Belajar Fotografi di Summarecon Digital Center

teknorus.com Bercermin dari hal di atas, pada awal Juli 2014, tepatnya 5 dan 6 Juli 2014, iT Media yang merupakan bagian dari Group of Magazine, Kompas Gramedia menggelar acara bertajuk photography week. Acara yang mengambil lokasi di Summarecon digital center, Serpong, ini diisi beragam aktivitas bertemakan fotografi. pada Sabtu, 5 Juli 2014, digelar acara workshop, photo hunting, dan competition dengan topik Street photography. Acara yang digelar pada pukul 13.00 hingga 15.00 wiB ini menghadirkan pembicara utama Arbain Rambey (Fotografer harian Kompas). Selain berbagi informasi soal fotografi secara umum, Arbain juga lebih banyak mengumbar beragam tips dan trik soal street photography. dalam presentasinya, Arbain menjelaskan bahwa ada empat elemen penting dalam fotografi. Keempat elemen itu adalah Exposure, Komposisi, Angle (sudut pengambilan), dan Moment. Sedangkan, kemampuan street photography terletak pada kemampuannya dalam bertutur dan mengajak imajinasi kita menyelami potret yang disuguhkan. “Keindahan street photography bukan hanya suguhan foto yang menarik untuk dipandang saja, tetapi juga mampu menggerakkan hati untuk terlibat secara emosi dengan objek yang difoto,“ ujar Arbain. Selain Arbain, hadir pula Joh Juda, Founder Fotodroid. dalam kesempatan ini, Joh Juda mengangkat tema yang membicarakan tentang “Mobile photography“. dalam prensentasinya, Joh Juda lebih banyak berbagi tips kepada peserta yang hadir bagaimana menghasilkan foto yang terlihat indah lewat smartphone.

Bersamaan dengan acara workshop photography tersebut, digelar pula photo hunting & competition yang mengambil tema “Momen Unik di Summarecon digital center“. Sekitar 100 peserta penuh antusias mengikuti kompetisi tersebut. Tidak hanya itu, panitia pun sudah menyiapkan beragam hadiah menarik. Acara yang tidak kalah seru juga berlangsung di hari Minggu, 6 Juli 2014. Selain berbagi tips seputar Family potrait yang disampaikan langsung oleh Ricky Martin (Fotografer majalah Bobo). Ada pula kompetisi foto bertajuk Family photo Race. Tidak berbeda dengan photo hunting & competition, hadiah yang dipersiapkan untuk kompetisi Family photo Race juga sama. Terlihat para orang tua berfoto bersama anak-anaknya dengan background Summarecon digital center. Selain orang tua, panitia juga memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk ikut berkompetisi dengan memotret orang tuanya. Acara lainnya yang juga turut digelar adalah sharing bersama Toygraphyid dan dSLR cinematography indonesia. hadir sebagai pembicara utama dari Toygraphyid adalah Yogi idris yang lebih menitikberatkan bagaimana memotret sebuah objek mainan agar hasilnya terlihat lebih optimal. Sedangkan, Benny Kadarhariarto dari dSLR cinematography lebih banyak berbicara penggunaan kamera dSLR untuk merekam objek dalam format video. Benny juga sharing mengenai awal mulanya saat kamera dSLR memiliki feature video, tak jarang kamera-kamera yang dijajal untuk videografi ini kemudian mesti mengganti shutter box.

Namun, saat ini teknologi pada kamera dSLR sudah semakin canggih terutama untuk dukungan berbagai aksesoris seperti crane, slider, stabilizer, dan sebagainya. photography week sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara “iT Media Group Festival“ yang digelar sebulan penuh tiap akhir pekan di Summarecon digital center, Serpong. Bagi Anda yang penasaran untuk datang ke acara tersebut, masih ada beberapa kegiatan lainnya diantaranya Success for culinary Business, cooks Fair & competition, Simple Food photography, Family Facation Tips, Travel writing & photography oleh Barry Kusuma (Travel Blogger), Technopreneur with mobile apps developer, chip Meet Up, Talkshow Motherpreneur, home cinema in Your home, Music home Recording oleh Andi Ayunir (Musician, producer, Music designer), dan lainnya.

BACA JUGA  Baradatu: Kota Tepi Lintas Sumatera