Cara Membersihkan Sofa Kain Yang Benar

Sofa kain merupakan salah satu Furniture yang cukup digemari. Sofa kain atau sofa berbahan fabric biasanya memiliki model dan warna yang beragam sehingga sangat mudah untuk dipadu padankan dengan desain rumah. Sofa kain juga memiliki model yang cukup variatif. Inilah mengapa sofa kain cukup diminati.

Hanya saja, sofa kain memiliki kelemahan. Karena terbuat dari kain, biasanya sofa kain sangat mudah terkena noda. Dan membersihkannya juga cukup sulit. Selain noda, sofa kain juga rentan terkena debu dan cairan. Oleh sebab itu, perawatan yang tepat pada sofa kain sangat diperlukan.

baca juga: cuci sofa Batam

Cegah Sofa Kain Kotor Dengan Penutup Sofa

Jika Bunda memiliki sofa kain di rumah, sebaiknya sejak awal Bunda mulai mempersiapkan membeli sarung sofa juga. Dengan menutup sora atau melapisi sofa kain dengan sarung, maka sofa kain Bunda bis lebih mudah dibersihkan. Bunda bisa mencuci sarung sofa secara berkala. Idealnya adalah satu minggu sekali.

Pembersihan Sofa Kain Menyeluruh

Meski sofa kain Bunda telah dilapisi dengan sarung, Bunda tetap harus membersihkan bagian dalam sofa juga. Caranya adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Bunda bisa menyedot debu pada sofa. Karena berbahan kain maka debu dan kotoran akan dengan mudah masuk ke dalam bagian dalam sofa. Jadi, rutin menyedot debu dan kotoran halus yang masuk ke dalam sofa sangat diperlukan.

baca juga: cuci springbed Batam

Cara Membersihkan Noda Membandel Sofa Kain

Terkadang meskipun kita sudah merawat sofa sebaik mungkin, noda membandel tetap tidak bisa kita hindari. Sebagai contoh ketika putra atau putri kita membawa teman ataupun ketika ada teman yang berkunjung dengan membawa anak kecil. Tak jarang noda sisa makanan yang berceceran jatuh ke sofa kain. Jika hal seperti itu terjadi Bunda harus langsung sigap.

Pertama – tama Bunda harus langsung mengelap noda dengan tissue basah atau kain basah. Jika noda berupa cairan maka segera lap noda agar cairan tidak masuk ke dalam bagian sofa sehingga menimbulkan bau dan jamur. Lalu gunakan sikat halus dan cairan pembersih sofa. Bunda juga bisa menggunakan sabun bayi yang dilarutkan air jika memang mendesak. Namun sebaiknya gunakan cairan pembersih sofa karena memiliki bahan yang lembut dan sesuai untuk kain sofa. 

Cairan pembersih sofa kain banyak tersedia di pasaran. Atau Bunda bisa menggunakan upholstery cleaner dimana bisa digunakan untuk sofa, kasur dan gorden. Larutkan cairan pembersih sesuai takaran lalu gunakan sikat gigi halus untuk menghilangkan noda. Sikat secara perlahan satu arah agar tidak merusak kain sofa. Segera angin – anginkan atau keringkan sofa. Jangan biarkan sofa lembab karena berpotensi menimbulkan bakteri dan tungau. Namun jangan jemur sofa di bawah matahari langsung karena akan memudarkan warna kain. 

BACA JUGA  Cleaning Service Bekasi Terbaik Untuk Membersihkan Kantor Dan Rumah