Cara Membuat Minyak VCO Sendiri

Cara Membuat Minyak VCO Sendiri

Banyak orang mengira bahwa cara membuat minyak VCO sendiri sama seperti minyak goreng pada umumnya, padahal pembuatan minyak ini berbeda. Yuk, simak penjelasannya berikut!

Cara Membuat Minyak VCO Sendiri

Virgin Coconut Oil atau minyak VCO dikenal karena beragam kegunaannya, mulai dari obat luar untuk masalah kulit hingga minuman untuk menyehatkan tubuh. Tetapi masih banyak pertanyaan tentang apa manfaat minyak VCO yang sudah terbukti secara medis? Apa perbedaan minyak VCO dengan minyak kelapa jenis lainnya?

Tidak seperti minyak zaitun, kata virgin dalam VCO tidak memiliki standar. Namun, istilah virgin sendiri hanya bisa diterapkan pada VCO yang tidak dimurnikan, tidak berbau atau direduksi dengan unsur-unsur tertentu di dalamnya.

Minyak VCO adalah minyak yang diekstraksi dari daging kelapa tua yang masih segar. Proses pembuatannya juga menggunakan cara alami tanpa memanaskannya sampai mencapai suhu yang sangat tinggi, apalagi mencampur bahan kimia.

Berikut adalah cara membuat VCO berkualitas tinggi yang dapat kamu coba.

Cara Bikin VCO

Cara Bikin VCO

Secara tradisional, VCO dapat dibuat dengan cara memeras kelapa tua dan mengekstrak santan. Santan ini selanjutnya diproses melalui fermentasi, pencampuran enzim tertentu, atau menggunakan mesin sentrifugal untuk memisahkan ampas kelapa, air, dan minyak bening yang dikenal sebagai minyak VCO.

Secara lebih modern, minyak VCO dibuat dengan cara mengeringkan kelapa tua segar menggunakan mesin VCO khusus. Kelapa kering kemudian diperas untuk menghilangkan minyak beningnya, kecuali minyak VCO.

BACA JUGA  Konveksi Baju Kualitas Distro

1. Belah Kelapa

Cara pertama membuat minyak kelapa adalah dengan membelah kelapa menggunakan pisau tajam. Kamu bisa menggunakan kelapa tua coklat sebagai pengganti kelapa muda hijau.

2. Kikis Daging Kelapa

Kikis daging dari kulitnya. Gunakan pengikis kelapa, pisau pengupas yang tajam, atau menggunakan sendok logam yang kokoh. Menggores daging kelapa bisa jadi sulit, jadi pisau mentega jauh lebih baik daripada pisau pengupas yang tajam.

3. Potong Daging Kelapa

Kamu bisa memotong daging menjadi kecil-kecil atau menggunakan pengikis untuk menyuwir daging kelapa.

4. Haluskan

Tempatkan potongan dalam food processor. Nyalakan food processor dengan kecepatan sedang dan haluskan sampai semuanya tercampur rata. Jika perlu, tambahkan sedikit air untuk memudahkan pencampuran.

5. Saring Santan

Tempatkan saringan kopi atau kain tipis di atas gelas dengan mulut lebar. Sendok atau tuang sedikit campuran kelapa ke kain.

Bungkus kain di sekitar campuran kelapa dan peras santan ke dalam gelas yang telah disiapkan. Peras keras untuk memastikan kamu mendapatkan setiap tetesnya. Ulangi proses ini sampai campuran kelapa habis.

6. Dinginkan

Biarkan toples tanpa pengawasan setidaknya selama 24 jam. Saat mengeras, santan dan minyak terpisah dan lapisan dadih akan muncul di atas toples. Dinginkan toples di lemari es agar dadih bisa mengeras lebih cepat jika perlu.

BACA JUGA  Paket Tumpeng nasi kuning di Jakarta Barat delivery recomended

7. Ambil Dadih

Sebagai upaya terakhir untuk membuat minyak kelapa setelah dipisahkan, kamu dapat mengambil dadih dengan sendok dan membuangnya, sehingga meninggalkan minyak kelapa murni di dalam toples.

Tips Penyimpanan Minyak VCO

Kamu sudah tahu cara membuat minyak VCO sendiri. Jadi berapa lama minyak ini bertahan?

Perlu diingat bahwa minyak kelapa murni yang dibuat sendiri mempunyai umur simpan yang sangat singkat. Baunya akan sangat buruk dalam beberapa minggu jika tidak disimpan dengan benar.

Beberapa merek organik yang dibeli di toko masih menggunakan jenis pengawet tertentu untuk membantunya bertahan lebih lama. Karena versi buatan sendiri diekstraksi secara perlahan dalam jumlah kecil, penting untuk menyimpannya dengan benar agar tidak terlalu cepat berbau.

Sebaiknya minyak VCO disimpan dalam wadah kaca tertutup dan di lemari es. Ambil jumlah yang diperlukan dengan setiap aplikasi dan biarkan mencapai suhu kamar sebelum digunakan.

Cara membuat minyak VCO sendiri sangatlah sederhana. Ditambah lagi bahan yang dibutuhkan mudah untuk ditemukan sehingga minyak kelapa murni ini bisa kita buat sendiri di rumah. Gunakan mesin VCO dari rumah mesin agar minyak yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi. Selamat mencoba!