Apakah Sabun Antibakteri Baik untuk Jerawat?

Anda menggunakan sabun tangan antibakteri untuk membersihkan kulit Anda dan mengurangi bakteri. Jadi, Anda mulai berpikir apakah mungkin sabun antibakteri akan membantu membersihkan kulit Anda?

Dalam satu kata: tidak. Sabun tangan antibakteri tidak akan menghilangkan jerawat. Itu sama sekali bukan pilihan yang bagus untuk pembersih wajah, dan tidak akan banyak membantu untuk kulit berjerawat.

Memang benar, sebagian disebabkan oleh bakteri. Bakteri Propioni acnes tepatnya. Dan, ya, mengurangi bakteri penyebab jerawat dapat memiliki efek positif pada kulit Anda.

Tetapi bakteri hanyalah satu bagian dari pengembangan jerawat. Ada faktor-faktor lain yang bekerja di sini juga, seperti hormon, pelepasan sel-sel kulit yang abnormal, dan kelenjar sebaceous yang terlalu aktif.

Faktor-faktor ini berkontribusi pada pengembangan komedo, karena penyumbatan pori-pori. Penyumbatan pori ini dimulai sangat kecil sehingga Anda tidak dapat melihatnya dengan mata telanjang.

Tetapi penyumbatan berkembang menjadi komedo atau noda yang meradang seperti papula dan pustula. Sabun antibakteri tidak akan menghentikan penyumbatan pori. Untuk memperbaiki jerawat, Anda harus mengendalikan semua faktor ini, bukan hanya bakteri.

“Squeaky Clean” Tidak Baik untuk Kulit Anda

Sabun tangan antibakteri dibuat untuk tangan Anda. Kulit di tangan Anda lebih keras dan umumnya dapat mentolerir pembersih yang lebih kuat daripada kulit halus di wajah Anda.

Menggunakan sabun tangan di wajah dapat dengan mudah mengeringkan dan mengiritasi kulit Anda. Squeaky clean bukan tujuan Anda di sini.

Ada opsi pembersihan antibakteri yang lebih baik untuk wajah Anda. Pembersih yang dirancang khusus untuk kulit wajah yang halus membersihkan kotoran dan minyak berlebih tanpa pengupasan dan pengeringan.

Sejauh untuk berjerawat, sabun tangan antibakteri juga tidak membuat tubuh terbaik. Meskipun mungkin tidak mengeringkan kulit Anda (tentu saja, tergantung pada seberapa berminyaknya kulit Anda), tidak banyak yang bisa dilakukan untuk membersihkan jerawat. Produk-produk ini tidak diformulasikan untuk mengobati jerawat.

Poin penting untuk diingat adalah bahwa jerawat tidak disebabkan oleh kulit kotor. Anda dapat mencuci muka puluhan kali sehari, menjaga kulit Anda bersih, dan masih berjerawat. Sekali lagi, lebih banyak faktor yang bekerja di sini sehingga pembersihan saja tidak cukup untuk menghilangkan jerawat.

Alih-alih Sabun Tangan Antibakteri, Cobalah Produk Perawatan Jerawat OTC

Produk-produk perawatan jerawat yang dijual bebas akan memberi Anda hasil yang jauh lebih baik daripada sabun tangan antibakteri. Jika Anda ingin menggunakan pembersih atau pencuci, ada banyak pilihan pembersih jerawat.

Bahan-bahan yang harus dicari dalam pembersih jerawat OTC Anda adalah benzoil peroksida atau asam salisilat. Benzoil peroksida tidak hanya akan membantu mengurangi bakteri, tetapi juga dapat mengurangi sifat manis mulut dan mencegah pori-pori tersumbat. Ini adalah bahan penangkal jerawat paling efektif yang bisa Anda dapatkan tanpa resep.

Asam salisilat bukan pembangkit tenaga listrik seperti benzoil peroksida, tetapi juga memiliki manfaatnya. Asam salisilat membantu mempercepat pergantian sel dan menjaga agar pori-pori tidak tersumbat, sehingga sangat cocok untuk jerawat komedo. Ini juga membantu meningkatkan efektivitas benzoil peroksida ketika mereka digunakan bersama.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk pembersih jerawat. Pastikan untuk memeriksa bahan aktifnya. Perlu diingat, pembersih bukan satu-satunya pilihan pengobatan jerawat OTC. Toner, bantalan pembersih obat, dan lotion yang mengandung bahan-bahan tersebut juga merupakan pilihan bagus.

Produk OTC Tidak Bekerja? 

Tentu saja, ada banyak resep obat jerawat yang tersedia juga. Jika Anda sudah mencoba produk jerawat bebas tanpa perbaikan, resep obat jerawat adalah langkah berikutnya.

Ini juga merupakan rute yang harus Anda ambil jika jerawat Anda sedang hingga parah. Perawatan tanpa resep tidak akan cukup kuat untuk mengendalikan jerawat Anda.

Dalam kasus apa pun, jika Anda perlu bantuan untuk membersihkan jerawat Anda, tanyakan kepada dokter atau dokter kulit Anda.

Hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa perawatan yang terbukti, baik OTC dan resep, akan memberi Anda hasil terbaik. Sebagian besar retasan perawatan jerawat yang melibatkan bahan-bahan aneh tidak didasarkan pada ilmu pengetahuan dan tidak akan memberi Anda hasil yang Anda cari. Semoga bermanfaat.

Baca juga jamu penghilang jerawat untuk informasi lebih lanjut.



BACA JUGA  Cara Memulai Usaha Online Tanpa Modal. Emang Bisa?