Apa Itu Undangan Website Pernikahan? Berikut Penjelasannya

Seiring dengan perkembangan teknologi untuk berkomunikasi, terdapat satu tren dalam pernikahan yang sedang terjadi di Indonesia, yaitu penggunaan undangan web pernikahan. Lalu apakah maksudnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Undangan Web Pernikahan

Undangan pernikahan dapat diartikan sebagai sebuah surat yang berfungsi untuk meminta penerimanya menghadiri suatu acara pernikahan. Sedangkan undangan web pernikahan merupakan sebuah undangan berbasis digital dalam bentuk website.

Kelebihan

1. Banyak pilihan desain

Tidak seperti undangan cetak yang desainnya terbatas dan terkesan tidak variatif, undangan digital memiliki berbagai desain yang bisa disesuaikan dengan permintaan. Dalam hal ini pengantin dapat memilih dan berkreasi pada desain undangannya sendiri.

2. Mudah dibuat dan diedit

Cara pembuatan undangan berbasi website tergolong sangat mudah dengan dibantu template yang telah tersedia di berbagai situs desain online. Apabila terdapat kesalahan seperti typo atau kesalah penulisan tanggal maupun nama, bisa dengan mudah untuk direvisi.

BACA JUGA  Cara Membuat Bolang Baling Empuk

3. Langsung diterima oleh yang bersangkutan

Kendala yang terjadi pada penggunaan undangan konvensional adalah sulitnya memberi undangan apabila keberadaan penerima sangat jauh. Hal ini bisa menambah biaya untuk jasa pengiriman dan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Berbeda halnya dengan menggunakan undangan berbasis website yang bisa mudah dikirimkan tanpa harus memperhatikan jarak dan waktu sehingga sampai lebih cepat dan diterima langsung oleh orang yang dituju..

4. Ramah lingkungan

Undangan berbasis website tidak menggunakan media cetak sehingga tidak akan meninggalkan sampah apabila sudah tidak digunakan.

5. Harga lebih terjangkau

Karena tidak menggunakan media cetak, undangan ini tentunya bisa diproduksi dengan harga yang lebih murah sehingga bisa mengalihkan budget untuk kebutuhan lainnya.

BACA JUGA  Cara Membaca Nomor Keberuntungan / Nomor Hoki

Kekurangan

1. Dianggap kurang menghargai tamu

Masyarakat Indonesia masih menganggap tidak sopan dan dinilai tidak serius apabila menggunakan undangan seperti ini.

2. Tidak semua orang terhubung ke internet

Undangan berbasis website termasuk ke dalam digital karena sifatnya online yang tentu membutuhkan jaringan internet untuk membukanya.

Penggunaaan undangan web pernikahan haruslah dipikirkan dengan bijak dan disesuaikan dengan penerima undangan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena www.wedew.id hadir untuk mengatasi dilema itu.