Rekomendasi Bisnis untuk Mahasiswa Agar Semakin Cuan

Meskipun masih berstatus mahasiswa, ada baiknya untuk mulai mencari penghasilan tambahan. Anda bisa mulai membuka bisnis sampingan. Kini banyak sekali yang memiliki bisnis sampingan dan mendapat cuan hingga puluhan juta rupiah. Bisnis apa saja yang bisa Anda lakukan? Yuk simak rekomendasi dibawah ini.

Bisnis Sampingan Mahasiswa

Sebagai mahasiswa, apakah Anda sering mengalami kekurangan uang tunai? Entah itu kurang uang untuk membeli buku atau kurang uang untuk jajan dan nongkrong dengan teman-temanmu.

Tahukah Anda bahwa disaat Anda masih berstatus sebagai seorang mahasiswa, Anda masih punya waktu yang sangat banyak yang bisa Anda tukarkan dengan pundi-pundi uang? 

Ada banyak peluang untuk bisnis sampingan mahasiswa yang dapat menghasilkan uang. Banyak sekali peluang bisnis yang bisa Anda lakukan sebagai seorang mahasiswa, bahkan ada beberapa di antaranya yang bisa Anda lakukan tanpa mesti meninggalkan kamar kosan.

Menghasilkan Uang Bisa Dari Mana Saja

Di zaman yang makin canggih ini, cuma dengan koneksi internet, Anda bisa menghasilkan uang tambahan untuk jajanmu. Bahkan jika Anda telah berpikiran jauh ke depan, penghasilan ini bisa jadi tabungan hari tuamu kelak.

Berikut rekomenddasi pekerjaan kreatif yang bisa Anda lakukan sebagai mahasiswa untuk bisa menghasilkan penghasilan tambahan.

1. Dibayar untuk Berolahraga

Jika Anda tengah berselancar di internet, cobalah masuk ke Aplikasi AchieveMint. Aplikasi AchieveMint memberikan lebih dari 40+ aplikasi Android dan iPhone untuk memberi Anda uang sebagai upah atas prilaku sehat Anda layaknya berolahraga, mengkalkulasi kalori, tidur dan kegiatan Anda sehari-hari.

Hal ini dimaksudkan sebagai survei dan Anda dibayar untuk melaksanakan semua itu. Kegiatanmu sehari-hari didalam berolahraga, ternyata bisa menghasilkan uang, lho.

2. Survei Online

Tentu anda punya waktu senggang setiap harinya, entah itu jeda saat antar kelas atau saat istirahat makan siang. Jika Anda tidak ada tugas yang mesti dikerjakan atau pekerjaan yang mendesak, daripada cuma nongkrong bersama teman dan menghamburkan uang untuk sekadar minum kopi, cobalah ikuti survei online layaknya Opinion Outpost.

Dengan mengisi survei di laman website tersebut, Anda mendapat bayaran untuk setiap opini yang Anda berikan. Mudah bukan?

3. Menjadi Perancang Desain Grafis

Bagi Anda kawula muda yang punya jiwa seni dan senang mendesain, kenapa tidak mencoba untuk menambah penghasilan dari talenta dan hobimu? Pasti akan sangat mengasyikkan mengerjakan suatu hal yang Anda senangi terlebih bisa memperoleh tambahan penghasilan darinya.

Desain grafis tidak cuma selalu terkait dengan pembuatan grafis dan logo. Walaupun kadang kala banyak permintaan untuk mendesain web, tapi ada juga permintaan untuk merancang sampul buku e-Book, kaos, seni dinding, hadiah dan juga kemasan produk.

Ada berbagai macam website yang bisa menghubungkan Anda dengan para klien yang perlu perancang desain grafis, salah satunya adalah 99 Designs dan Café Press. Tertarik untuk bergabung?

4. Penulis Freelance

Dibayar untuk menulis bukan cuma untuk wartawan surat kabar dan majalah profesional. Kamu mungkin akan terperanjat betapa banyak website, blog, dan majalah yang membayar orang untuk menulis artikel dan e-Book untuk mereka.

