Apa Efek Samping Hemodialisis yang Wajib Untuk Anda Ketahui

Hemodialisis atau dikenal cuci darah merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menggantikan fungsi ginjal yang sudah tidak mempunyai fungsi dengan baik khususnya bagi para penderita ginjal. Kendati memiliki banyak manfaat, tetapi ternyata cuci darah ini pun juga menghadirkan sejumlah efek samping hemodialisis yang juga wajib untuk anda waspadai.

Pada penderita ginjal yang sudah kronis atau seseorang yang sudah kehilangan fungsi ginjal sebesar 85% maka cuci darah ini menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari adanya komplikasi yang lebih parah. termasuk untuk menghilangkan penumpukan racun, zat sisa dari metabolism dan lainnya.

Efek samping hemodialysis yang perlu anda ketahui

Cuci darah ini sendiri memang mempunyai efek samping pada pasien yang baru saja melakukannya. Kendati demikian, efek samping hemodialysis yang diderita oleh setiap orang pun berbeda-beda. Untuk anda yang penasaran apa saja efek samping dari cuci darah ini maka anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini.

Tekanan darah menjadi terlalu tinggi atau rendah

BACA JUGA  Ampuh! 6 Cara Menghilangkan Jerawat dalam 3 Hari!

Efek samping pertama yang bisa didapatkan oleh pasien yang baru saja melakukan cuci darah adalah terjadinya penurunan tekanan darah terutama bagi anda yang juga sekaligus menderita diabetes. Adapun gejala lainya adalah seseorang yang mendapatkan tekanan darah yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi.

Adapun gejala lainnya yang mungkin terjadi adalah adanya sesak napas, kram otot, kram perut hingga muntah-muntah. Seseorang dengan riwayat penyakit hipertensi juga bisa membuat seseorang mendapatkan peningkatan darah.

Mengalami anemia

Anemia atau kurang darah memang kerap terjadi pada seseorang. Nah anemia ini sendiri juga bisa menjadi efek samping hemodialysis yang wajib untuk anda waspadai. Ini ternyata juga menjadi efek samping yang paling umum terjadi karena adanya pengaruh penyakit ginjal akibat dari tindakan hemodialysis tersebut.

Kram otot

Meskipun efek samping yang satu ini jarang terjadi tetapi banyak pasien yang baru melakukan cuci darah mengalami kram pada otot. Untuk menghilangkan kram otot ini sendiri bisa dilakukan dengan cara memberikan kompres hangat pada area dengan kram otot. Hal ini berguna untuk melancarkan peredaran darah.

BACA JUGA  Mengenal Alat - Alat Meids Dalam Ruang NICU

Kenaikan berat badan

Kenaikan berat badan juga menjadi efek samping dari cuci darah yang juga sering terjadi. Hal ini

tidak lain karena kalori yang terdapat pada tubuh semakin meningkat. Untuk anda yang tengah mengalami kenaikan darah selepas cuci darah maka anda bisa langsung konsultasi dengan dokter anda.

Hernia

Berikutnya seseorang yang melakukan cuci darah ternyata juga berisiko untuk mengalami hernia. Ini tidak lain karena adanya cairan yang tertahan dalam waktu lama pada rongga peritoneal yang bisa menyebabkan ketegangan otot sehingga bisa memicu hernia.

Demikian beberapa efek samping hemodialysis yang perlu anda waspadai. Selama cuci darah maka anda juga harus sering melakukan konsultasi dengan dokter anda untuk mendapatkan informasi seputar perkembangan penyakit ginjal anda.