaknya gorengan, singkong rebus, lakban, getuk, keripik singkong, serta singkong bakar. manggu merupakan daging yang enak sebab mengandung pati yang tinggi.  ini paling gampang ditanam, mudah dikupas, cepat dipanen, serta bertekstur lembut.  manggu biasanya berdiameter 4 hingga 5 cm dan satu pohon dapat menghasilkan maksimal 10 kilogram.

4. Singkong Emas

Meski namanya Singkong emas, bukan berarti ubi ini memiliki warna keemasan. Dinamakan demikian sebab singkong ini dapat menghasilkan keuntungan yang sangat fantastis! Bengkulu adalah asal dari singkong ini dan merupakan hasil perkawinan antara singkong Thailand serta singkong lokal.Dengan masa panen yang tergolong cepat hanya sekitar 7 bulan serta luas areal 1 hektar, tanaman ini dapat menghasilkan ratusan ton ubi kayu. Singkong emas secara umum dibuat menjadi tepung, bahan jamu, minyak oven, serta pakan ternak.

Kalian bisa juga mengunjungi artikel utama kami yang ada di: Cara Membuat Tapioka

Sekian dulu Pembahasan dari saya tentang Cara Membuat Tepung Dari Singkong Praktis Sekali semoga bermanfaat Untuk kita semua