Tips Mendapatkan Pekerjaan di Upwork

Tips Mendapatkan Pekerjaan di Upwork

Upwork merupakan salah satu situs freelance populer yang didirikan pada tahun 2015 di Campbell, California. Platform ini menyediakan layanan mempertemukan pencari jasa dengan pekerja. Jenis pekerjaan yang ditawarkan sangat banyak sehingga memiliki banyak peminat.

Tips Mendapatkan Pekerjaan di Upwork

Mendapatkan pekerjaan di Upwork tergolong susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan banyaknya peminat sehingga harus bersaing. Tapi tidak perlu risau, karena ada beberapa tips mendapatkan pekerjaan di Upwork yang dapat kalian coba berikut ini.

  • Mulailah dengan pekerjaan yang kecil

Tips mendapatkan pekerjaan yang pertama, sebagai permulaan, cobalah untuk memulai dengan pekerjaan yang kecil. Memang benar jika tidak begitu besar komisi yang didapatkan. Namun perlu diingat bahwa ini dapat menjadi portofolio dan kunci untuk membuka peluang pekerjaan berikutnya. 

Pekerjaan dengan nilai kontrak kecil ini juga cukup aman dari resiko yang besar bila mana harus refund karena terjadi kesalahan. Klien juga cenderung merasa aman memilih freelancer pemula dengan rate sesuai budget. Oleh karena itu, cobalah untuk mencoba job kecil untuk membuka relasi.

  • Fokus pada feedback yang positif

Hal lain yang dapat mendukung profil adalah feedback positif dari klien. Walaupun mungkin komisi yang didapatkan mungkin tidak sesuai dengan harapan, freelancer dapat meminta feedback positif dari klien. Adanya feedback ini dapat membuat profil lebih menonjol dibandingkan freelancer lainnya. 

  • Optimasi Profil Upwork

Optimasi profil Upwork sangatlah penting bila ingin segera mendapatkan klien dan pekerjaan. Optimasi ini dapat dilakukan dengan cara melihat profil freelancer lain dengan skill yang sama. Hal ini nantinya hanya sebagai referensi, bukan untuk plagiat.

Cobalah untuk bereksperimen dengan title dan deskripsi profil yang digunakan dengan memperhatikan bagaimana respon yang ada selama adanya perubahan. Apakah ada perubahan bertambahnya invitation atau interview? Sehingga dapat diketahui bagaimana yang menarik klien.

  • Kirim Proposal

Untuk mendapatkan klien tentu sebelumnya harus mencoba untuk mengirimkan proposal. Gunakanlah proposal yang berbeda agar tidak dianggap sebagai template. Semakin personal proposal yang diberikan, semakin tinggi kemungkinan klien untuk memilihmu.

Untuk freelancer pemula tanpa pengalaman, tidak perlu lagi khawatir karena tips mendapatkan pekerjaan di upwork yang ditulis di atas dapat menjadi panduan. Teruslah berusaha dan semoga sukses!

BACA JUGA  Tas Seminar Jakarta Alami Lonjakan Permintaan Tas!