Berikut Bahan Membuat Kue Nastar Nanas Yang Simpel Dan Mudah

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan materi tentang bahan membuat kue nastar nanas. Bahannya simpel, langsung simak penjelasan dibawah ini!

Nastar

Kata nastar ialah serapan kata yang berasal dari bahasa Belanda, yakni Annanas atau nanas dan Taart atau tar, sehingga memiliki artian tar nanas. Pada awal mulanya, kue ini sebenarnya merupakan kue yang terinspirasi dari buatan kue pie orang asal Eropa dengan isian yang berisi buah blueberi dan apel.

Kue kering dengan isian selai nanas ini telah menjadi kue wajib disaat merayakan hari besar keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri. Pada umumnya dibuat dari campuran adonan terigu, mentega, gula, dan juga telur, kue nastar umumnya mempunyai bentuk bulat dengan hiasan cengkeh atau kismis dibagian atasnya.

Bahan Membuat Kue Nastar Nanas

Bahan-Bahan :

  • 125 gram butter(mentega)
  • 125 gram margarin
  • 50 gram gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 350 gram tepung terigu yang sudah ditepung dengan mesin penepung
  • 2 sdm susu bubuk full cream
  • Selai nanas secukupnya
  • Kuning telur 3
  • 3 sdm minyak goreng
  • 3 sdt krimer kental manis

Cara Membuat Kue Nastar Nanas :

  1. Pertama-tama kocok sebentar margarin, butter, gula, dan telur, cukup hingga tercampur saja menggunakan mixer sekitar 1 menit. Jangan terlalu lama mengkocoknya sebab nanti hasil nastar bisa melebar saat di oven.
  2. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan sampai tercampur rata. Sesudah adonan jadi ambil sedikit adonan dan bentuk bulat. Lalu isi dengan selai nanas sesuai takaran. Selanjutnya taruh di loyang, beri jarak antara nastar yang satu dengan yang lain.
  3. Kemudian masukkan ke dalam oven dengan suhu 140 derajat celsius selama kira-kira 30 menit. Bila sudah terlihat matang lalu keluarkan dan tunggu sampai tidak panas.
  4. Waktunya memberikan olesan ke nastar yang sudah di oven. Sebelumnya campur seluruh bahan olesan yang telah disiapkan.
  5. Poles nastar secara merata dapat menggunakan kuas. Lakukan olesan pertama. Lalu lanjut olesan yang kedua sampai selesai.
  6. Agar hasil yang lebih menggiurkan dan olesan terlihat halus, Anda dapat melakukan olesan ketiga. Pastikan olesan sebelumnya telah tertempel sempurna.
  7. Oven kembali dengan suhu 100 derajat celsius kurang lebih 10 menit, dan. Angkat dan biarkan dingin, lalu disimpan dan dinikmati. Selamat mencoba!
BACA JUGA  Mengapa Higgs Domino Island menjadi Populer?

Baca Juga: Cara Bikin Keripik Tempe Yang Renyah

Fakta Menarik Kue Nastar

1. Nastar Berasal dari Bahasa Belanda

Tak jarang kita bertanya-tanya, kenapa kue dengan isi selai nanas ini diberi nama nastar ya? Ternyata nama tersebut merupakan nama yang berasal dari Bahasa Belanda, yaitu ‘ananas’ atau nanas dan ‘taartjes’ atau tart.

Maka, dapat dikatakan bahwa kue nastar adalah tart dengan isian selai nanas. Kue nastar sendiri juga sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dahulu lho. Sementara dalam Bahasa Inggris, kue nastar ini juga biasa disebut Pineapple Tarts atau Pineapple Nastar Roll.

2. Nastar Juga Sering Dihidangkan Pada Saat Natal atau Imlek

Di era yang semakin modern ini, kue nastar juga tak ketinggalan melakukan inovasi. Inovasi tersebut yakni mempunyai varian isian yang berbeda, seperti misalnya selai strawberry, blueberry, durian, dan lain sebagainya.

BACA JUGA  Cara Membuat Papan Dari Sabut Kelapa

Kue yang satu ini memang identik dengan hari raya Lebaran. Tetapi, ternyata, kue kering yang satu ini juga sering dihidangkan pada saat perayaan hari raya Natal dan juga Imlek lho!

3. Kue Nastar Melambangkan Kemakmuran

Umumnya Etnis Tionghoa sering menyebut kue nastar ini sebagai ong lai yang artinya pir emas. Pir emas dalam keyakinan Tionghoa sendiri adalah sebuah simbol dari kemakmuran, rezeki, dan juga keberuntungan. Maka, selain mempunyai cita rasa yang cukup lezat, kue nastar ini juga mempunyai filosofi yang sangat bagus ya.

4. Resepnya Terinspirasi dari Kue Pie

Kue nastar mempunyai resep yang terinspirasi dari kue pie yang dibuat dalam sebuah loyang besar berisi blueberry, strawberry, ataupun apel. Selain dari itu, adonan kue nastar itu sendiri juga sama layaknya adonan pie, yaitu tepung terigu, telur, mentega, dan juga bahan lainnya.

Konon katanya, ketika masa penjajahan dulu, buah-buah isian pie tersebut sangat susah didapatkan, sehingga membuat banyak yang menggantinya dengan buah nanas sebab mudah didapat.

Nah itu dia artikel yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk anda. Nastar juga bisa dibuat tanpa mixer loh! Berikut simak cara membuat nastar nanas tanpa mixer dan oven