Ukuran Kertas A2 Dan Penggunaannya

Pernahkah Anda mendengar istilah kertas A2? Rupanya, ini adalah salah satu ukuran kertas yang umum digunakan dan standar internasional.

Apakah Anda tahu ukuran kertas A2 itu? Ternyata ukuran kertas juga memiliki standar khusus. Tergantung pada ukuran Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO), ukuran kertas dikenal sebagai A2, A4, B3, C4, dll. Sementara itu, secara lokal di Amerika Utara, istilah surat, buku besar atau buku besar dikenal.

Keberadaan ukuran kertas standar sangat penting karena dapat digunakan sebagai titik referensi untuk berbagai keperluan. Diantaranya untuk membuat amplop, surat, kartu nama dan dokumen cetak lainnya. Seri A, misalnya, digunakan untuk pencetakan umum dan kantor. Seri B untuk poster atau lukisan dinding. Sementara itu, Seri C untuk kartu pos atau amplop dan Seri R untuk pencetakan foto.

Kertas A2 dan penggunaannya

Secara khusus, ukuran kertas A2 adalah 420 mm x 594 mm atau 23,39 inci x 33,11 inci. Kertas seri berasal dari A0, yang berukuran 841 mm x 1.189 mm. Jika Anda memperhatikan, ukuran kertas A0, A1, A2, dll. Mereka benar-benar terkait. Kertas A2, misalnya, memiliki sisi dengan ukuran yang sama dengan kertas A1. Karena kertas A2 adalah setengah ukuran kertas A1.

Nah, di antara banyak ukuran kertas yang ada, ukuran kertas A2 cukup sering digunakan, meskipun tidak sebanyak A4 dan A5. Kertas A2 juga digunakan untuk mencetak peta atau poster. Kertas A2 juga sering digunakan untuk mencetak foto dalam ukuran yang lebih besar, misalnya, foto para pahlawan, foto keluarga, gambar-gambar angka, dll.

Untuk berbagai keperluan ini, ada beberapa jenis kertas yang biasa digunakan. Pertama, kertas gading. Dokumen ini memiliki dua sisi berbeda. Satu sisi tampak licin, sedangkan sisi lain biasa saja. Secara umum, kertas gading digunakan untuk membuat kantong kertas, wadah kosmetik. Kertas ini cukup tebal dan tidak mudah pecah.

Jenis kertas berikutnya yang sering digunakan adalah dupleks. Kertas dupleks memiliki warna sisi yang berbeda. Satu sisi berwarna putih, sementara sisi lainnya berwarna abu-abu. Secara umum, kertas duplex digunakan untuk membuat pembungkus makanan.

Selain itu, ada juga kertas HVS ukuran A2. Ini adalah jenis kertas yang umum dikenal. Permukaan HVS kasar dan sering digunakan untuk menyalin atau mencetak buku. Jenis kertas lain yang umumnya berukuran A2 adalah kertas kalkir. Kertas ini transparan dan memiliki permukaan yang halus. Kertas kalkir umumnya digunakan dalam pendidikan dan industri.

Ukuran ukuran kertas

Ukuran kertas A2 sebenarnya memiliki ukuran yang mirip dengan ukuran kertas ANSI C 17 inci x 22 inci atau 432 mm x 559 mm. Berapa ukuran kertas ANSI? Ternyata, selain standar ISO yang digunakan secara internasional, ada juga standar ukuran kertas lainnya, yaitu American National Standards Institute.

Dalam standar ini, ukuran kertas surat, 8,5 inci x 11 inci disebut ANSI A. Ukuran kertas akuntansi / tabloid disebut ANSI B. Kemudian, ada ANSI C, ANSI B dan ANSI A. Metode pengukurannya sama dengan standar ISO, yaitu membagi ukuran kertas menjadi dua.

Selain itu, ada juga ukuran kertas yang biasa digunakan untuk kebutuhan arsitektur. Ukuran ini menerima istilah Arch, yang terdiri dari Arch A, Arch B, Arch C dan Arch E3. Nah, itulah beberapa hal tentang ukuran kertas A2 dan ukuran lain versi Tengahviral yang harus Anda ketahui. Menarik bukan?

BACA JUGA  Download Anime One Piece Kualitas MKV