Rakaat Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan amalan yang sangat di anjurkan, karena inilah sholat yang keutamaannya setingkat di bahwah sholat wajib, dan shalat tahajud ini juga merupakan amalan para nabi dan rasul sehingga banyak para ulama yang tidak pernah tertinggal dari shalat tahajud.

Walaupun banyak sekali keutamaan dari sholat tahajud ini, tapi ini hanya sholat sunah, dalam artian janganlah kita lebih mengutamakan sholat tahajud dari pada shalat lima waktu yang wajib, walau bagaimanapun keutamaan shalat wajib lebih utama dari sholat tahajud.

Jaga Sholat 5 Waktu Sebelum Tahajud

Yang perlu kita perhatikan sebelum kita ingin merutinkan shalat tahajud adalah kita harus memperbaiki dahulu shalat wajibnya, perhatikan waktu shalat wajib, yaitu di masjid bagi pria dimana adzan di kumandangkan, dan untuk wanita di rumah, untuk pria jagalah selalu sholat lima waktu di masjid.

Setelah sholat 5 waktu kita istiqomah di masjid bagi pria, maka selanjutnya adalah merutinkan sholat tahajud, mengapa harus demikian, kenapa tidak langsung saja merutinkan shalat tahajud?

Karena sholat lima waktu adalah wajib, jika kita meninggalkannya atau tidak sesuai dengan contoh dari rasul maka kita berdosa, bagaimana mungkin kita sholat sunah sedangkan sholat wajib kita masih tidak sesuai dengan syariat, ini namanya kebodohan.

Berapa Rakaat Sholat Tahajud Yang di Contohkan Nabi

rakaat-sholat-tahajud

Sekarang setelah kita bisa merutinkan sholat 5 waktu di masjid dan menunaikan semua syarat dan rukunnya, barulah kita rutinkan sholat tahajud, lalu pertanyaannya adalah emang berapa sih rakaat shalat tahajud itu?.

Untuk rakaat sholat tahajud sebenarnya bebas, minimal 1 rakaat witir dan maksimal tidak terbatas, sekuatnya dan sekehendak kita, tapi jika ingin mengikuti sunah nabi yang lebih afdol adalah sebagai berikut:

  • 8 rakaat
  • 9 rakaat
  • 11 rakaat
  • 13 rakaat

Jumlah rakaat tersebut sudah termasuk dengan witir, tapi seperti yang di tulis di atas bahwa jumlah rakaat sholat tahajud ini tidak terbatas, karena sahabat Umar Radiallahu Anhum melakukan shalat malam pada bulan ramadhan 23 rakaat, dan banyak juga dari ulama salaf sholat tahajud dengan rakaat yang lebih dari 21.

Waktu Shalat Tahajud

Waktu sholat tahajud adalah dari setelah sholat isya sampai masuk waktu subuh, dan di anjurkan tidur terlebih dahulu, ini adalah pendapat kebanyakan ulama. Lalu kalau tidak tidur terlebih dahulu apaboleh sholat tahajud?

Boleh setelah shalat isya kita shalat badiyah dan lalu sholat witir 3 rakaat, ini yang di lakukan oleh sahabat Abu Bakar Radiallahu anhu, karena khawatir tidak bisa bangun dimalam hari.

Dan sholat malam tanpa tidur terlebih dahulu di hukumi atau di namakan dengan qiyammul Lail, dan pahalanya juga besar, walau tidak sebesar jika kita tidur terlebih dahulu.

Bacaan Sholat Tahajud

Untuk bacaan sholat tahajud adalah bebas, mau membaca surat yang panjang ataupun pendek, tentu jika bacaan kita panjang itu lebih utama. Tapi ada bacaan surat yang di anjurkan oleh Nabi kita untuk sholat witir, pada rakaat pertama kita membaca surat AL-Ala rakaat kedua kita membaca surat AL Kafirun dan rakaat ketiga kita membaca AL Ikhlas.

Rutinkan lah sholat tahajud sampaiajal menjemput, niscaya kita akan mendapatkan banyak sekali keutamaan dan keuntungan, baik di dunia ini maupun nanti di akhirat. Keutamaan sholat tahajud ini pasti akan kita dapatkan karena ini sudah janji dari Rabbul Alamin.

Semoga kita senantiasa menjaga setiap amalan agama sampai ajal menjemput dan semoga kita di masukan kepadagolongan orang yang beriman dan beramal sholeh.

Sumber tulisan: https://penaungu.com

BACA JUGA  MASJID MOELDOKO KEDUNGMULYO JOMBANG