Teknik Dasar Sepak Bola yang Wajib Dikuasai Oleh Seorang Striker

Menguasai teknik dasar permainan sepak bola sudah menjadi hal yang wajib jika Anda ingin menjadi seorang striker yang andal. Namun apakah kamu tahu teknik apa saja yang mesti dikuasai? Simak artikel ini hingga tuntas.

Karena kepopulerannya, banyak orang yang ingin menjadi seorang pemain sepak bola. Terlebih setelah melihat pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo maupun Lionel Messi, tak sedikit orang yang ingin menjadi seorang striker andal.

Untuk menjadi penyerang hebat memang tidaklah mudah, butuh latihan serta kerja keras yang lebih.
Selain itu, memahami serta menguasai teknik bermain bola yang baik juga menjadi salah satu kunci keberhasilan jika Anda ingin menjadi seorang penyerang handal
Berikut livescore rangkum beberapa teknik dasar permainan sepak bola yang harus dikuasai jika Anda ingin menjadi penyerang:

1. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Teknik pertama yang harus dikuasai jika ingin menjadi seorang striker handal yakni teknik menggiring bola atau kerap disebut dribbling.

Teknik ini akan menentukan sejauh mana seorang pemain dapat menguasai teknik dasar permainan bola. Dengan teknik ini, kualitas pemain dapat diukur saat mengontrol dan menggerakkan bola.
Dalam teknik ini, ada dua teknik yang bisa diterapkan oleh pemain. Yakni speed dribbling dan closed dribbling.
Speed dribbling adalah ketika pemain membuang bola ke depan dan mengejarnya dengan cepat. Sedangkan closed dribbling dilakukan dengan cara mengontrol bola penuh bola ketika aman dari lawan.
Pemain juga harus memerhatikan bagian kaki yang bisa digunakan untuk menggiring bola. Ada dua sisi kaki yang bisa digunakan, yakni kaki bagian dalam serta punggung kaki.

BACA JUGA  Sepeda Xtrada 5 Polygon Review Dan Spesifikasi

2. Teknik Menendang Bola (Shooting)

Seorang steiker yang andal wajib memiliki teknik shooting yang baik. Striker juga harus bisa mengontrol akurasi dan power shootingnya. Sebab dengan shooting seorang steiker dapat menciptakan gol ke gawang lawan.
Ada dua hal yang mesti diperhatikan oleh seorang striker dalam teknik shooting, yakni akurasi dan power. Akurasi akan menentukan ketepatan bola terhadap target yang dituju, lalu power berperan dalam kekuatan serta kecepatan bola terhadap target yang dituju.
Caranya, pemain dapat melakukan ancang-ancang sebelum menendang bola. Lalu, letakkan salah satu kaki sebagi tumpuan ketika shooting. Terakhir, tendang bola dan sesuaikan power dengan jarak yang dituju.

3. Teknik Mengontrol Bola (Controlling)

Teknik dasar permainan sepak bola berikutnya adalah mengontrol bola juga tidak kalah pentingnya bagi seorang striker. Seorang striker harus mampu mengontrol bola dengan baik menggunakan kaki atau bagian tubuh yang lain.
Sebab seringkali striker menerima umpan dan harus mengontrol bola sebaik mungkin agar bola tidak lepas.
Di beberapa momen, striker harus mengontrol bola dengan baik sebelum melakukan shooting kearah gawang lawan. Bagian tubuh yang sering digunakan yakni kaki, dada dan kepala.

BACA JUGA  Bagian 2: Istilah Istilah Dalam Sepak Bola H-O

4. Teknik Menyundul Bola (Heading)

Sama hal nya seperti shooting, heading juga menjadi hal penting bagi seorang striker. Sebab banyak sekali striker yang mengandalkan teknik heading untuk dapat membobol gawang lawan.
Teknik ini biasanya dipakai ketika seorang pemain tidak mampu menggapai bola yang terlalu tinggi.
Teknik heading yang baik ditentukan dari kekuatan kepala menyundul bola serta jauh lompatan yang dilakukan seorang pemain.
Semakin tinggi lompatan yang dilakukan, biasanya bisa memenangi duel dengan baik.
Dalam teknik ini pemain disarankan agar menggunakan kepala bagian depan atau dahi untuk melakukan heading, agar bola dapat meluncur terarah dan bertenaga.

5. Penguasaan Dua Kaki (Two Footed Control)

Biasanya seorang pemain hanya memiliki satu kaki yang dominan saja ketika bermain sepak bola. Namun, bagi striker maka wajib menggunakan kedua kakinya baik untuk mengontrol bola maupun melakukan shooting.
Saat momen krusial di dalam kotak pinalti, tak jarang bola jatuh di area yang tidak disangka. Maka, striker harus dengan cepat mengambil keputusan apakah bola akan ditembak ke gawang atau diumpan kepada rekan.