Cara Membuat Nugget Ikan Mujair Yang Mudah Dan Sederhana

Hallo teman teman,sebelumnya kita sudah membahas tentang cara membuat nugget ikan lele. Selanjutnya akan membahas cara membuat nugget ikan mujair.

Ikan Mujair

Ikan Mujair biasanya juga terkenal di Kota Lamongan sangat melimpah. Ini juga bisa menjadi sumber inspirasi para mahasiswa di Lamongan.. Karena dengan rasanya yang sangat renyah dan gurih biasanya ikan juga menjadi andalan lauk untuk makan.

Untuk membuat nugget ikan mujair juga harus dibersihkan terlebih dahulu sisik-sisiknya untuk diambil dagingnya. Setelah daging ikan mujair sudah didapatkan haluskanlah dengan cara diblender atau di ulek.

Kandungan Nutrisi Ikan Mujair

Ikan Mujair juga merupakan ikan yang awalnya berada di dalam perairan Afrika Selatan. Kini ikan mujair juga marak untuk dibudidayakan di Indonesia sebagai ikan perairan payau.

Mujair juga termasuk jenis ikan yang serbaguna. Anda juga bisa mengolahnya dengan cara di rebus,di goreng dan disajikan sebagai pepes sehingga lebih sangat gurih.

  • energi: 416 kalori
  • protein: 46.9 g
  • lemak: 23.9 g  
  • kalsium: 346 mg
  • fosfor: 654 mg
  • natrium: 54 mg
  • kalium: 278.9 mg
  • retinol (Vitamin A): 12 mcg

Manfaat Ikan Mujair

1.Membangun Dan Memperkuat Masa Otot

Salah satu kandungan nutrisi ikan yang paling bermanfaat di dalam ikan mujair adalah protein.Protein juga sangat diperolehkan oleh tubuh sebagai bahan bakar untuk menambah massa otot dan tulang, memperbaiki jaringan, memperlancar aliran oksigen ke seluruh tubuh dan masih ada lagi yang lainnya.

Selain itu kandungan kalsium yang sangat tingga pada ikan yang hidup di air tawar juga membuat tulang anda semakin kuat.Kalsium juga bisa membantu untuk proses kontraksi otot.Oleh karena itu mengonsumsi ikan mujair sama saja dengan menambah jumlah protein dan otot pada tubuh.

BACA JUGA  Cara Creative Agency Jakarta Menarik Perhatian Konsumen

2.Menjaga Kadar Kolestrol

Selain menjadi sumber protein manfaat ikan mujair yang lainnya adalah mengandung asam lemak omega-3. Yang sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa omega-3 adalah asam lemak yang tak jenuh berguna bagi tubuh.

Omega-3 juga sangat berfungsi untuk sebagai pengatur lemak kolestrol yang meningkatkan HDL(kolestrol baik). Asam lemak juga dapat untuk menurunkan kadar trigliserida tinggi di dalam darah dan membantu untuk meredakan peradangan.

Namun aam lemak ini juga tidak untuk dihasilkan secara alami oleh tubuh sehingga sangat penting untuk mendapatkan asupan omega-3 dari makanan.

3.Membantu Mengontrol Gula Darah

Akan tetapi jika seperti yang dilansir dari Harvard Health Publishing,kandungan omega-3 pada ikan mujair ternyata juga lebih sangat rendah daripada omega-6 yang terkandung di dalamnya.Penemuan ini juga cukup meragukan banyak orang.

4.Memperkuat Sistem Imun

Ikan mujair ternyata juga mengandung selenium yaitu mineral yang dapat untuk membantu kerja sistem ketebalan pada tubuh. Setidaknya terdapat 47 mikogram selenium di dalam buah ikan mujair.Kelenjar tiroid juga sangat membutuhkan selenium untuk dapat bekerja dengan optimal.

Hal ini juga dapat untuk membantu penyerapaan nutrisi dari makanan dan memperlancar metabolisme. Selain itu juga mendapatkan asupan selenium yang sangat cukup,bisa juga untuk mengurangi risiko munculnya kanker prostat.

5.Aman Untuk Anak-Anak Dan Ibu Hamil

Kabndungan merkuri juga sangat rendah pada ikan mujair ternyata juga dapat untuk menjadi salah satu manfaat yang dapat diperolehkan. Merkuri juga merupakan jenis logam yang sangat berbahaya.

Mengonsumsi makanan yang mengandung juga bisa menyebabkan pada kerusakan atau penyakit saluran pencernaan atau sistem urologi. Ada kemungkinan juga ikan mujair diternakan di dalam aquarium atau tangki yang tertutup.

BACA JUGA  Milikilah Modul Bimbel Berkualitas Dengan Harga Yang Relatif Terjangkau

Oleh karena itu ikan mujair juga termasuk aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil karena sudah dipercaya mengandung merkuri yang sangat cukup rendah.

Cara Membuat Nugget Ikan Mujair

1.Resep Nugget Ikan Mujair Kuah Kari

Bahan-Bahan:

  • 100 gram Fillet ikan mujaer
  • 50 gram Fillet Paha Ayam
  • 1 butir Telur Ayam
  • Tepung roti 1 sendok makan 
  • 1 sendok teh Tepung Tapioka yang bisa digunakan dengan mesin penepung.
  • 25 gram Keju Cheddar
  • 1/4 sendok teh Garam
  • Gula pasir 1/4 sendok teh 
  • 1/4 sendok teh Merica (Lada) Bubuk
  • 1 siung Bawang Putih
  • secukupnya Bahan Pelapis
  • 1 butir Telur Ayam
  • Tepung Roti secukupnya

Cara Membuat Nugget Ikan Mujair Kuah Kari:

  1. Terlebih dahulu bersihkanlah ikan mujair dan paha ayam,lalu di fillet dan ditimbang.
  2. Blenderlah fillet ikan,fillet ayam,garam,gula,merica dan bawang putih,lalu taruhkanlah dalam wadah.Tambahkanlah telur setengah saja.
  3. Masukkanlah tepung roti dan tapioka,aduk-aduklah hingga sampai merata.Terakhir masukkan keju parut aduklah hingga sampai merata.
  4. Taruhkanlah adonan ke dalam aluminium foil lalu bungkuslah rapat.
  5. Kukuslah sekitar 20 menit hingga sampai matang.
  6. Siapkanlah bahan pelapis,campurkanlah sisa telur kocok dengan 1 butir telur,kocoklah asal sampai merata.
  7. Celupkanlah potongan nugget ke dalam kocokan telur.
  8. Lalu gulingkanlah ke dalam tepung roti hingga sampai merata.Lakukan hingga selesai. Simpan dalam kulkas agar tepung rotinya lebih nempel.
  9. Nugget siap di goreng. Atau bisa disimpan dalam wadah tertutup dan masuk freezer, untuk persediaan.

Dengan demikianlah artikel yang sebelumnya yang membahas tentang resep empek empek.Jika ada kata salah lebihnya saya minta maaf.Cukup sekian dan terimakasih.