Tak mesti jadi seorang jurnalis atau Shakespeare untuk jadi penulis yang bisa menghasilkan uang. Siapa saja bisa menghasilkan penghasilan dengan menjadi penulis freelance di bidang keahlian mereka, layaknya keuangan pribadi, kesehatan dan gaya hidup, hiburan, pemasaran, dan lain sebagainya.

Mungkin pada awalnya Anda merasa tidak percaya diri saat membuat karya. Tapi jangan khawatir, Anda bisa mengikuti kursus online layaknya Earn More Writing yang bisa mendukung Anda didalam membuat postingan yang baik untuk dipublikasikan.

5. Memulai Sebuah Blog

Kids zaman now tentu tidak asing lagi dengan arti Blogger. Kini banyak ribuan blog di internet yang berafiliasi dengan produk-produk tertentu. Para blogger ini jadi Affiliate Marketing, di mana mereka dibayar oleh suatu perusahaan untuk mempromosikan produk mereka.

Setiap “klik” dari para pengunjung menghasilkan pundi-pundi untuk blogger tersebut. Sebagai contoh, jika Anda senang travelling dan suka mem-post hasil rekaman perjalananmu di blog, lalu banyak orang yang menyaksikan ulasanmu, bisa jadi sebuah perusahaan travelling akan memintamu untuk jadi affiliate marketing mereka.

Dengan menjadi blogger, Anda dibayar untuk menyalurkan hobimu. Menarik sekali ‘kan?

6. Memulai Sebuah Channel YouTube

Side job ini juga berkaitan dengan poin nomor 4 dan 5 di atas. Jika karyamu di YouTube channel membuat banyak pengunjung menyukai karya tersebut, tak heran jika suatu saat ada sebuah perusahaan produk khusus meng-endorse-mu unuk jadi affiliate marketing mereka.

7. Menjadi Pedagang Online

Ingin berjualan tapi enggak punya tempat untuk berjualan? Mau sewa kios tapi mahal dan belum ada modal untuk menyewa kios? Internet bisa jadi lapak untuk barang jualanmu, bahkan para calon konsumenmu bisa berasal dari luar pulau dan juga dari belahan bumi lain.

Gak mesti susah-susah membuka toko, buat saja lapakmu dengan memasarkannya di dunia maya. Pakai setiap jejaring sosial yang Anda punya untuk memasarkan produk yang Anda jual. Jadilah pedagang online yang jujur dengan memaparkan mutu barang sesuai dengan keadaannya sehingga Anda mendapat kepercayaan dari para konsumenmu.

8. Menjual Akun Video Game Online

Jika Anda adalah seorang gamer, akun game online Anda bisa dijual, lho. Coba dengan website eBay yang bisa membantumu memasarkan akun video game untuk menambah uang jajan ekstra untukmu.

9. Main Reksa Dana

Mungkin telah banyak mahasiswa yang jelas berkenaan reksa dana, tapi tak banyak dari mereka yang berani untuk mengawali portofolio mereka. Banyak anggapan bahwa bermain reksa dana akan mengambil waktu banyak dikarenakan kita akan tetap memantau grafik setiap harinya.

Jika Anda bermain reksa dana, memang kita meng-hire Manajer Investasi (MI) yang akan mengelola keuanganmu. menambah pengetahuan untukmu didalam mengembangkan investasi.

10. Pekerja Part Time di Kampus

Jika kesembilan pekerjaan sampingan di atas tidak terlalu menarik perhatianmu, Anda bisa mengambil pekerjaan sampingan di kampusmu juga, lho. Biasanya setiap universitas menerima para mahasiswa untuk bekerja paruh waktu di beberapa bagian departemen, seperti asisten lab komputer, pustakawan, dan bidang lainnya.

Jika Anda termasuk mahasiswa yang cukup pintar dan punya nilai yang cukup tinggi, kenapa tidak mencoba untuk jadi asisten dosen salah satu bidang mata kuliah yang Anda kuasai?

Selain Anda bisa belajar lebih dalam, Anda juga mendapat bayaran. Ditambah lagi, Anda bisa menambah pergaulan dengan adik tingkat di bawahmu.

BACA JUGA  Taktik Bermain C.A.T.S untuk Menang