Cara Membuat Gelato Dengan Mesin Yang Khusus Untuk Membuat Gelato

Cara membuat gelato dengan mesin – Es krim gelato merupakan es krim yang berasal dari Italia yang memunyai tekstur yang sangat lembut. Bahan dasar es krim gelato adalah susu, cara membuat es krim gelato juga bisa dipraktikkan sendiri. Tekstur gelato yang lembut diperoleh dari proses pembuatannya saat pengadukan kecepatannya pelan namun cukup lama. Tak heran juga banyak orang yang gemar makan es krim ini karena kelembutannya. Gelato sangat cocok disajikan dalam keadaan yang dingin, karena akan menambah cita rasa lembut dipadukan dengan dinginnya es krim ini. Namun apakah resep untuk membuat gelato berbeda dengan es krim pada umumnya? Untuk lebih tahu mari simak ulasan berikut ini.

Apa itu Gelato?

Gelato merupakan es krim khas yang berasal dari negara Italia. Nama gelato berasal dari bahasa Italia yang artinya“beku”. Gelato terbuat dari bahan utama seperti susu, krim, dan gula. Kemudian diberi tambahan variasi rasa mulai dari buah-buahan, kacang, dan bahan perasa lainnya biar tidak bosan dengan rasanya. Apabila dibandingkan dengan es krim pada umumnya, Gelato memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Gelato biasanya mengandung sedikit udara dan memiliki lebih banyak varian rasa daripada makanan penutup beku lainnya. Dan juga memberikan kepadatan dan kekayaan rasa yang membedakannya daripada es krim lainnya. Gelato disajikan layaknya es krim pada umumnya, seperti dalam cup, kerucut, gelas, isian roti, kue, dan wadah lainnya.
BACA JUGA  Agar Tetap Stylish Saat Musim Hujan

Membuat Gelato Dengan Mesin:

cara membuat gelato dengan mesin Berikut alat dan bahan yang digunakan untuk membuat gelato dengan mesin.

Alat-alat:

  • Mesin Es Krim
  • Whisk / Mixer Kue
  • Baskom / wadah, sebaiknya menggunakan bahan stainless steel

Bahan-bahan:

  • 2 cup susu full cream
  • 1 cup heavy whipped cream
  • 4 butir kuning telur
  • 0,5 cup gula pasir
  • 200 gr Nutella original

Cara Membuat Es Krim Gelato Dengan Mesin:

  1. Panaskan terlebih dahulu susu full cream dan heavy whipped cream ke dalam panci, dengan api yang medium-high hingga tepi permukaan menggelembung.
  2. Sembari menunggu, kocok kuning telur dengan gula pasir hingga lembut dan mengental. Pengocokan ini dapat menggunakan alat whisk atau mixer sesedianya kalian saja.
  3. Jika susu sudah sesuai dengan gambaran langkah pertama, matikan.
  4. Setelah itu, masukkan 1/3 bagian adonan susu ke dalam kocokan telur sambil diaduk cepat supaya tercampur rata. Perlahan masukkan kembali adonan susu yang tersisa dan aduk cepat lagi hingga benar-benar rata.
  5. Panaskan kembali dengan api kecil lalu masukkan Nutella ke dalam adonan. Masak hingga mengental, lalu matikan.
  6. Lalu diamkan adonan hingga 15 menit, atau hingga adonan dingin.
  7. Nyalakan mesin dan bilas tangki es dengan air bersih.
  8. Selanjutnya masukkan adonan gelato ke dalam tangki es, kemudian tutup.
  9. Setelah itu atur mesin sesuai dengan yang diinginkan.
  10. Nyalakan proses pendinginannya, tunggu hingga mesin berhenti bekerja.
  11. Ketika mesin telah berhenti, itu tandanya gelato kalian siap disajikan!
BACA JUGA  Resep Masak Abon Daging Sapi Yang Simple Dan Menggoda
Dengan berbaginya artikel ini, saya harap kalian dapat membuat es krim gelato sendiri, tanpa harus membeli di luar dengan harga yang lumayan mahal. Jika ingin membuat es krim biasa, Anda bisa menggunakan Mesin Es Krim untuk memudahkan dalam pembuatan. Semoga artikel cara membuat gelato dengan mesin ini dapat bermanfaat untuk seluruh pembaca. Serta mendapat wawasan lebih mengenai tips-tips membuat gelato dengan mesin supaya berhasil. Terima kasih dan mohon maaf apabila terdapat kata-kata saya yang kurang berkenan. Selamat mencoba!