Cara Membuat Minyak Urut dari Kelapa, Simple!

Kelapa memang dikenal sebagai tanaman dengan sejuta manfaat, dari akar hingga ujung daunnya memiliki manfaat tersendiri, termasuk juga buahnya. Salah satu manfaat buah kelapa adalah dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan minyak untuk urut. Penasaran bagaimana cara membuat minyak urut dari kelapa?

Yuk kita bahas sama-sama cara buat minyak urut dari kelapa. Sebelum mengarah ke sana, sekarang kita ulas dulu nih mengenai pohon kelapanya. Yuk yuk!

Pohon Kelapa

Kelapa atau dalam bahasa latin disebut dengan istilah Cocos nucifera merupakan anggota tunggal yang termasuk ke dalam marga Cocos atau dari suku aren-arenan  (Arecaceae). Definisi dari kata kelapa (coconut, dalam bahasa Inggris) dapat dikatakan merujuk pada pohon kelapa secara keseluruhan, mulai dari biji atau buah, yang secara dalam ilmu pertanian merupakan pohon berbuah bukan termasuk pohon kacang-kacangan.

Istilah kelapa (coconut) ini diketahui berasal dari kata dalam bahasa Portugis dan Spanyol pada abad ke-16, coco memiliki arti “kepala” atau “tengkorak”, istilah ini dimunculkan setelah ditemukan tiga lekukan pada tempurung kelapa yang diklaim mirip dengan fitur wajah. Hampir semua bagian tumbuhan kelapa ini dapat dimanfaatkan oleh manusia. Sehingga tumbuhan kelapa sering disebut sebagai tumbuhan serbaguna.

Tumbuhan kelapa ini memang sangat berguna bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat yang tinggap di pesisir pantai. Kelapa juga merupakan sebutan yang ditujukan untuk buah hasil dari tumbuhan ini.

Setelah mengenal pohon kelapa, sekarang kita beralih ke pembahasan sesuai judul, yaitu cara membuat minyak urut dari kelapa. Simak sampai selesai agar tidak ada yang terlewat ya.

Cara Membuat Minyak Urut dari Kelapa

Ada beberapa langkah yang akan dilakukan dalam pembuatan minyak urut dari kelapa ini. Langkah tersebut adalah sebagai berikut : 

1. Merebus Kelapa

Siapkan setidaknya empat gelas air, kemudian panaskan hingga airnya menguap. Sembari menunggu air menguap, parut dua buah kelapa yang sudah tua. Campurkan kelapa yang sudah diparut dengan air panas, kemudian blender sampai benar-benar halus.

Saring air kelapa yang sudah diblender dengan menggunakan saringan yang rapat supaya bisa memperoleh santan dalam jumlah yang banyak. Jika santan dari hasil saringan sudah terkumpul, rebus santan tersebut dengan menggunakan api pada nyala api sedang.

Aduk secara terus-menerus sampai airnya mendidih dan mengeluarkan uap, serta krim kelapat yang berwarna kecokelatan sudah terpisah dari minyak kelapa. Proses ini bisa menghabiskan waktu sampai dengan satu jam. Pastikan agar kalian tidak berhenti untuk mengaduknya.

2. Menyaring Kelapa

Potong dengan ukuran kecil-kecil daging kelapa yang sudah tua. Blender sampai teksturnya halus. Jika diperlukan, kalian bisa menambahkan air agar bisa memudahkan dan mempercepat proses pembuatannya.

Saring hasil yang sudah diblender tadi hingga menghasilkan cairan santan.Tambahkan air dan lakukan secara berulang supaya bisa menghasilkan cairan santan dengan jumlah yang banyak. Diamkan hasil perasan kelapa tadi dalam wadah (toples) bening selama lebih kurang 24 jam supaya lapisan santan dan juga minyak dari kelapa akan terpisah.

Masukkan wadah/toples bening ke dapam lemari pendingin atau bisa juga dengan menyimpan di ruangan dingin untuk mempercepat proses terbentuknya dadih. Buang dadih yang ada pada toples dan kalian akan memperoleh minyak kelapa murni tertinggal di dalam wadah atau toples.

3. Mengendapkan Kelapa

Gunakan kelapa segar atau bisa juga kelapa parut tawar yang sudah dijual di toko. Jika kalian menggunakan kelapa segar, potong kelapa dengan ukuran kecil-kecil, lalu keringkan kelapa tersebut selama kurang lebih satu hari. Jika kakian menggunakan kelapa parut yang sudah dijual di toko, pastikan jika kalian memilih jenis tekstur kelapa yang kasar.

Masukkan kelapa yang sudah diparut ke dalam juicer sedikit demi sedikit supaya proses pemisahan kelapa dan juga minyaknya bisa berjalan dengan lancar. Lakukan proses ini sampai semua kelapa selesai diproses. Ulangi proses pada tahapan ini sekali lagi supaya semua minyak yang terkandung dalam kelapa bisa keluar.

Tuang hasil dari juicer tadi ke dalam toples dan kemudian simpan pada tempat yang memiliki suhu hangat sampai jangka waktu sehari penuh. Sesudah itu, minyak kelapa tersebut akan nampak muncul pada permukaan, sementara untuk lapisan kentalnya akan menbentuk endapan di dasar toples. Untuk memperoleh minyak kelapa yang sudah siap digunakan, tuangkan minyak kelapa tadi ke dalam wadah yang baru.

Produksi Minyak Kelapa Modern

Selain dengan cara manual, kalian juga bisa memproduksi minyak kelapa ini dengan menggunakan mesin VCO kelapa. Memanfaatkan mesin ini bisa mempermudah dan mengekfektifkan proses pembuatan dari minyak kelapa.

Bagi kalian yang memiliki niatan untuk menjadikan minyak kelapa ini sebagai peluang usaha tentu sangat disarankan. Hal ini dikarenakan buah kelapa mudah didapatkan di seluruh daerah di Indonesia.

Kalian tidak perlu kebingungan untuk mencari stok kelapa. Ditambah lagi saat ini belum banyak produsen yang memproduksi minyak kelapa. Maka peluang usaha ini akan semakin besar.

Di zaman yang serba otomatis dan digital ini, menggunakan mesin akan semakin mempermudah pekerjaan kita sehari-hari. Mulai dari pekerjaan yang paling ringan hingga pekerjaan yang paling berat. 

Jika kalian tinggal di kota Jogja, ada tempat produksi mesin yang banyak menjadi rekomendasi para perintis industri. Nama tempat produksi mesin ini adalah CV. Rumah Mesin.

Di sana ada banyak pilihan mesin yang bisa kalian pilih. Jika kalian tinggal di luar Jogja juga tidak perlu khawatir karena pihak industri menyediakan pengiriman ke seluruh Indonesia. 

Bagaimana teman-teman, pemaparan mengenai cara membuat minyak urut dari kelapa di atas sudah cukup jelas bukan? Jangan lupa untuk mencoba dipraktikkan di rumah ya.

Jadi, mulai sekarang tidak perlu bingung lagi jika banyak stok buah kelapa di rumah. Kalian bisa mempraktikkan cara membuat minyak urut dari kelapa ini. Selamat mencoba.

BACA JUGA  Sedot Wc Doraemon Semarang Yang Bisa Dipercaya 24 Jam